Kultum : Dahsyatnya Ikhlas dan Tawakal | Manfaat Ikhlas Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Ikhlas

Manfaat Ikhlas — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan hari ke empat. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Aa Gymnasiar ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Dahsyatnya Ikhlas dan Tawakal” yang mengingatkan kita untuk terus bersabar dan bergantung hanya pada Allah. 

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Dahsyatnya Ikhlas dan Tawakal

Manfaat Ikhlas

sumber : shutterstock.com

Kita tentu mengetahui bahwasanya semua orang yang ada di dunia ini pernah memiliki masalah. Namun, satu hal yang perlu kita garisbawahi disini adalah bagaimana seorang manusia harus bisa ikhlas dan tawakal. Seorang muslim yang baik akan belajar memenuhi rasa ikhlas dan tawakal yakni berserah diri kepada Allah tidak menggantungkan diri kepada siapapun dan tidak pamrih terhadap apapun.

Bisa kita simpulkan bahwa kekuatan iman seseorang ada pada ikhlas dan tawakalnya. Bahkan, setan pun tidak berdaya  untuk menggoda orang yang penuh dengan ikhlas dan tawakal.

Baca Juga : Kultum : Hati Sengsara Akibat Berharap Kepada Makhluk | Berharaplah Kepada Allah!

Manfaat Ikhlas Sangatlah Dahsyat

Manfaat Ikhlas

sumber : shutterstock.com

Kita mungkin bertanya-tanya bagaimana suatu perasaan ikhlas dan tawakal bisa berbuah manfaat sangat dahsyat.

Kita bisa mengambil contohnya dari kehidupan sehari-hari.

Jika kita bergantung dan berserah pada manusia, maka kita kerap menjumpai rasa sakit hati, terluka, dan tidak tenang.

Bila kita bergantung dan terus berharap pada seseorang, maka kita bisa jatuh dan patah hati. Setinggi apapun pangkat kita, maka bisa jatuh. Namun jika kita lepas dan berharap ke tuhan meskipun kita ada dalam keterbatasan, maka InsyaAllah kita akan senantiasa ada pada kemuliaan.

oleh karena itu, manfaat ikhlas yang paling signifikan adalah memberikan hidup yang lebih tentram dan tenang karena tidak mengharapkan imbalan dari manusia. Karena sebagaimana kita ketahui apabila berharap kepada manusia, maka bersiaplah untuk kecewa.

Ikhlas berkaitan dengan keyakinan terhadap adanya Tuhan. Orang yang ikhlas senantiasa mengharapkan balasan dari Tuhan, bukan dari manusia. Hal ini tentunya bisa membuat kita terhindar dari rasa pamer, egoisme, dan hal buruk lainnya yang bisa membawa kita pada keburukan dalam hidup.

Baca juga: Hadist Berkata Baik Atau Diam | Kultum: Saum Mulut Karena Mulut Bukan Untuk Bicara

Demikianlah bahasan singkat mengenai dahsyatnya ikhlas dan tawakal serta manfaat ikhlas. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kita menjadi orang yang senantiasa lebih baik lagi.

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz AA. Gymnastiar ini. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah puasa kita lancar dan selalu mendapat berkah serta rahmatnya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×