6 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan yang Benar, Auto Dilirik HR!

Saat ini melamar kerja sebagai karyawan semakin sulit karena persaingan yang sengit. Untuk itu, yuk simak contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan agar Anda diterima!

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus disiapkan oleh pencari kerja. Berkas ini berfungsi untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan minat dan kualifikasi. 

Selain itu, surat lamaran juga berguna untuk meminta kesempatan perusahaan agar membuka peluang pelamar dalam proses seleksi lowongan yang sedang dibuka. 

Salah satu jenis perusahaan yang banyak menjadi minat para pencari kerja adalah PT atau Perseroan Terbatas. 

Apabila Anda merupakan pencari kerja dan ingin melamar di Perseroan Terbatas impian, simak berbagai contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar pada artikel ini. 

Sebelum itu, biasanya lamaran kerja dikirim melalui Email. Untuk itu, mari baca cara membuat body Email yang benar disini: Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Profesional, Baik, dan Benar, Auto Dilirik HRD!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan
Sumber: pexels.com

Untuk melamar pekerjaan di PT sebagai karyawan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, antara lain:

  1. Menggunakan bahasa yang formal, sopan, dan sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan).
  2. Mancuntumkan informasi penting seperti tanggal, perihal, lampiran, alamat tujuan, dan salam pembuka.
  3. Menyebutkan sumber informasi lowongan pekerjaan yang Anda dapatkan, misalnya dari website, media sosial, koran, atau teman.
  4. Mencantumkan posisi atau jabatan yang Anda lamar sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh PT.
  5. Memberikan informasi data diri singkat seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan email.
  6. Menyebutkan pendidikan terakhir dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  7. Menyertakan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki seperti mengoperasikan komputer, berbahasa asing, bekerja dalam tim, atau lainnya.
  8. Menjelaskan alasan dan motivasi melamar pekerjaan di PT tersebut serta harapan dan tujuan karir di masa depan.
  9. Menyatakan kesediaan untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan menyertakan nomor telepon atau email yang aktif.
  10. Memberikan lampiran-lampiran yang disertakan seperti curriculum vitae (CV), fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi sertifikat keahlian (jika ada), pas foto 4×6 berwarna terbaru, dan surat keterangan sehat dari dokter (jika perusahaan memintanya).
  11. Menulis salam penutup dan tanda tangan di bawah nama lengkap.

Baca juga: 12 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Benar

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Berikut ini adalah berbagai surat lamaran kerja PT yang dapat Anda jadikan referensi dalam membuat surat lamaran.

Anda bisa menyesuaikan contoh yang Anda dengan tujuan lamaran Anda seperti perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh berkas contoh di bawah ini untuk membantu Anda membuat surat lamaran dengan mudah.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Lulusan SMK

Sebagai lulusan SMK, beberapa orang mengalami kesulitan dalam membuat lamaran kerja di PT. Biasanya, salah satunya penyebabnya adalah masih kurang memiliki pengalaman profesional.

Jangan khawatir, berikut adalah contoh surat lamaran kerja untuk posisi karyawan yang lulusan SMK.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan
Sumber: Evermos.com

LINK DOWNLOAD

Baca juga: 4 Contoh Surat Lamaran Kerja Online yang Tembus HRD 

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan yang Baik dan Benar

Membuat surat lamaran kerja, perlu sistematika yang sangat jelas dan terstruktur. Berikut contoh lainnya yang bisa Anda gunakan.

Yth. Bapak/Ibu HRD,
PT. Bumi Sejahtera
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Sekar Maulida
Alamat: Jalan Bukittinggi – Padang, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Padang. 
Tanggal Lahir: 19 Januari 1998
Jenis Kelamin: Perempuan

Dengan surat ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja di PT Bumi Sejahtera untuk posisi karyawan divisi pemasaran. Saya mengetahui bahwa PT Bumi Sejahtera sedang membuka lowongan yang saya lamar tersebut dari LinkedIn.

Saya adalah karyawan lulusan SMA yang telah memiliki pengalaman kerja di bidang pemasaran selama 3 bulan masa magang. Pengalaman kerja yang saya miliki dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan Bapak/Ibu.

