5 Hari dan Tanggal Baik Menikah di Bulan Dzulhijjah 2023, Rencanakan dengan Calon Pasangan!

Kamu sudah punya calon pasangan yang akan mendampingi seumur hidup? Kamu dan pasanganmu harus tahu tanggal baik menikah di bulan Dzulhijjah menurut Islam. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan dan mempersiapkan pernikahan dari sekarang. 

Sebetulnya dalam Islam, tidak ada bulan ataupun tanggal yang baik atau buruk untuk melangsungkan pernikahan. Sebab yang terpenting dalam pernikahan adalah niat baik, sesuai dengan syariat, serta meminta berkah dari Allah Sang Maha Agung. 

Namun, menikah pada Dzulhijjah ternyata memiliki keutamaan dan keistimewaan yang membuat bulan ini menjadi bulan baik untuk menikah menurut Islam. Kamu mungkin juga sering melihat banyak orang yang menikah sebelum ataupun setelah Idul Adha

Berikut ini adalah ulasan tentang keutamaan menikah pada bulan Dzulhijjah hingga beberapa tanggal baik untuk menikah 2023 di bulan Dzulhijjah dalam Islam menurut pendapat ulama.

Baca juga: Tujuan Menikah Menurut Perspektif Agama Islam

Hukum dan Keutamaan Menikah di Bulan Dzulhijjah 

Tanggal Baik Menikah di Bulan Dzulhijjah
Sumber: pexels.com

Menikah di bulan Dzulhijjah hukumnya boleh atau dianjurkan dalam Islam. Sebab, syariat Islam tidak melarang umat Muslim menikah di bulan tertentu. 

Adapun bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa dalam Islam. Sebab pada bulan ini, terdapat hari-hari besar Islam seperti Idul Adha, hari Arafah, dan Mina. 

Menurut Tafsir Ibnu Katsir, Dzulhijjah juga menjadi salah satu dari empat bulan haram yang memiliki keistimewaan oleh Allah SWT. Selain Dzulhijjah, bulan haram lainnya adalah Zulkaidah, Muharram, dan Rajab. 

Yang mana pada bulan ini, amal yang manusia tunaikan akan Allah lipatgandakan, begitu pula sebaliknya, apabila ada amalan yang tidak baik maka ganjaran yang seseorang dapatkan akan berlipatganda juga. 

Sehingga, menikah pada bulan Dzulhijjah adalah pilihan yang tepat karena menggabungkan antara keutamaan bulan haran dan keutamaan hari-hari yang baik pada bulan ini, seperti 10 hari pertama Dzulhijjah. 

Selain itu, menikah adalah salah satu amal shalih yang dapat mendekatkan diri pasangan suami istri kepada Allah dan mendapatkan keberkahan-Nya. 

Hari dan Tanggal Baik Menikah di Bulan Dzulhijjah 

tanggal Baik Menikah di Bulan Dzulhijjah
Sumber: pexels.com

Berikut ini tanggal yang bagus untuk menikah di tahun 2023 tepatnya pada bulan Dzulhijjah. Selain menurut Islam, hari dan tanggal di bawah ini juga merupakan tanggal yang memiliki keuatamaan menikah di bulan Dzulhijjah menurut Jawa.

1. Hari Jumat, 4 Dzulhijjah 1444 H 

Dalam Islam, hari Jumat merupakan hal paling mulia di antara hari lainnya. Rasulullah SAW juga menyunnahkan umatnya untuk menikah pada hari Jumat, yang terdapat dapat hadist HR. Ahmad. 

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama untuk menikah adalah hari Jumat.” (HR. Ahmad)

Selain itu, tanggal 23 Juni 2023 bertepatan dengan tanggal 4 Dzulhijjah yang merupakan sepuluh hari pertama Dzulhijjah. Adapun, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang paling utama untuk beribadah dan bertaqarrub kepada Allah SWT. 

