Lebaran Haji Berapa Hari Lagi? Catat Tanggal dan Amalan yang Bisa Dilakukan!

Apabila mengacu pada kalender Islam, saat ini kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah. Artinya, tak lama lagi kita akan menyambut hari raya Idul Adha atau istilah lainnya yaitu lebaran haji. Jika demikian, lalu lebaran haji berapa hari lagi? 

Lebaran haji merupakan salah satu hari raya besar umat Islam yang ada setiap tahunnya. Saat lebaran haji, umat Islam yang mampu memiliki anjuran untuk berkurban, yaitu menyembelih hewan tertentu dan membagikannya kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. 

Sebagai puncak dari ibadah haji, lebaran haji menjadi tanda bahwa juataan umat Islam dari seluruh dunia yang sedang melakukan perjalanan suci ke tanah Mekkah akan melaksanakan wukuf di Arafah. 

Adapun wukuf yaitu berdiam diri di padang pasir yang luas sambil berdoa dan bertaubat kepada Allah SWT. 

Namun, berapa hari lagi lebaran haji? Idul Adha jatuh pada tanggal berapa? Bagaimana cara menentukan tanggalnya? Apa saja kegiatan yang dilakukan pada hari ini? Berikut ini kami sajikan penjelasan dan jadwalnya untuk Anda.

Lebaran Haji Berapa Hari Lagi? Begini Cara Menentukannya!

lebaran haji berapa hari lagi
Sumber: freepik.com

Perlu Anda ketahui bahwa Islam selalu memperingati lebaran haji atau Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah menurut kalender Hijriah. Sementara itu, bulan Dzulhijah jatuh pada dua bulan setelah bulan Syawal atau bulan di mana Idul Fitri dirayakan.

Namun, karena kalender Hijriah berdasarkan peredaran bulan, maka panjangnya bisa berbeda setiap tahunnya, antara 29 atau 30 hari. Sehingga, untuk menentukan tanggal lebaran haji, umat Islam harus melihat penampakan hilal atau bulan sabit yang menandakan awal bulan Dzulhijah.

Di Indonesia, penentuan tanggal lebaran haji yaitu melalui sidang isbat yang penyelenggaraannya oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan melibatkan para ahli hisab dan rukyat (perhitungan dan pengamatan bulan), serta perwakilan dari ormas-ormas Islam.

Sidang isbat biasanya pada akhir bulan Zulkaidah atau sehari sebelum tanggal 1 Dzulhijah. Pada saat sidang ini, maka akan memutuskan apakah bulan Dzulkaidah berakhir pada hari itu atau ada perpanjangan satu hari lagi, berdasarkan laporan dari tim rukyat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Selain Kemenag, ada juga ormas Islam yang menetapkan tanggal lebaran haji secara mandiri dengan menggunakan metode hisab atau perhitungan astronomis. 

Sehingga, apabila mengacu pada Kemenag, dari hasil sidang isbat yang telah dilaksanakan sebelumnya, maka 1 Dzulhijjah 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 20 Juni 2023. Dengan penetapan ini artinya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Namun jika mengacu pada keputusan ormas Islam seperti Muhammadiyah, maka Idul Adha jatuh pada tanggal 28 Juni 2023, atau satu hari lebih cepat dari keputusan Kemenag.

Adapun perbedaan tersebut adalah hal yang lumrah terjadi mengingat cara menentukan keputusan yang berbeda. Kita sebagai umat Islam harus menghargai apapun bentuk keputusan umat Islam lainnya dan saling memahami perbedaan. 

Jadi, lebaran haji berapa hari lagi? Apabila hitung mundur dari hari ini, yaitu Rabu, 21 Juni 2023, maka lebaran haji tinggal 8 hari lagi, sedangkan versi Muhammadiyah tinggal 7 hari lagi. 

Lebaran Haji Berapa Hari Lagi? Cek Jadwalnya dan Ibadah yang Bisa Diamalkan

Setelah mengetahui lebaran haji berapa hari lagi, ada baiknya Anda juga mengetahui jadwal lebaran haji dan kegiatan yang bisa kita langsungkan pada hari ini. Berikut ini adalah jadwal lebaran haji dan penjelasannya:

1) 1 – 7 Dzulhijjah atau 20 – 26 Juni 2023: Puasa Dzulhijjah 

lebaran haji berapa hari lagi
Sumber: freepik.com

Puasa pada tanggal 1 sampai 7 Dzulhijjah memiliki keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam. Dalam bulan Dzulhijjah, sepuluh hari pertama menjadi hari-hari paling mulia dalam setahun. 

Selain itu, sepuluh hari pertama Dzulhijjah ini merupakan hari-hari yang mana amalan dan ibadah paling Allah cintai, termasuk berpuasa. 

2) 8 Dzulhijjah atau 27 Juni 2023: Puasa Tarwiyah 

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang pelaksanaannya pada tanggal 8 Dzulhijjah atau pada hari Tarwiyah, yang juga merupakan hari pertama dari ibadah haji. 

Kata “Tarwiyah” berasal dari kata air atau minum dalam bahasa Arab. Ini merujuk kepada sejarah tradisi di mana para jamaah haji biasanya akan mengumpulkan air pada hari ini untuk persiapan di Arafah, yang terkenal dengan kondisi panas dan keringnya.

