Hadist Berkata Baik Atau Diam | Kultum: Saum Mulut Karena Mulut Bukan Untuk Bicara

Hadist Berkata Baik Atau Diam — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan hari pertama. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Aa Gymnasiar ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang ‘Saum Mulut Karena Mulut bukan Untuk Bicara” yang mengingatkan kita untuk terus menjaga lisan di ramadan ini. Sebagaimana  ada pada hadist berkata baik atau diam.

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Baca Juga : Yuk, Patuhi Protokol Keimanan 3M, Demi Menjaga Keutuhan Keimanan Saat Puasa!

Kultum | ‘Saum Mulut Karena Mulut bukan Untuk Bicara’

hadist berkata baik atau diam
sumber : shutterstock.com

Di bulan Ramadan ini tentu kita perlu menahan diri karena menahan diri dari berbagai godaan dan hal-hal yang bisa menggugurkan puasa adalah rukun puasa yang wajib kita laksanakan.

Salah satu hal yang bisa menggugurkan nilai pahala dan puasa adalah berbohong, mengadu domba, ghibah, dan saling mencela. Hal-hal yang demikian rupa bisa kita temukan dalam lisan. Oleh karena itu, Ustadz AA Gym mengingatkankan kita bukan hanya menjaga diri dari makan dan minum namun juga menjaga lisan saat puasa.

Sebagaimana kita tahu bahwa lisan bisa menjadi senjata yang sangat tajam dan berbekas seperi pepatah “mulutmu harimaumu”

Beliau menyatakan bahwa kita diharuskan untuk shaum mulut. Karena mulut bukan untuk bicara namun untuk bicara yang baik.

Sehari-hari kita melihat bahwa suatu percakapan kerap mengundang dosa karena adanya kebohongan, kesombongan, pamer, gibah, dan sebagainya.

Oleh karena itu, berbicara adalah sulit karena memerlukan energi positif.  Bicara itu yakin niatnya baik yang disampaikan dan manfaatnya baik. Jika belum bisa memiliki kata-kata baik, maka pilihannya adalah diam sebagaimana pada hadist berikut ini.

Baca Juga : Wajib Tahu! Inilah Rukun Puasa Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Hadist Berkata Baik Atau Diam

hadist berkata baik atau diam
sumber : shutterstock.com

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ  فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

MAN KAANA YU’MINU BILLAAHI WAL YAUMIL AAKHIRI FAL YAQUL KHOIRON AU LI YASHMUT

Artinya : Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berkata baik atau diam.

Selanjutnya ada hadist berikutnya yang menyatakan bahwa :

Dalam sebuah hadist lain dikatakan bahwa

“Ajarilah (orang islam), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah.”(HR. Ahmad).

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz AA. Gymnastiar ini. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah puasa kita lancar dan selalu mendapat berkah serta rahmatnya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×