2. Hari Sabtu, tanggal 24 Juni 2023

Hari Sabtu merupakan hari yang juga mempunyai keistimewaan dalam Islam. Seperti sabda Rasulullah untuk umatnya, “Puasalah pada hari Sabtu karena pada hari itu Allah menciptakan langit dan bumi.” (HR. Ahmad) 

Selain itu, hari Sabtu tanggal 24 Juni 2023 ini juga bertepatan dengan tanggal 5 Dzulhijjah 1444 H yang masih pada hari kesepuluh Dzulhijjah dengan berbagai keistimewaan pada penjelasan di atas. 

3. Hari Senin, tanggal 25 Juni 2023

Dalam Islam, hari Senin juga menjadi hari yang Rasulullah sukai. Sebab, pada hari itu beliau dilahirkan, diutus sebagai rasul, dan wafat. 

Selain itu, pada tanggal 25 Juni ini juga bertepatan dengan sepuluh hari pertama Dzulhijjah, yaitu tanggal 6 Dzulhijjah 1444 H. 

4. Hari Selasa, tanggal 26 Juni 2023 

Pada hari Selasa, tanggal 26 Juni 2023 sama seperti tanggal di atas, juga merupakan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yaitu 7 Dzulhijjah yang memiliki banyak keistimewaan apabila kita menyelenggarakan ibadah salah satunya pernikahan. 

5. Hari Rabu, tanggal 27 Juni 2023

Dalam Islam, hari Rabu memiliki keistimewaan sebab pada hari ini Allah menciptakan bumi yang kita huni sekarang. Selain itu, hari Rabu tanggal 27 Juni 2023 juga bertepatan dengan tanggal 8 Dzulhijjah yang masih menjadi 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. 

Kelima hari di atas, merupakan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dengan segudang keistimewaannya. 


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Rasulullah SAW juga bersabda, “Tidak ada amal yang lebih Allah cintai pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah dariapda amal-amal shalih.” (Hr. Bukhari)

Sehingga, menikah pada hari dan tanggal di atas merupakan hari baik untuk menikah 2023 karena menggabungkan keutamaan dari hari-hari tersebut dan keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. 

Selain kelima hari dan tanggal di atas, sebetulnya dalam Islam tidak ada larangan tanggal manapun untuk melangsungkan pernikahan. 

Dengan demikian, setelah tanggal-tanggal di atas, khususnya pada bulan Dzulhijjah, umat muslim masih sangat boleh melangsungkan pernikahan. 

Apakah Ada Larangan Menikah Pada Tanggal di Bulan Dzulhijjah? 

Tanggal Baik Menikah di Bulan Dzulhijjah
Sumber: pexels.com

Tidak semua ulama merekomendasikan untuk menghindari tanggal-tanggal tertentu di bulan Dzulhijjah. Pendapat ini lebih cenderung didasarkan pada adat dan kebiasaan lokal, bukan pada larangan agama yang jelas. 

Namun, beberapa ulama dan mazhab Islam, seperti Mazhab Hanbali, memiliki pendapat khusus terkait dengan pernikahan pada tanggal 9 dan 10 Dzulhijjah.

Menurut Mazhab Hanbali, yang merupakan salah satu dari empat mazhab hukum Islam Sunni, menyarankan untuk menghindari pernikahan pada tanggal 9 dan 10 Dzulhijjah. 

Ini karena tanggal 9 Dzulhijjah adalah Hari Arafah, yang merupakan hari yang sangat istimewa dalam ibadah haji. Pada hari ini, jamaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk beribadah dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Pada tanggal 10 Dzulhijjah adalah Hari Raya Idul Adha, yang juga merupakan hari perayaan besar dalam agama Islam.

Mazhab Hanbali menyarankan agar pernikahan tidak dilaksanakan pada tanggal-tanggal ini agar tidak mengganggu fokus pada ibadah haji dan merayakan Idul Adha. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa ini adalah pandangan khusus dari Mazhab Hanbali dan tidak ada konsensus mutlak di antara ulama dan mazhab lainnya mengenai masalah ini.

Kamu bisa berkonsultasi dan berdikusi dengan keluarga serta tokoh agama apabila masih memiliki keraguan untuk menyelanggarakan pernikahan pada kedua tanggal di atas. 

Semoga rencana pernikahan kamu dan calon pasangan mendapatkan kelancaran dan keberkahan!