7 Contoh Teks MC Formal Lengkap Berbagai Acara, Singkat dan Mudah Dihafal!

Sedang mencari contoh teks MC formal yang singkat dan mudah dihafal? Mari simak artikel ini karena akan memberikan beberapa contoh teks MC formal untuk berbagai acara.

Sebagai pemandu sebuah acara, MC (Master of Ceremonies) harus selalu memastikan acara yang ia bawakan berjalan dengan lancar serta dapat memberikan pengalaman positif kepada hadirin.

Kata kata yang MC bawakan saat memandu acara menjadi salah satu kunci kesuksesan dari kepuasan hadirin terhadap penampilan dari MC.

Sehingga, umumnya MC mempersiapkan terlebih dahulu sebuah teks mengenai gambaran keberlangsungan acara serta poin-poin informasi yang perlu disampaikan kepada hadirin.

Ingin tahu apa saja contoh teks MC formal hingga non formal? Berikut ini beberapa contoh yang dapat Anda jadikan referensi.

Baca juga: Contoh Kata Sambutan Singkat dan Mudah Dipahami untuk Pembukaan Acara

Contoh Teks MC Formal Lengkap Berbagai Acara yang Singkat dan Mudah Dihafal

1. Teks MC Formal Seminar 

teks mc formal
Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah contoh teks mc seminar formal yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menyesuaikan dengan tema seminar yang akan Anda bawakan. 

Selamat pagi, Bapak, Ibu, dan seluruh hadirin yang berbahagia. Perkenalkan saya (Nama), yang akan menjadi MC pada seminar hari ini dengan tema (tema seminar).

Sebelum kita memulai seminar ini, izinkan saya membacakan doa pembuka… (bacakan doa sesuai agama dan kepercayaan yang umum di daerah tersebut) Terima kasih. 

Kita akan memulai seminar ini dengan sambutan dari Ketua Panitia, Bapak/Ibu (Nama). (Tunggu hingga sambutan selesai)

Terima kasih, Bapak/Ibu (Nama). Selanjutnya, kita akan mendengarkan materi dari narasumber kita, Profesor (Nama), yang merupakan pakar di bidang Teknologi Informasi. (Tunggu hingga presentasi selesai)

Terima kasih atas presentasinya, Profesor (Nama). Saat ini, kita akan membuka sesi tanya jawab. Jika ada pertanyaan, silakan mengangkat tangan dan saya akan arahkan mikrofon kepada Anda. (Moderasi sesi tanya jawab)

Terima kasih atas pertanyaan-pertanyaannya. Sekarang, kita akan beranjak ke narasumber kedua kita, Doktor (Nama), yang merupakan praktisi bisnis berpengalaman di era digital. (Tunggu hingga presentasi selesai)

Terima kasih, Doktor (Nama). Sekarang, kita akan membuka sesi tanya jawab kedua. Sama seperti sebelumnya, jika ada pertanyaan, silakan mengangkat tangan. (Moderasi sesi tanya jawab)

Terima kasih atas partisipasinya dalam sesi tanya jawab. Saya yakin kita semua mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan baru hari ini.

Sebelum kita menutup kegiatan ini, saya ingin mengundang Bapak/Ibu (Nama), sebagai perwakilan dari penyelenggara, untuk memberikan kata penutup. (Tunggu hingga kata penutup selesai)

Terima kasih, Bapak/Ibu (Nama). Dan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir dan berpartisipasi dalam seminar ini. Semoga apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat siang dan sampai jumpa di acara selanjutnya.

Baca juga: 72 Pantun Penutup Acara yang Singkat dan Berkesan, Cocok untuk Acara Formal ataupun Non Formal!

2. Teks MC Formal Acara Kampus

teks mc formal
Sumber: pexels.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat, Bapak Rektor Universitas XYZ, (Nama Rektor). Yang terhormat, Ibu Dekan Fakultas Ilmu Sosial, (Nama Dekan).

Selanjutnya, yang terhormat, ketua lembaga Yudikatif, Eskekutif, dan Lesislatif mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial di Universitas XYZ. Serta segenap hadirin serta mahasiswa yang berbahagia.

