Tulisan Arab Bismillah yang Benar dan Artinya, Muslim Jangan Sampai Salah!

Bismillahirrahmanirrahim adalah bacaan yang selalu umat Muslim ucapkan sehari-hari saat melakukan berbagai aktivitas. Tapi sebagai umat Muslim, sudah tahukah kamu tulisan Arab bismillah ataupun bismillahirrahmanirrahim yang benar?

Selain dianjurkan untuk mengucapkan kata bismillah ketika beraktivitas, ternyata kita juga dianjurkan untuk mengetahui tulisan Arab yang benar dari kata tersebut. Dengan begitu, kita bisa menuliskannya di berbagai tempat agar lebih berkah dan barfaedah.

Misalnya, kamu bisa menuliskannya di depan cermin, di depan pintu rumah dan pintu kamar, hingga di buku sebelum menulis sesuatu. Oleh karena itu, simak ulasan mengenai tulisan Arab bismillah yang benar dan artinya, beserta maknanya yang juga harus kamu ketahui!

Baca juga: Tulisan Masya Allah Tabarakallah yang Benar: Bahasa Arab, Latin dan Artinya 

Apa Arti Kata Bismillah?

Sebelum membahas bagaimana tulisan Arab bismillah yang benar, kita perlu mengetahui arti kata bismillah. Arti kata bismillah sendiri adalah sebuah ucapan atau lafadz yang diucapkan oleh muslim untuk mengingat Allah SWT.

Tujuan dari membaca kata basmallah sendiri adalah agar muslim senantiasa dapat mengingat Allah SWT dan meniatkan aktivitas yang dilakukannya adalah karena lillahi ta’ala.

Sedangkan kalimat lengkap bismillah sendiri adalah bismillahirrahmanirrahim.

Baca juga: Kumpulan Kata Hati Hati di Jalan Bahasa Arab Arti dan Cara Jawab yang Tepat

Waktu yang Tepat untuk Membaca Bismillah

Sebagai seorang muslim yang meyakini terhadap kekuasaan Allah SWT serta beriman kepada-Nya akan membaca bismillah setiap kali melakukan sesuatu.

Setiap kali hendak meniatkan perbuatan seperti hendak makan, minum, bekerja, bepergian dan segala aktivitas dari bangun tidur hingga kembali tidur bisa menjadi waktu yang tepat untuk membaca doa bismillah.

Doa bismillah ini sangat penting untuk dibacakan ketika mengawali sesuatu, yang mana sesuai dengan arti dari kalimat basmallah tersebut.

Tulisan Arab Bismillah yang Benar

Kalimat bismillahirrahmanirrahim berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah Dengan Menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Bismillahirrahmanirrahim.”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Di bawah ini adalah beberapa tulisan Arab bismillah yang benar, kaligrafi dan tulis tangan yang bisa menjadi referensi.

1. Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Bulat 

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: fiqihmuslim.com

 

2. Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Memanjang dan Berdempetan

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: grafismedia.com

 

3. Tulisan Arab Bismillah dengan Harakat

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: moondoggies.com

4. Tulisan Arab Bismillah Tanpa Harakat

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: moondoggies.com

5. Tulisan Arab Bismillahirrahmanirrahim Tanpa Harakat Memanjang

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: moondoggies.com

6. Tulisan Bismillah Bahasa Arab Biasa 

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: moondoggies.com

7. Tulisan Bismillahirrahmanirrahim Ara dengan Desain Panjang 

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: moondoggies.com

8. Kaligrafi Bismillah Tulisan Arab

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: moondoggies.com

9. Kaligrafi Tulisan Bismillah Bentuk Lingkaran 

Tulisan Arab Bismillah
Sumber: moondoggies.com

Pentingnya Membaca Bismillah dalam Kegiatan Sehari-Hari

Tulisan arab bismillah
Sumber: pexels.com

Agar dapat memahami dan mengenali lebih dalam tentang arti dari kata bismilah kita perlu mengerti bagaimana urgensi membaca bismillah. 

Di bawah ini adalah urgensi membaca bismillah setiap kali mengawali kegiatan mengutip dari Republika,

1. Mendapatkan Keberkahan

Mungkin kita sering mendengar kata berkah atau keberkahan. Berkah adalah karunia Allah SWT yang datangkan kenikmatan bagi kehidupan manusia.

Segala hal yang berkah akan mendatangkan kebaikan yang banyak dari hal yang dikerjakan, didapatkan dan dilakukan.


