Ucapan Hati Hati di Jalan Bahasa Arab Arti dan Cara Jawab yang Tepat

Ucapan fii amanillah artinya hati hati di jalan bahasa Arab yang kerap diucapkan umat Muslim kepada saudara, kerabat, keluarga, hingga teman yang akan berpergian.

Kalimat hati hati di jalan maupun fii amanillah bukan hanya kalimat ungkapan saja, namun juga sebagai doa dan harapan agar orang yang hendak berpergian sampai dengan keadaan selamat.

Selain untuk ungkapan hati-hati di jalan, fii amanillah juga untuk seseorang yang sedang ditimpa musibah, menghadapi masalah, ataupun sedang mengerjakan sesuatu yang berbahaya.

Lalu, apa arti fii amanillah dalam bahasa Arab? Apa kata hati hati di jalan bahasa Arab lainnya yang bisa kita ucapkan selain fii amanillah? Simak ulasannya di artikel berikut ini.

Baca juga: Tulisan Masya Allah Tabarakallah yang Benar: Bahasa Arab, Latin dan Artinya.

Fii Amanillah Artinya Sebagai Ucapan Hati Hati di Jalan Bahasa Arab  

Berdasarkan buku Kamus Saku Bahasa Arab-Indonesia yang ditulis oleh Alma’arif, fii amanillah atau dalam bahasa Arab ditulis في امان الله berarti “Semoga engkau dalam perlindungan Allah”.

Jadi, kalimat hati hati di jalan dalam bahasa Arab yakni fii amanillah merupakan sebuah doa yang baik yang harus dipanjatkan kepada Allah SWT untuk orang yang dalam perjalanan.

Selain ucapan hati hati di jalan bahasa Arab dengan kalimat fii amanillah, juga ada beberapa ungkapan lainnya. Anda dapat mengetahuinya dengan menonton tayangan berikut ini:



Kapan Diucapkan Fii Amanillah?

Selain untuk mendoakan seseorang yang sedang dalam perjalanan, hati hati di jalan bahasa Arab atau fii amanillah juga bisa diucapkan dalam waktu-waktu tertentu.

Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat fii amanillah:

1. Saat menghadapi musibah

Ketika ada seseorang yang mengalami atau sedang menghadapi suatu musibah, kalimat fii amanillah sangat perlu untuk diucapkan.

Karena kalimat ini yang berarti “semoga Allah memberikan perlindungan” adalah doa. Maka kalimat tersebut boleh diucapkan ketika ada yang menghadapi musibah.

2. Saat dalam masalah

Kemudian kalimat fii amanillah bisa juga diucapkan ketika ada seseorang yang sedang dalam masalah.

Misalnya istri atau suami Anda, atau anak dan saudara Anda sedang dililit sebuah masalah yang besar, maka Anda boleh mengucapkan kalimat tersebut.

Karena bagaimana pun kalimat tersebut adalah doa meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Selain turut merasakan apa yang dirasakan orang tersebut, Anda juga mendoakannya agar masalah yang dihadapinya dapat segera selesai.

3. Saat mengerjakan sesuatu yang berbahaya

Selanjutnya kalimat fii amanillah juga bisa diucapkan ketika ada seseorang yang sedang melakukan sesuatu yang berbahaya.

Misalnya pekerjaan yang berbahaya seperti tukang bangunan yang sedang mengerjakan proyek gedung pencakar langit, atau pekerjaan lainnya yang berbahaya.

Kemudian bisa juga ketika seseorang sedang melakukan pekerjaan seperti atraksi yang berbahaya untuk menghibur orang banyak.

Ketika itulah Anda bisa mengucapkan kalimat fii amanillah untuk mendoakan orang tersebut agar selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT.

4. Saat akan bepergian ke suatu tempat

Kalimat hati hati di jalan bahasa Arab atau fii amanillah yang paling sering diucapkannya yaitu ketika ada seseorang yang bepergian ke suatu tempat.

Anda bisa mengucapkannya ketika orang tersebut akan pergi atau ketika sudah dalam perjalanan.

Karena kalimat fii amanillah artinya adalah “semoga engkau dilindungi oleh Allah” bukan hanya mendoakan agar dilindungi.

Melainkan mendoakan agar orang tersebut diberikan kemudahan dalam perjalanan, kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan.

Baca juga: Tulisan Arab Bismillah yang Benar dan Artinya, Muslim Jangan Sampai Salah!

Jawaban Fii Amanillah Hati Hati di Jalan Bahasa Arab

Jika Anda adalah orang yang akan pergi ke suatu tempat dan didoakan oleh banyak orang dengan ucapan kalimat fii amanillah, maka Anda perlu menjawabnya.

Anda bisa menjawabnya dengan ucapan berikut ini:

مَعَ السَّلاَمَة

Latin: Ma’assalamah

Artinya: “Semoga keselamatan menyertaimu.”

Jawaban tersebut bukan hanya sekedar basa-basi belaka, namun doa yang Anda panjatkan untuk orang yang mendoakan Anda.

Artinya antara Anda dengan orang yang mengucapkan kalimat fii amanillah kepada Anda dapat saling mendoakan.

Hikmah Mengucapkan Hati Hati Dijalan Bahasa Arab Fii Amanillah

Berdasarkan makna dan arti fii amanillah, ada hikmah yang didapatkan ketika mengucapkan kalimat tersebut.

Orang yang mengucapkan kalimat tersebut selain sebagai rasa peduli juga sebagai bentuk kasih sayang sesama muslim, karena mendoakan seseorang adalah hal yang baik.

Selain itu antara orang yang mengucapkan dan yang diucapkan akan mendapatkan doa yang baik.

Hal itu karena ketika menjawab fii amanillah juga merupakan sebuah doa agar diberikan perlindungan oleh Allah.

Maka sebagai manusia yang rukun dan saling menyayangi, sangat perlu untuk saling mendoakan.

Doa Hati-hati Dijalan 

للّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya : Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Demikianlah penjelasan mengenai arti fii amanillah sebagai kalimat hati hati di jalan bahasa Arab beserta arti dan keutamaannya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda! Sebarkan informasi ini kepada orang terdekat Anda untuk merasakan manfaatnya.

Jika ingin mengetahui informasi menarik lainnya silahkan kunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba peluang mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal dengan menjadi reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)