8 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Acara dan Cara Membuatnya

Sedang mencari contoh surat undangan tidak resmi untuk kebutuhan acara? Kamu berada di artikel yang tepat! Mari simak artikel ini untuk mengetahui contoh dan cara membuatnya. 

Surat undangan tidak resmi sangat dibutuhkan ketika hendak menyelenggarakan acara non formal dan berencana  mengundang orang lain untuk datang. 

Meskipun tidak bersifat formal, namun surat undangan menjadi salah satu cara yang sopan untuk mengajak dan mempererat silaturahmi dengan orang yang akan kamu undang. 

Apa itu Surat Undangan Tidak Resmi

Surat undangan tidak resmi yaitu surat yang dikirimkan untuk acara atau kegiatan informal yang cenderung lebih personal dan fleksibel tanpa adanya aturan atau format tertentu. 

Bahasa yang digunakan dalam surat undangan tidak resmi adalah bahasa yang lebih santai, tidak baku dan kerap dipadukan dengan kosa kata asing hingga istilah gaul. 

Biasanya surat undangan tak resmi ini digunakan untuk mengundang teman, keluarga, atau rekan kerja untuk acara seperti pesta ulang tahun, arisan, khitanan, dan pertemuan lainnya. 

Selain surat undangan tidak resmi, juga ada surat undangan resmi yang digunakan untuk acara formal. Mari simak contohnya disini: 7 Contoh Surat Undangan Resmi dan Cara Membuatnya.

Cara Membuat Surat Undangan Tidak Resmi

contoh surat undangan tidak resmi
Sumber: pexels.com

Seperti penjelasan di atas, pada dasarnya tidak ada sistematika atau format khusus untuk membuat surat undangan tidak resmi. 

Namun, ada beberapa poin penting yang perlu dicantumkan dalam surat undangan tersebut agar pesan yang ingin disampaikan diterima dengan baik oleh penerima surat. 

Berikut ini adalah beberapa cara membuat surat undangan tidak resmi yang bisa kamu ikuti: 

1. Tentukan Gaya Bahasa dan Format Surat 

Langkah pertama yaitu memastikan bahwa pesan ajakan atau undangan yang ingin kamu sampaikan menggunakan bahasa yang terlihat santai dan akrab. 

Kamu bisa menggunakan kalimat percakapan sehari-hari yang lebih bebas di dalam surat tersebut. 

2. Cantumkan Keterangan Acara 

Meskipun surat undangan dikemas dengan begitu santai, namun jangan melupakan tujuan utama dari surat tersebut, mulai dari nama acara, tanggal, waktu hingga tempatatau lokasi.

Agar penerima surat bisa langsung tahu maksud surat undangan yang kamu kirim, cantumkan juga judul atau pernyataan mengenai acara yang akan diselenggarakan. 

Misalnya, jika kamu ingin mengundang penerima surat untuk datang ke acara ulang tahun, maka tulislah “Undangan Acara Pesta Ulang Tahun”. 

3. Jelaskan Rincian Acara 

Berikutnya, jelaskan dengan detail namun to the point mengenai acara, mulai dari tema, agenda hingga aktivitas apa saja yang akan dilakukan. 

Selain itu, cantumkan juga informasi tambahan lainnya, seperti dress code jika memang ada. 

4. Berikan Penutup yang Ramah

Terakhir, tutup surat dengan kalimat penutup yang ramah dan penuh harap. Contohnya, “Aku sangat berharap dapat berbagi waktu denganmu di acara ini.”

Adapun untuk surat undangan tidak resmi ini, kamu boleh untuk tidak mencantumkan tanda tangan formal. 

Baca juga: 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan yang Benar.

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Kegiatan

Berikut ini adalah beberapa contoh surat undangan non formal dari berbagai contoh acara. Kamu bisa gunakan contoh berikut sebagai referensi, ya!

1. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Ulang Tahun

Ada beberapa contoh surat undangan ulang tahun yang biasanya digunakan, mulai dari berbentuk surat ataupun berbentuk kartu undangan. Berikut ini contohnya:

a. Contoh 1

Untuk temanku Maya,

Apa kabar? Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya!

Sebentar lagi adalah hari ulang tahunku yang ke 17 dan aku ingin membuat momen spesial bersama teman-temanku. Untuk itu, aku mengundang kamu untuk hadir di perayaan ulang tahunku yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Jumat, 15 Mei 2024
Tempat: Di Angkasa Coffee Shop, Jalan Merpati, Bandung
Pukul: 19.00 – selesai

Jangan lupa datang ya Maya! Kehadiranmu sangat ditunggu untuk memeriahkan perayaan hari ulang tahunku.

Dari sahabatmu,
Saskia

b. Contoh 2

contoh surat undangan tidak resmi
Sumber: canva.com

2. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Teman

Jika kamu ingin mengundang teman untuk hadir di acara tidak resmi yang akan kamu selenggarakan, kamu dapat membuat kalimat undangan seperti contoh di bawah ini:

Dear Friends,

Karena sebentar lagi kita akan menyambut awal tahun, akun ingin mengundang kamu untuk pesta perayaan tahun baru di rumahku.

Acara akan berlangdung mulai pukul 18.00 WIB. Nanti kita akan mengadakan bakar-bakaran, karaoke bersama dan banyak kegiatan seru lainnya.

Aku tunggu kedatanganmu untuk meramaikan acara ini ya!

Salam,

Septian
Jalan Angkasa Nomor 5
Kota Bandung
Kelurahan Sukapura, Kecamatan Batununggal
40980

Baca juga: 5 Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua.

3. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Tentang Pentas Seni

Surat undangan pentas seni umumnya bersifat tidak formal karena kegiatan yang berlangsung lebih santai. Kamu bisa menggunakan kartu ucapan ataupun surat undangan seperti contoh berikut:

a. Contoh 1

contoh surat undangan tidak resmi
Sumber: Dokumentasi Evermos

DOWNLOAD DOC

b. Contoh 2

contoh surat undangan tidak resmi
Sumber: Dokumentasi Evermos

4. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Khitanan

contoh surat undangan tidak resmi
Sumber: google.com/bersosial

5. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi dalam Bahasa Inggris

Hi Audy,

I hope this letter finds you in good health and high spirits.

I’m excited to invite you to celebrate my 24 birthday! It’s going to be a fun gathering with friends and family, and I’d love for you to join us.

Here are the details:

Date : Saturday, 18 October 2023
Time : 7 PM
Location : My House, Street 18, Bandung

We’ll have great food, music, games, and most importantly, fantastic company. Your presence would make the celebration even more special.

Please let me know if you can make it so that we can ensure there’s enough space and food for everyone. I truly hope you can join in the fun!

Looking forward to celebrating with you.

Best regards, Sandy

Itulah beberapa contoh surat undangan tidak resmi yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat! Kamu bisa membaca informasi menarik lainnya di blog Evermos.

Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan tambahan tanpa modal, dan tidak perlu keluar rumah, kamu bisa cek di Evermos.

Pada platform tersebut, kamu bisa memulai usaha tanpa modal sebagai reseller.

Selain itu, apabila kamu adalah seorang pebisnis pemula, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan yang sangat bermanfaat untuk keberjalanan usaha kamu.

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)