Kultum : Hati Sengsara Akibat Berharap Kepada Makhluk | Berharaplah Kepada Allah!

Hati Sengsara Akibat Berharap Kepada Makhluk – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini menginjak pada hari ke-3 Ramadan. Sebelum berbuka puasa, alangkah lebih baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Aa Gymnastiar.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Hati Sengsara Karena Berharap Kepada Makhluk”, tentu jika terlalu berharap kepada makhluk seringkali merasa kecewa. Kita harus berharap hanya kepada Allah SWT, Allah tidak akan mengecewakan.

Bagaimana jadinya atau apa yang akan terjadi jika kita terlalu berharap kepada makhluk, dalam hal ini kepada manusia? Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini!

Anda pun dapat menonton video lengkapnya di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa Subscribe, ya!

Baca juga: Hadist Berkata Baik Atau Diam | Kultum: Saum Mulut Karena Mulut Bukan Untuk Bicara

Jangan Pernah Berharap Kepada Makhluk Karena Akan Kecewa dan Hati Sengsara

Akibat Berharap Kepada Makhluk

Kita harus pandai dalam mengendalikan hati. Intinya adalah kendalikan hati dari ra’ja dan hauf, ataupun harap dan takut kepada makhluk.

Semakin berharap kepada makhluk seperti ingin dipuji, ingin dihargai, ingin dikagumi, ingin dicintai, ingin diberi, makin kuat berharap dari makhluk, pasti hati ini makin sengsara.

Sebagaimana ungkapan Ali bin Abi Thalib, ia pernah mengatakan:

“Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.”

Seperti ketidakikhlasan itu gara-gara hati berharap dari makhluk, kesombongan itu gara-gara hati berharap dikagumi makhluk.

Semua penyakit hati sumber intinya adalah hati bersandar kepada selain Allah.

Baca juga: Kultum – Yakinlah Kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Segala Hal

Bagaimana Agar Tidak Kecewa Kepada Makhluk? 

Setiap manusia tentu memiliki harapan terhadap sesuatu hal dalam hidupnya. Seringkali memang terlalu berharap kepada makhluk.

Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggantungkan segala harapan sepenuhnya kepada Allah SWT semata.

Maka, latihlah pada bulan Ramadan ini untuk tidak mengharap dilihat, dipuji, diterimakasihi, dihargai. Pokoknya lakukan yang terbaik Lillahi Ta’ala.

Cukup Allah saja yang menilai segala amal perbuatan kita. Cukup Allah saja yang akan membalas segala apa-apa yang telah kita lakukan dalam hidup ini.

Jadi, intinya pangkal ketidaknyamanan adalah hati berharap kepada selain Allah.

Demikianlah ulasan dakwah dari ustadz Aa Gymnastiar tentang Hati Sengsara Akibat Berharap Kepada Makhluk ini. Daripada membaca sendirian, lebih baik share artikel kultum ini sebagai pengingat pada yang lain.

Semoga dapat bermanfaat. Mulai sekarang, jangan pernah berharap lagi kepada makhluk karena seringkali mengecewakan.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya setiap hari selama bulan Ramadan hanya di situs Blog Evermos.

×