Pada pagi hari ini, mari kita panjatkan puji beserta syukur atas kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan rahmat-Nya, sehingga kita dapat berkumpul pada pelantikan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas XYZ pada hari ini.

Sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada Rasulullah SAW. karena telah membawa kita ke zaman berilmu pengetahuan saat ini.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama, perkenalkan saya (Nama Anda), sebagai MC yang akan memandu jalannya kegiatan pada hari ini.

Adapun susunan kegiatan pada acara pelantikan kali ini adalah sebagai berikut:

  • Pembukaan MC
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa
  • Menyanyikan “Indonesia Raya”
  • Kata sambutan oleh Rektor dan Dekan.
  • Pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa.
  • Penutup dan sesi foto bersama.

3. Contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan

Selamat siang, Bapak, Ibu, dan seluruh tamu undangan yang berbahagia. Doa beserta syukur yang tak terhingga atas kehadirat Allah SWT, serta sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Perkenalkan saya (Nama), merasa terhormat dapat menjadi MC atau pembawa acara pada hari bahagia ini, pernikahan Bapak/Ibu (Nama Pengantin Pria) dan Bapak/Ibu (Nama Pengantin Wanita).

Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi mempelai pria dan wanita beserta keluarga besar. Untuk itu, sebelum kita memulai pelaksanaan acara pernikahan ini, marilah kita panjatkan doa terlebih dahulu.

Selanjutnya, berikut ini adalah rangkaian kegiatan pernikahan yang akan berlangsung:

  • Prosesi masuknya pengantin
  • Kata sambutan dari orang tua pengantin pria dan wanita.
  • Penyampaian beberapa kata dari pengantin.
  • Acara makan siang yang dihibur dengan live music. 

Terima kasih, Bapak/Ibu (Nama Pengantin). Kami semua mengucapkan selamat dan semoga kebahagiaan selalu menyertai Anda dan keluarga.

Akhirnya, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua tamu yang telah hadir hari ini. Semoga hari ini menjadi hari yang berkesan untuk kita semua. Selamat sore, sampai jumpa dan semoga selamat di perjalanan. 

4. Teks MC 17 Agustus Formal

teks mc formal
Sumber: pexels.com

Assalaamu ‘alaikum Wr. Wb. Yang kami hormati bapak lurah Desa XYZ serta ketua MUI kelurahan.

Yang kami hormati Bapak ketua RW dan Bapak ketua RT. Serta Bapak-bapak, Ibu-ibu dan para tamu undangan yang berbahagia.

Perkenalkan, saya (Nama), merasa terhormat bisa menjadi MC  dalam acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-(jumlah tahun) ini. 

Pertama-tama marilah kita panjatakan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala nikmat-Nya. Sehingga kita diberi kesempatan untuk bisa berkumpul disini pada hari ini.

Bapak/ibu yang saya hormati dan saya muliakan, sebelum memasuki acara selanjutnya maka saya akan membacakan susunan acara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI pada malam hari ini. Berikut susunan acara pada siang hari ini:

  • Acara pembukaan
  • Menyanyikan lagu “Indonesia Raya dan Padamu Negeri”
  • Sambutan ketua panitia
  • Sambutan kepala desa
  • Pembagian hadiah untuk acara lomba
  • Acara hiburan
  • Pembacaan doa
  • Penutup

Terima kasih kepada semua yang telah hadir dan berpartisipasi dalam peringatan Hari Kemerdekaan ini. Mari kita terus menjaga semangat persatuan dan kebersamaan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

5. Teks MC Formal Islami

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi, Bapak, Ibu, dan seluruh hadirin yang saya hormati.

Saya (Nama), merasa terhormat bisa menjadi MC atau Master of Ceremonies dalam acara ini. Sebelum itu, mari kita mulai acara kita dengan membaca basmallah dan memanjatkan doa kepada Allah SWT… (bacakan doa pembuka).

