Yuk, Patuhi Protokol Keimanan 3M, Demi Menjaga Keutuhan Keimanan Saat Puasa!

Protokol keimanan 3M dibentuk dengan tujuan agar umat muslim tetap dapat menjaga keutuhan keimanannya secara aman dan terhindar dari perbuatan dosa selama bulan Ramadhan.

Kami mengajak Anda semua untuk mematuhi protokol keimanan agar senantiasa keimanannya terjaga.

Pada bulan Ramadhan, segala kebaikan akan dilipatgandakan, hal itu karena bulan Ramadhan merupakan bulan kemuliaan.

Lantas, apa saja protokol keimanan 3M tersebut? Simak penjelasannya pada ulasan artikel berikut ini!

1. Menggunakan Masker Anti Ghibah

Protokol Keimanan 3M

Lindungi diri dari penyakit iri, dengki dan fitnah dengan menahan diri untuk tidak berghibah.

Karena ghibah bisa membuat kebaikan lain yang pernah dilakukan tidak berbekas, termasuk pahala sholat, zakat dan puasa.

Namun, tidak semua jenis ghibah dilarang dalam agama. Ada beberapa jenis ghibah yang diperbolehkan, yaitu yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang benar.

Setidaknya ada enam jenis ghibah yang diperbolehkan, antara lain:

1. Melaporkan Perbuatan Aniaya



Orang yang teraniaya boleh melaporkan kepada hakim dengan mengatakan ia telah dianiaya oleh seseorang. Pada dasarnya ini adalah perbuatan ghibah, namun karena dimaksudkan untuk tujuan yang benar, maka hal ini diperbolehkan dalam agama.

2. Usaha untuk Mengubah Kemungkaran dan Membantu Seseorang Keluar dari Perbuatan Maksiat

Seperti mengutarakan kepada orang yang mempunyai kekuasaan untuk mengubah kemungkaran. “Si Fulan telah berbuat tidak benar, cegahlah dia!”

Maksudnya adalah meminta orang lain untuk mengubah kemungkaran. Jika tidak bermaksud demikian, maka ucapan tadi adalah ghibah yang diharamkan.

3. Untuk Tujuan Meminta Nasehat

Misalnya dengan mengucapkan , “Ayah saya telah berbuat begini kepada saya, apakah perbuatannya itu diperbolehkan? Bagaimana caranya agar saya tidak diperlakukan demikian lagi? Bagaimana cara mendapatkan hak saya?”

Ungkapan demikian ini diperbolehkan. Tapi lebih selamat bila ia mengutarakannya dengan ungkapan misalnya, “Bagaimana hukumnya bila ada seseorang yang berbuat begini kepada anaknya, apakah hal itu diperbolehkan?” Ungkapan semacam ini lebih selamat karena tidak menyebut orang tertentu.

4. Untuk Memperingatkan atau Menasehati Kaum Muslimin.

Contoh dalam hal ini adalah jarh (menyebut cela perawi hadits) yang dilakukan para ulama hadis. Hal ini diperbolehkan menurut ijmak ulama, bahkan menjadi wajib karena mengandung maslahat untuk umat Islam.

5. Apabila Seseorang Berterus Terang dengan Menunjukkan Kefasikan dan Kebid’ahan

Hal tersebut contohnya seperti minum arak, berjudi dan lain sebagainya, maka boleh menyebut seseorang tersebut dengan sifat yang dimaksudkan, namun ia tidak boleh menyebutkan aibnya untuk umat Islam.

6. Untuk Memberi Penjelasan dengan Suatu Sebutan yang Telah Masyhur Pada Diri Seseorang

Maka dari itu, selain ghibah yang diperbolehkan sebaiknya hindari agar tidak terjerumus dalam dosa yang besar.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Kumpulan Doa Buka Puasa Sesuai Anjuran Rasulullah

2. Membersihkan Hati dan Pikiran

Protokol Keimanan 3M

Selain menjaga lisan, saat berpuasa kita juga perlu membersihkan hati dan pikiran yang kotor atau negatif.

Jika spirit Ramadhan dan hikmah puasa bisa terus kita pelihara, insyaAllah akan menjadi penyebab bersihnya hati kita, jernihnya pikiran kita, hingga meningkatnya kecerdasan kita berdasarkan pandangan Al-Qur’an.

Spirit dan hikmah itulah yang harus selalu kita bawa ke sebelas bulan berikutnya setelah Ramadhan, seumur hidup kita.

Agar terhindar dari hati dan pikiran yang kotor, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan, antara lain:

1. Berdzikir

Salah satu cara untuk selalu mengingat Allah dalam hati kita adalah dengan berzikir. Jadi, jangan lupa berzikir ketika hati atau pikiranmu sedang terusik dengan hal negatif.

