Tulisan Masya Allah Tabarakallah yang Benar [Arab & Artinya]

Masya Allah Tabarakallah adalah frasa bahasa Arab sebagai ungkapan syukur bagi umat Muslim. Bagaimana tulisan Masya Allah Tabarakallah yang benar? Simak di artikel ini!

Anda mungkin juga sering melihat pengguna di media sosial mengucapkan kalimat tersebut ketika mendapatkan pujian, atau juga mengucapkannya ketika sedang memuji suatu hal. 

Ada yang mengucapkan dengan lengkap dan juga ada yang mengucapkannya dengan kalimat Masya Allah saja.

Jika Anda ingin menuliskannya juga, maka jangan sampai salah dalam penulisannya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tulisan Masya Allah Tabarakallah yang benar dalam bahasa Arab.

Baca juga: Jawaban Masya Allah Cantiknya dan MasyaAllah Tabarakallah

Tulisan Masya Allah Tabarakallah Arab yang Benar

Pada dasarnya, tulisan Arab “Masya Allah Tabarakallah” bisa menggunakan harakat ataupun tidak. Adapun harakat adalah tanda baca untuk huruf-huruf hijaiyah dalam tulisan Arab. 

Tulisan Arab “Masyaallah Tabarakallah” dengan harakat yaitu “مَا شَاءَ اللَّهُ تَبَارَكَ اللَّهُ”. 

Adapun tulisan “Masya Allah Tabarakallah” yang benar tanpa harakat adalah “ما شاء الله تبارك الله”.

Arti dari Masya Allah Tabarakallah

“Masya Allah” berarti “Apa yang dikehendaki (diciptakan) Allah telah terjadi” atau dalam konteks percakapan bisa diartikan sebagai “Sungguh luar biasa (ini adalah) kehendak Allah”. 



Kalimat ini biasanya diucapkan saat melihat sesuatu yang indah atau mengagumkan.

“Tabarakallah” berarti “Diberkatilah oleh Allah” atau “Berkah Allah melimpah”. Frasa ini biasanya digunakan sebagai ucapan doa atau pujian.

Jadi, arti “Masya Allah Tabarakallah” adalah “sungguh luar biasa, ini adalah kehendak Allah SWT, semoga Allah memberkati.”

Untuk tahu lebih jelas mengenai arti dan tulisan“Masya Allah Tabarakallah” yang benar, Anda dapat melihat tayangan berikut ini. 

Keutamaan Mengucapkan Masya Allah Tabarakallah

Mengucapkan “Masya Allah Tabarakallah” adalah salah satu cara bagi umat Islam untuk mengakui bahwa segala sesuatu yang ada dan terjadi di dunia ini adalah kehendak dan berkah Allah.

Hal ini menunjukkan rasa syukur dan pengakuan terhadap keagungan Allah. Berikut ini beberapa keutamaan dari mengucapkan “Masya Allah Tabarakallah”:

1. Menjaga dari ‘ain (mata jahat atau hasad)

Dalam beberapa riwayat hadis, Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengucapkan “Masya Allah, la quwwata illa billah” (Apa yang Allah kehendaki, tidak ada kekuatan kecuali dari Allah) ketika kita melihat sesuatu yang mengagumkan sebagai cara untuk melindungi dari ‘ain atau iri hati.

2. Mengingatkan akan keagungan Allah

Mengucapkan frasa ini adalah salah satu cara untuk selalu mengingat bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah berkat dan kehendak Allah. Ini adalah bentuk dari dzikir atau mengingat Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: MasyaAllah Tabarakallah, Benarnya Dibalas Apa? Ini Jawabannya!

3. Menunjukkan rasa syukur

Ketika kita mengucapkan “Masya Allah Tabarakallah”, kita menunjukkan rasa syukur dan penghargaan atas apa yang kita lihat atau alami. Ini adalah bentuk dari syukur atau syukur dalam Islam.

4. Mendorong sikap positif dan menghargai

Ketika kita mengucapkan frasa ini, kita menghargai keindahan, kebaikan, dan berkah dalam hidup kita dan orang lain. Ini dapat membantu mendorong sikap positif dan rasa menghargai.

Demikianlah artikel mengenai tulisan “Masya Allah Tabarakallah”  yang benar dengan tulisan Arab, latin, serta artinya. 

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda, dan sebarkan informasi ini kepada orang lain agar mereka turut merasakan manfaatnya. 

Untuk membaca artikel menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos

Selain itu, untuk melihat peluang mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal, Anda bisa kunjungi Evermos dan dapatkan berbagai manfaat hingga keuntungan bergabung sebagai reseller Evermos. 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)