Alhamdulillah, terima kasih. Selanjutnya, kita akan mendengarkan tausiyah dari Ustadz/Ustadzah (Nama). Mohon perhatian dan kerjasamanya selama tausiyah berlangsung. (Tunggu hingga tausiyah selesai)

Jazakallah khair, Ustadz/Ustadzah (Nama), atas tausiyahnya. Selanjutnya, kita akan melanjutkan dengan sesi tanya jawab. Jika ada pertanyaan, silakan. (Tunggu hingga sesi tanya jawab selesai)

Terima kasih atas pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan. Mari kita simpulkan acara ini dengan doa penutup… (bacakan doa penutup)

Alhamdulillah, acara kita telah berakhir. Terima kasih kepada semua yang telah hadir dan berpartisipasi dalam acara ini. Semoga apa yang kita dapatkan hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sebagai MC untuk kegiatan Islami, Anda juga bisa memberikan kata mukadimah. Baca berbagai contoh kata-kata mukadimah Islami disini.

6. Teks MC Bahasa Inggris Formal

teks mc formal
Sumber: freepik.com

Good morning/afternoon/evening, ladies and gentlemen. My name is (Your Name), and I am honored to serve as your Master of Ceremonies for this event. Let’s commence our event by observing a moment of silence… (pause for a moment of silence)

Thank you. We will now proceed with the opening remarks delivered by our esteemed guest, Mr./Ms. (Name).

(Wait until the speech is finished) Thank you, Mr./Ms. (Name), for the enlightening speech. Now, we will move onto our first panel discussion/ presentation/ performance. (Wait until the panel discussion/ presentation/ performance is over)

Thank you all for your attention. Let’s now take a brief intermission. Refreshments are served in the foyer. We will reconvene in 15 minutes. (Wait for the intermission to end)

Welcome back, everyone. I hope you all had a refreshing break. Now, we will continue with our next session/ speaker/ activity. (Wait until the session/ speaker/ activity is over)

Thank you for your participation. To conclude our event, let’s hear a few words from Mr./Ms. (Name), our closing speaker. (Wait until the closing speech is finished)

Thank you, Mr./Ms. (Name). And thanks to everyone for being here today. Your participation and contributions made this event a success. Have a wonderful morning/afternoon/evening, and we look forward to seeing you at our next event.

7. Teks MC Webinar Online Formal

Selamat pagi/siang/malam, Bapak, Ibu, dan semua peserta webinar yang berharga. Saya (Nama), yang akan memandu Anda selama acara webinar ini.

Untuk memulai, perkenankan saya menjelaskan sedikit tentang aturan yang berlaku selama webinar…(jelaskan aturan, seperti mematikan mikrofon ketika tidak berbicara, bagaimana cara mengajukan pertanyaan, dll.)

Terima kasih atas perhatiannya, sekarang mari kita lanjutkan ke bagian inti acara kita hari ini, yaitu presentasi atau pemberian materi dari Bapak/Ibu (Nama Pembicara).

(Tunggu hingga presentasi selesai)

Sungguh presentasi yang inspiratif, terima kasih Bapak/Ibu (Nama Pembicara). Selanjutnya, mari kita beralih ke sesi tanya jawab. Jika ada pertanyaan dari para peserta, silakan gunakan fitur raise hand atau tulis pertanyaan Anda di kolom chat.

(Tunggu hingga sesi tanya jawab selesai)

Terima kasih atas semua pertanyaan yang telah peserta ajukan. Pertanyaan-pertanyaan ini membuktikan betapa antusiasnya kita semua hari ini. Sekarang, mari kita simpulkan acara dengan beberapa kata penutup…(sampaikan kata-kata penutup)

Acara kita telah sampai pada akhirnya. Terima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi aktif. Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di webinar berikutnya.

Saya sebagai MC mengucapkan mohon maaf apabila terdapat ketidaknyamanan yang peserta rasakan selama berjalannya webinar ini. Selamat siang, dan sampai jumpa.

Demikianlah berbagai contoh teks MC formal yang bisa Anda gunakan dalam menuntun berbagai kegiatan formal.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kesuksesan acara yang akan Anda bawakan.

Simak informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Evermos untuk melihat penawaran mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal melalui usaha reseller Evermos.

Klik tombol di bawah ini untuk registrasi secara gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)