Saya dapat bekerja dalam tim dengan baik dan mampu bekerja sesuai tujuan dan ketentuannya yang diberikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, saya meyakini bahwa saya adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan:

  1. Curriculum Vitae (CV);
  2. Fotokopi KTP;
  3. Fotokopi Ijazah terakhir;
  4. Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Semoga Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan lamaran saya.

Bersamaan dengan ini, saya sampaikan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. 

Hormat saya,
Sekar Maulida

LINK DOWNLOAD

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Tulis Tangan 

Menulis surat lamaran kerja dengan tangan memberikan sentuhan pribadi yang bisa menunjukkan keaslian dan keseriusan Anda.

Namun, pastikan bahwa tulisan tangan Anda rapi dan mudah dibaca. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan dengan tulis tangan:

Contoh Surat Lamaran Lerja di PT Sebagai Karyawan
Sumber: blog.evermos.com

Ingatlah bahwa penulisan tangan memerlukan keterampilan yang baik agar surat yang Anda tulis tampak profesional dan mudah dibaca. Jadi, jika Anda tidak yakin dengan tulisan tangan Anda, mungkin lebih baik untuk mengetik surat lamaran Anda.

LINK DOWNLOAD

4. Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan Swasta

Pada umumnya, melamar di perusahaan negeri ataupun swasta tidak jauh berbeda dari aspek format surat lamarannya. Namun, terdapat beberapa poin yang perlu Anda garis bawahi pada lamaran pekerjaan di perusahaan swasta.

Berikut ini contoh format lamaran kerja di perusahaan swasta. Anda bisa mengunduh contoh berikut pada link di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan
Sumber: Evermos.com

LINK DOWNLOAD

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Karyawan yang Belum Berpengalaman 

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan belum berpengalaman yang dapat Anda gunakan untuk melamar pekerjaan sebagai karyawan:

(Nama Anda)
(Alamat Anda)
(Tgl Lahir, Jenis Kelamin)
Personalia PT (Nama Perusahaan),
(Alamat Perusahaan)
(Tgl Lahir, Jenis Kelamin)

Yth. Bapak/Ibu HRD,

Dengan hormat,

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: (Nama Anda)
Alamat: (Alamat Anda)
Tanggal Lahir: (Tanggal Lahir Anda)
Jenis Kelamin: (Jenis Kelamin Anda)

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja di PT (Nama Perusahaan) untuk posisi (posisi yang Anda lamar). Saya mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut dari (sumber informasi).

Meskipun saya baru lulus dari (sebutkan pendidikan Anda, misalnya SMA/SMK/S1) dan belum memiliki pengalaman kerja, saya memiliki motivasi tinggi untuk belajar dan berkontribusi dalam tim di PT (Nama Perusahaan).

Selama masa pendidikan, saya telah mendapatkan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan posisi yang saya lamar ini, seperti (sebutkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan).

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan:

  • Curriculum Vitae (CV);
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi Ijazah terakhir;
  • Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Semoga Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan lamaran saya.

Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan. 

Hormat saya,

(Nama Anda)

Untuk individu yang belum berpengalaman, penting untuk menekankan motivasi, keterampilan, dan pengetahuan yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Jelaskan bagaimana Anda dapat memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan tersebut untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan.

LINK DOWNLOAD

6. Contoh Surat Lamaran Lerja di PT Sebagai Karyawan Lulusan SMA

Contoh Surat Lamaran Lerja di PT Sebagai Karyawan Lulusan SMA
Sumber: scribd.com

DOWNLOAD PDF

Cara Mendapatkan Penghasilan Mudah Tanpa Modal 

Demikianlah contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan. Selain mempersiapkan surat lamaran yang benar, persiapkan diri Anda untuk tahap seleksi selanjutnya, ya!

Semoga dengan panduan pada artikel ini, dapat membantu dan menghantarkan Anda kepada pekerjaan dan perusahaan impian Anda.

Namun, apabila Anda memerlukan tambahan penghasilan tanpa mencari lowongan di berbagai perusahaan, Anda dapat memanfaatkan platform berbisnis tanpa modal yang satu ini.

Evermos hadir sebagai platform digital yang membantu Anda menjadi reseller dan menemukan berbagai supplier barang berkualitas di aplikasi Evermos.

Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan adalah berbisnis tanpa modal yang besar. Apabila Anda tertarik, silakan langsung daftar gratis dengan klik tombol di bawah ini ya!

Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk baca informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)