Hukum Menikah di Bulan Ruwah Menurut Islam dan Jawa, Apakah Boleh? 

Dalam Islam, ada beberapa perdebatan mengenai hukum menikah di bulan tertentu pada kalender Hijriah, seperti misalnya hukum menikah di bulan Ruwah menurut Islam yang sering ditanyakan. 

Bulan Ruwah merupakan bulan kedelapan di kalender Jawa, yang disebut juga bulan Syaban. 

Nah, kebetulan saat ini kita sudah memasuki bulan Syaban 1445 H. Sebagai bulan yang penuh kemuliaan bulan ini kerap dijadikan bulan menikah oleh sebagian besar umat Islami. 

Namun, sebenarnya apa sih hukum menikah di bulan Syaban atau bulan Ruwah menurut Islam? 

Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa simak artikel ini karena akan mengulas mengenai menikah di bulan Syaban menurut Islam hingga menurut Jawa. 

Baca juga: Keistimewaan Anak yang Lahir di Bulan Syaban

Apakah Bulan Syaban Bagus untuk Menikah? 

menikah di bulan ruwah menurut islam
Sumber: canva.com

Bulan Syaban penuh dengan kemuliaan dan keutamaan, sehingga tentu saja bulan Syaban bagus untuk menikah. Namun, apa hukum menikah di bulan Ruwah menurut Islam dan Jawa? 

Hukum Menikah di Bulan Ruwah Menurut Islam 

Menurut Syekh Abdel Khaliq Hasan Ash-Shareef, menikah di bulan Syaban menurut Islam hukumnya boleh. Sebab, tak ada bulan yang dilarang untuk menikah dalam Islam. 

Beliau menyampaikan, “Dalam Islam, dibolehkan menikah di bulan apapun dalam setahun dan tak ada keutamaan satu bulan di atas bulan lainnya dalam hal melangsungkan pernikahan.”



Rasulullah SAW sendiri disebutkan melangsungkan dua pernikahan pada bulan Sya’ban. 

Namun, yang perlu diwaspadai adalah lalainya seorang pasangan yang akan menikah dalam melaksanakan puasa di hari-hari Ramadhan. 

Untuk itu, apabila kamu ingin melangsungkan pernikahan di bulan Syaban atau bulan Ruwah, maka tetap istiqomah untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan sebagai pengantin baru. 

Baca juga: Telah Memasuki Bulan Syaban, Mari Amalkan Doa Bulan Syaban 1445 H. 

Hukum Menikah di Bulan Ruwah Menurut Jawa 

Selain hukum menikah di bulan Ruwah menurut Islam, juga ada ketentuan bagi orang Jawa yang menikah pada bulan yang kerap disebut sebagai bulan Ruwah ini. 

Menurut Primbon Jawa, menikah di bulan Ruwah atau Syaban diperbolehkan dan termasuk waktu yang baik untuk melangsungkan pernikahan. 

Bagi kepercayaan Jawa, pasangan yang menikah di bulan Syaban akan memperoleh keselamatan, ketenangan batin hingga dilindungi dari berbagai ancaman. 

Ancaman ini khususnya bersumber dari luar, yakni pihak-pihak yang memiliki sifat iri dan berniat untuk mengganggu kedamaian serta kebahagiaan rumah tangga pasangan baru tersebut. 

Keutamaan Bulan Syaban Dibandingkan dengan Bulan Mulia Lainnya

Itulah penjelasan mengenai hukum menikah di bulan Ruwah atau Syaban menurut Islam dan Jawa. Selain mengetahui hukum menikah, kamu juga perlu tahu apa saja keistimewaan lainnya dari Syaban: 

  1. Bulan Syaban adalah bulan diturunkannya perintah sholat untuk pertama kalinya. 
  2. Bulan diangkatnya amal ibadah setiap manusia kepada Allah SWT. 
  3. Sebagai pelengkap bagi ibadah-ibadah lainnya. 
  4. Bulan yang memberikan ruang bagi manusia untuk menyirami amal sholeh. 
  5. Bulan diantara dua bulan yang mulia, yakni Rajab dan Ramadhan. 
  6. Bulan yang digunakan untuk memperbanyak puasa sunnah. 
  7. Sebagai bulan persiapan umat muslim dalam menyambut Ramadhan. 

Untuk mengetahui penjelasan dari berbagai keutamaan di atas, yuk baca disini: 7 Keutamaan Bulan Syaban dan Amalannya, Muslim Wajib Tahu! 

Doa di Bulan Syaban Menjelang Ramadhan

Di bulan Syaban, selain baik untuk melangsungkan pernikahan hingga berpuasa, umat Muslim juga dianjurkan untuk memanjatkan doa bulan Syaban

Doa ini mencakup doa agar diberikan keberkahan di bulan Syaban dan dipertemukan kepada bulan Ramadhan. Berikut bacaan doa yang bisa kamu amalkan: 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fi Rajaba wa Syabana wa ballighna Ramadhana.

Artinya: “Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syaban. Sampaikan kami dengan bulan Ramadhan.”

Demikianlah ulasan mengenai hukum menikah di bulan Ruwal atau Syaban menurut Islam dan Jawa, keutamaan bulan Syaban hingga bacaan doa di bulan Syaban penuh berkah. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu meningkatkan amal ibadah di bulan Syaban!

Jika kamu tertarik untuk membaca informasi lainnya, yuk kunjungi Blog Evermos

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)