5 Cara Mendapatkan Kode Verifikasi jika Nomor Hilang, Mudah!

Artikel ini akan mengulas cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang atau sudah tidak aktif lagi. Yuk simak dan ikuti langkah-langkah mudahnya!

Nomor handphone yang hilang atau tidak bisa digunakan lagi memang hal yang cukup merepotkan. Pasalnya, sebagian besar aplikasi di HP kita terhubung ke nomor tersebut.

Apalagi jika beberapa aplikasi membutuhkan verifikasi nomor telepon. Kode verifikasi merupakan kode penting yang banyak dibutuhkan untuk membuat atau masuk ke sebuah aplikasi.

Kaitannya dengan nomor HP adalah kode tersebut sering dikirimkan melalui SMS yang terhubung dengan nomor HP. Sehingga, untuk mengatasinya ada beberapa solusi yang dapat dilakukan. 

Baca juga: 3 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati Tanpa Email.

5 Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang

Ada beberapa cara mendapatkan kode OTP di nomor yang sudah tidak aktif yang bisa kamu lakukan. Simak cara dan langkah-langkahnya berikut ini:

1. Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang dengan Aplikasi Sonetel

cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang
Sumber: google.com/bersosial

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menerima sms dari nomor yang sudah tidak aktif melalui bantuan aplikasi lain, yaitu aplikasi Sonetel.

Aplikasi Sonetel adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan kode verifikasi jika nomor HP hilang atau sudah tidak aktif lagi. 

Berikut ini adalah cara mendapatkan kode verifikasi dengan menggunakan bantuan aplikasi Sonetel:

  • Unduh aplikasi Sonetel dan pasang di ponsel kamu.
  • Buka aplikasi dan buka juga nomor virtual SON.
  • Selanjutnya klik “Terima SMS” untuk mendapatkan SMS asli dari Indonesia.
  • Masukkan nomor yang kamu butuhkan lalu klik “Coba”.
  • Setelah itu masukkan profil untuk mendaftar.
  • Kemudian masukkan kode OTP PIN.
  • Setelah itu kamu akan bisa menerima SMS kode verifikasi dengan nomor yang hilang. 

2. Cara Mendapatkan Kode OTP Kartu yang Hilang dengan Aplikasi TextPlus

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi jika Nomor Hilang
Sumber: google.com/bersosial

Selain dengan aplikasi Sonetel, aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membantu menerima kode verifikasi jika nomor HP hilang yaitu TextPlus SMS + Panggilan Call.

Dalam menggunakannya, aplikasi ini sangat sederhana dan mudah. Kamu hanya akan diminta untuk membuat nomor palsu, kemudian ikuti langkah-langkah yang ada.

Setelah mengikuti langkah-langkahnya, kamu langsung bisa mendapatkan kode OTP meskipun nomor HP kamu sudah tidak aktif lagi atau hilang.

Aplikasi ini juga mudah didownload dan memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga tidak akan membuat memori HP kamu penuh.

Selain nomor HP yang hilang, juga ada kesulitan mengatasi situs yang terblokir oleh Google. Simak solusinya disini: 5 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome, Tanpa Ribet!

3. Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Gmail Jika Nomor Hilang

gmail
Sumber: google.com/bersosial

Cara yang selanjutnya ini cocok untuk kamu yang tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan. Kamu bisa mendapatkan kode verifikasi nomor hp yang hilang dari Gmail atau Email.

Biasanya ketika kamu berusaha terhubung pada sebuah aplikasi yang membutuhkan kode verifikasi, maka aplikasi tersebut akan memberikan pilihan terkait tujuan dikirimnya kode verifikasi.

Beberapa opsi pengiriman kode verifikasi yaitu melalui SMS, sambungan telepon atau melalui Email.

Nah, jika nomor HP kamu sudah tidak aktif atau hilang, maka kamu dapat memilih opsi Email atau Gmail. Sehingga, kode verifikasi atau kode OTP akan dikirim ke Email kamu.
Dengan cara ini, kamu tidak perlu risau perihal nomor HP yang sudah tidak aktif lagi.

4. Aktifkan Nomor Kembali di Gerai Provider

cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang
Sumber: google.com/bersosial

Apabila beberapa cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba cara dengan mendatangi langsung gerai provider dari kartu HP kamu.

Di gerai provider tersebut, kamu bisa meminta bantuan petugas gerai untuk mengaktifkan kembali nomor yang sudah hilang atau sudah kadaluwarsa.

Kemudian, jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat adimintsrasi dari registrasi kartu.

5. Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Email Jika Nomor Hilang

Jika beberapa cara di atas adalah solusi untuk masuk ke aplikasi tertentu yang membutuhkan kode OTP, lalu bagaimana jika kode verifikasi dibutuhkan untuk masuk ke akun Email?

Berikut adalah cara mendapatkan OTP dari nomor yang sudah tidak aktif melalui Email:

  • Masuk ke akun Gmail kamu, lalu ketika log in tersebut gagal karena nomor HP sudah tidak aktif atau hilang, maka klik “Coba Cara Lain”.
  • Kemudian, kamu akan diminta melakukan konfirmasi nomor telepon untuk pengiriman kode verifikasi 2 langkah, maka pilih tombol baru berikutnya untuk menjawab pertanyaan khusus dari Google.
  • Jika berhasil, maka selanjutnya kamu akan diminta memasukkan alamat Email lain yang masih dapat diakses sebagai tujuan dikirimkannya kode verifikasi.
  • Apabila sudah memasukkan Email lain tersebut, silakan periksa di akun Email tersebut apakah kode verifikasi sudah masuk.
  • Jika masuk, maka Anda dapat menggunakan kode verifikasi tersebut untuk masuk ke Email yang berasal dari nomor HP yang telah hilang tadi.

Baca juga: 7 Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang. Semoga bisa membantu permasalahan yang sedang kamu alami ya!

Jika ingin membaca artikel menarik dan tips and trik lainnya, silahkan untuk terus mengunjungi situs Blog Evermos.

Kamu juga bisa berikhtiar bersama Evermos dengan menjadi reseller dan dapatkan banyak keuntungan serta keberkahan.

Penasaran caranya bagaimana? Silahkan klik tombol di bawah ini, ya.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)