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ ببسم الله فهو أبتر

“Segala urusan penting yang tidak diawali bismillah, maka akan berkurang (atau bahkan hilang) keberkahannya”. (HR. Ibnu Hibban)

Pentingnya membaca basmalah saat memulai sesuatu karena Allah SWT telah menyediakan limpahan keberkahan kepada hamba-Nya.

2. Urusan Menjadi Lebih Lancar

Ketika menjalani kegiatan tanpa adanya bismillah terlebih dahulu, tak sedikit yang akan merasakan kekurangan serta kecacatan pada aktivitasnya.

Hal ini karena keberkahan dan kelancarakan yang kita inginkan tidak kita peroleh karena memulai tanpa atas niat dasar meminta pertolongan kepada Allah SWT. Dengan membaca bismillah Insya Allah segala aktivitas yang dilakukan akan menjadi lebih lancar dan mudah.

3. Dijauhkan dari Bala Bencana

Membaca bismillahirrahmanirrahim juga dapat menghindarkan dari bala bencana dan kesulitan hidup. Anjuran membaca bismillah juga Rasulullah SAW contohkan kepada Ali bin Abi Thalib,

Rasul bersabda, “Wahai Ali, maukah kuajarkan kepadamu beberapa kata yang bisa kau baca ketika kau berada dalam kesulitan?” 

“Iya, ya Rasul,” jawab Ali. 

Kata Rasul berikutnya, “Jika kau berada dalam kesulitan, bacalah, ‘Bismillaahir rohmaanir rohiim laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyil ‘adzim‘ maka Allah akan menghindarkan apa yang Dia kehendaki dari beragam bala.”

Makna Tulisan Arab Bismillah Per Kata

Tulisan arab bismillah
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui pentingnya membaca kata bismillah, sekarang kita patut memahami makna dari tulisan Arab bismillahirrahmanirrahim.

1. Makna kata Bi

Agar dapat menangkap makna bismillah hendaknya dimulai pada kata bi. Kata pertama yaitu lafadz bi yang memiliki kaidah Jarr Majrur, atau berkaitan dengan kata kerja yang tersembunyi setelahnya berdasarkan aktivitas yang sedang dikerjakan.

Misalnya saat kita membaca kata bismillah saat akan bekerja, maksud dari kata berikut yaitu ‘Dengan menyebut nama Allah saya bekerja’.

Dan makna lainnya yaitu muslim yang membaca bismillah hanya berharap berkah dan memohon pertolongan semata-mata kepada Allah SWT.

2. Makna Nama Lafhul Jalalah

Nama Lafhul Jalalah ditujukan kepada Allah Rabbul Alamin, sehingga saat pelafalan tidak boleh diberi nama dengan-Nya.

Pada keterangan ini, makna lafhul jalalah merupakan asal, apabila ada nama-nama Allah selainnya merupakan cabang dariya atau tabi’.

3. Makna Kata Ar-Rahman

Pada kata bismillahirrahmanirrahim terdapat asma Allah yaitu Ar-Rahman yaitu Yang Maha Pengasih. Kata Yang Maha Pengasih bermakna bahwa kasih sayang Allah amatlah luas meliputi dari seluruh makhluk-Nya.

Allah SWT mengasihi kepada seluruh makhluknya bahkan sekalipun itu hewan terkecil dan menjamin kelangsungan hidupnya untuk bernafas, mendapatkan makanan, rasa aman, rezeki, berkembang biak dan sebagainya.

Lafadz Ar-Rahman ini juga menunjukkan keluasan dari rahmat Allah SWT.

4. Makna Ar-Rahim

Arti kata Ar-Rahim sendiri yaitu Yang Maha Penyayang. Mengapa ada kata Yang Maha Pengasih dan Yang Maha Penyayang? Sebab keduanya punya makna dan peruntukannya yang berbeda.

Ar-Rahim atau Yang Maha Penyayang hanya tujuannya kepada hambanya yang Allah kehendaki yaitu para orang beriman, orang shaleh, orang yang benar dan sebagainya.

Simak Video Cara Membuat Tulisan Arab Bismillah Tulis Tangan

Ternyata ada begitu banyak keutamaan yang dapat kita petik dari pelajaran kata bismillahirrahmanirrahim. Semoga dengan memahaminya kita dapat menerapkan kata bismillah dalam memulai segala sesuatunya agar mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT.

Demikian artikel tulisan Arab bismillah semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi Sobat Evermos.

Sebagai amal kebaikan, sebarkan juga artikel ini dengan menyebarkan link kepada orang-orang terdekat. Baca juga artikel menarik, informatif dan terbaru lainnya di Blog Evermos.