Sebagaimana firman Allah:

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram”. (QS Ar-Ra’du 28)

2. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an juga merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan hati dan pikiran.

3. Bersedekah

Ada hadist dan firman Allah SWT yang menerangkan tentang keutamaan bersedekah, termasuk dapat membersihkan hati dan pikiran yaitu:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim)

4. Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Apabila ada orang lain yang melakukan kesalahan pada Anda, sebaiknya maafkanlah. Karena dengan memaafkan kesalahan mereka dapat membersihkan hati dan pikiran.

Ibnu Katsir rahimahullahu menerangkan:

“Bila kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat jelek kepadamu maka kebaikan ini akan menggiring orang yang berlaku jahat tadi merapat denganmu, mencintaimu, dan condong kepadamu sehingga dia (akhirnya) menjadi temanmu yang dekat.”

Untuk mengkaji lebih dalam mengenai ayat Al-Quran, tentu saja kita membutuhkan produk Al-Quran.

Apalagi saat bulan Ramadhan ini, kita harus sering membaca dan mengkaji Al-Quran agar mendapatkan pahala.

Silahkan klik rekomendasi produk di bawah ini untuk mendapatkan produk. 

Protokol Keimanan 3M

Protokol Keimanan 3M

3. Menjaga Jarak dari Perbuatan Dosa

Protokol Keimanan 3M

Sebagai manusia kita tidak luput dari khilaf dan dosa. Namun, sebagai Muslim kita harus berusaha menjauhkan diri dari segala sesuatu yang dapat menjerumuskan kita dalam perbuatan dosa. Karena, jika tidak berhati-hati maka jiwa kita bisa lemah dan akhirnya semakin jauh dari Allah SWT.

Adapun beberapa cara untuk menghindari dari perbuatan dosa, antara lain:

  • Kenali musuh : Strategi yang terpenting dalam sebuah peperangan adalah dengan cara mengenali musuh. Semakin banyak mengetahui tentang musuh maka semakin mudah menghadapinya dalam pertempuran. Demikian juga dengan hidup di dunia. hidup di dunia sejatinya adalah pertempuran melawan godaan setan yang selalu menyesatkan manusia. Untuk itu, kita perlu mempelajari tentang berbagai cara dan taktik setan dalam menyesatkan manusia.
  • Selalu meminta bantuan dan perlindungan kepada Allah SWT: Sebagai Muslim kita memiliki akses langsung dengan Allah SWT tanpa adanya perantara. Untuk itu, mintalah bantuan dan perlindungan kepada Allah SWT. Karena, sebenarnya Allah SWT selalu berada di sekitar kita.
  • Luangkan waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT: Hubungan dan komunikasi sehari-hari dengan Allah SWT merupakan prinsip dasar untuk mengendalikan diri dari perbuatan dosa. Hubungan itu bisa Anda lakukan dengan cara meluangkan waktu membaca Al-Quran dan berzikir. Ini akan sangat membantu agar tetap fokus  kepada Allah SWT dalam beraktivitas sehari-hari.
  • Segera bertobat ketika khilaf: Jika Anda khilaf dan akhirnya jatuh ke dalam perbuatan dosa maka segeralah bertobat. Anda harus menyesali perbuatan dosa tersebut dan berkomitmen tidak akan mengulanginya lagi.

Nah, itulah penjelasan dari protokol keimanan 3M yang harus kita patuhi dan dilaksanakan agar iman kita selalu terjaga, terutama saat dalam menjalani ibadah puasa.

Rekomendasi Produk Speaker Quran yang Tersedia di Evermos

Protokol Keimanan 3M

Selain produk Al-Quran, Evermos juga menyediakan produk speaker Quran yang terdiri dari banyak fitur.

Dengan memiliki benda ini, insya Allah akan bermanfaat. Apalagi saat bulan puasa ini tentu kita berlomba-lomba dalam kebaikan, seperti mendengarkan murrotal atau ayat suci Al-Quran.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki produk speaker Quran atau menjualnya, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Protokol Keimanan 3M

Protokol Keimanan 3M

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Belanja Rp100.000 akan dapat Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Belanja Rp50.000 akan dapat Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Sedangkan khusus untuk produk digital jika berbelanja Rp100.000 maka akan dapat Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Demikianlah informasi mengenai protokol keimanan, ingat kata Rasul 3M ya! Semoga pada bulan Ramadhan ini, kita dapat terhindar dari dosa dan dapat meraih pahala yang sebanyak-banyaknya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Boleh share artikel ini dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)