Secara umum, umat Islam mendapatkan anjuran untuk berpuasa pada hari-hari dalam sepuluh hari pertama Dzulhijjah karena merupakan hari-hari yang paling Allah SWT cintai, termasuk pada hari Tarwiyah ini. 

3) 9 Dzulhijjah atau 28 Juni 2023: Puasa Arafah 

Puasa Arafah adalah puasa sunnah pada tanggal 9 Dzulhijah, yaitu sehari sebelum lebaran haji. Islam menganjurkan umat Muslim melaksanakan puasa ini bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, karena memiliki banyak keutamaan dan pahala. 

Rasulullah SAW bersabda: “Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim)


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Untuk mengetahui niat dan keutamaan yang lebih lengkap dari puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Puasa Arafah, baca selengkapnya disini

Baca juga: Niat Puasa Idul Adha Hari Pertama dan Kedua, Umat Muslim Wajib Tahu!

4) 10 Dzulhijjah atau 29 Juni 2023: Shalat Idul Adha

lebaran haji berapa hari lagi
Sumber: freepik.com

Shalat Idul Adha adalah shalat sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijah, yaitu pada hari lebaran haji. Shalat ini berlangsung secara berjamaah di lapangan terbuka atau masjid, tanpa adanya azan dan iqamah. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 menurut Kemenag RI.

Adapun sholat Idul Adha terdiri dari dua rakaat dengan tujuh takbir pada rakaat pertama dan lima takbir pada rakaat kedua. Setelah shalat, kemudian berlanjut dengan khutbah oleh imam. Baca tata cara sholat Idul Adha yang lengkap disini

5) Penyembelihan Hewan Kurban

lebaran haji berapa hari lagi
Sumber: freepik.com

Penyembelihan hewan kurban adalah ibadah wajib bagi umat Islam yang mampu secara finansial dan fisik. Hewan kurban yang boleh menjadi sembelihan adalah sapi, kambing, atau domba yang memenuhi syarat-syarat tertentu. 

Penyembelihan hewan kurban berlangsung setelah shalat Idul Adha hingga sebelum matahari terbenam pada tanggal 10 Dzulhijah. Kemudian membagikan daging hewan kurban kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga: Hukum Melaksanakan Akikah dan Kurban Adalah? Begini Penjelasannya! 

6) Takbir Idul Adha

lebaran haji berapa hari lagi
Sumber: freepik.com

Takbir Idul Adha adalah ucapan tasbih dan tahlil yang umat Islam lantunkan untuk memuliakan Allah SWT pada hari-hari raya. Memulai takbiran bisa sejak matahari terbenam pada tanggal 9 Dzulhijah hingga selesai shalat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah. 

Adapun mengacu pada kalender nasional maka takbiran mulai pada tanggal 28 Juni 2023 setelah magrib. Takbir Idul Adha bisa berlangsung secara sendiri-sendiri atau berjamaah di masjid atau mushola.

Ingin Ikut Merayakan Ibadah Kurban Tahun Ini? Intip Rekomendasi Platform yang Bisa Membantu Anda!

Islam menyarankan kita umatnya yang apabila memiliki kemampuan, untuk melaksanakan ibadah kurban. Sebab, dengan berkurban maka kita turut menyebarkan kebaikan dan kebahagiaan kepada umat Muslim lainnya yang membutuhkan. 

Saat ini, berkurban sangatlah mudah. Bahkan meski hanya di rumah saja, Anda bisa berkurban dan turun menanam amal kebaikan. Ada banyak tempat beli kambing kurban online yang bisa Anda pilih, mulai dari platform e-commerce hingga badan amil zakat. 

Salah satu rekomendasi beli kambing kurban online untuk Anda adalah melalui Evermos. Platform ini memiliki program kurban Evermos yang dapat membantu Anda mewujudkan pelaksanaan amalan baik kurban pada Idul Adha ini.

 Melalui kurban bersama Evermos Anda akan merasakan beragam keuntungan. 

Selain melalui platform Evermos, Anda juga bisa mengunjungi beramaljariyah.org untuk mendukung #MudahberQurban dengan ikut berkurban pada Idul Adha 1444 H ini. 

Anda bisa membeli hewan Qurban sesuai kemampuan dengan harga yang terjangkau dengan daftar harga hewan kurban seperti kambing dan sapi yang dapat Anda cek disini.

Anda tidak perlu pusing memikirkan penyembelihan dan penyaluran daging kurban, karena panitia pelaksanaan dari beramaljariyah.org. akan membantu sepenuhnya. 

Tentunya bersama platform di atas, Anda akan berkurban dengan mengedepankan syariat Islam, dan menyentuh saudara-saudara muslim yang membutuhkan. 

Demikianlah informasi pada artikel ini, semoga pada bulan Dzulhijjah ini Allah selalu memberikan kita kelimpahan berkah dan karunia-Nya. Selamat menyambut Idul Adha dan selamat berkurban!

Jangan lupa baca informasi seputar Idul Adha dan info menarik lainnya hanya di blog Evermos ya!