7 Keutamaan Bulan Syaban dan Amalannya, Muslim Wajib Tahu!

Keutamaan bulan Syaban dan amalannya wajib diketahui oleh umat Muslim agar tidak rugi. Sebab, bulan ini juga dijuluki sebagai bulan menyirami tanaman.

Maksudnya bulan menyirami tanaman ini adalah bulan yang mana setiap Muslim dapat memperbanyak amal ibadahnya dengan ganjaran yang tidak terhingga.

Pada tahun 2024 ini, bulan Syaban 1445 H jatuh pada Minggu, 11 Februari 2024.

Sudah tahu apa saja keutamaan bulan Syaban dan amalannya? Jika belum, mari simak disini!

Keutamaan Bulan Syaban dalam Islam

Keutamaan Bulan Syaban
Sumber: canva.com

Adapun beberapa keutamaan Bulan Syaban yang mesti kita ketahui agar dapat memanfaatkan momentum sebaik mungkin yaitu sebagai berikut,

1. Bulan untuk Memperbanyak Puasa Sunnah

Rasulullah SAW mencontohkan amalan paling baik dalam bulan Sya’ban adalah dengan memperbanyak puasa.

Dalam sebuah riwayat Hadist Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Aisyah, beliau berkata, 

Aku tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali pada Bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam satu bulan yang lebih banyak daripada puasa pada Bulan Sya’ban.”

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Bulan Syaban dan Keutamaan Melaksanakannya.



2. Pelengkap Bagi Ibadah Lainnya

Keutamaan bulan Syaban yang selanjutnya yaitu sebagai pelengkap ibadah-ibadah lainnya termasuk kekurangan pada bulan Ramadhan nanti.

Seperti yang disampaikan para ulama salaf bahwa hikmah dari kebiasaan Rasulullah SAW puasa sunnah di bulan Syaban dari puasa wajib Ramadhan sama dengan kedudukan sholat sunnah Qobliyah bagi sholat wajib.

Baca juga: Urutan Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban dan Artinya, Yuk Amalkan!

3. Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan Syaban begitu dekat dengan Bulan Ramadhan. Jelang Ramadhan umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan amal shalih untuk mendapatkan pahala yang banyak di sisi Allah SWT.

Salafus shalih atau ulama terdahulu sudah melakukan tarhib atau penyambutan Ramadhan dengan memperbanyak amalan shalih pada bulan sebelumnya yaitu Rajab dan Syaban.

Imam Abu Bakr Al-Balkhi rahimahullah pernah mengatakan,

شَهْرُ رَجَب شَهْرُ الزَّرْعِ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سُقْيِ الزَّرْعِ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حَصَادِ الزَّرْعِ

Artinya: “Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen tanaman.”

Kemudian, Beliau Rahimahullah juga mengatakan,

مَثَلُ شَهْرِ رَجَبٍ كَالرِّيْحِ، وَمَثُل شَعْبَانَ مَثَلُ الْغَيْمِ، وَمَثَلُ رَمَضَانَ مَثَلُ اْلمطَرِ، وَمَنْ لَمْ يَزْرَعْ وَيَغْرِسْ فِيْ رَجَبٍ، وَلَمْ يَسْقِ فِيْ شَعْبَانَ فَكَيْفَ يُرِيْدُ أَنْ يَحْصِدَ فِيْ رَمَضَانَ.

“Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Sya’ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadhan seperti hujan. Barangsiapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban bagaimana mungkin dia akan memanen hasilnya di bulan Ramadhan.” (Lathaiful-Ma’arif, karya Ibnu Rajab, hal. 130).

4. Bulan Menyirami Amal Sholeh

Bulan Syaban dianggap sebagai bulan yang mana umat Muslim menyirami tanaman amal sholeh yang nantinya akan membuahkan takwa pada bulan Ramadhan.

Seperti ucapan Abu Bakar Al-Balkhi, yaitu: “Bulan Rajab merupakan bulan menanam, bulan Syaban adalah bulan menyirami tanaman, dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen hasil tanaman.”

5. Bulan Diangkatkan Amal Ibadah Kepada Allah

Keutamaan Bulan Syaban lainnya adalah terdapat momentum di angkatnya catatan amal perbuatan seluruh manusia dari malaikat ke Allah SWT. Seperti dalam sebuah hadits berikut:

أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: Usamah bin Zaid dia berkata; Aku bertanya;  “Wahai Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan sebagaimana engkau berpuasa di bulan Sya’ban?” Beliau bersabda: “Itulah bulan yang manusia lalai darinya; -ia bulan yang berada- di antara bulan Rajab dan Ramadlan, yaitu bulan yang berisikan berbagai amal, perbuatan diangkat kepada Rabb semesta alam, aku senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (Nasai 2317), Shahih.

6. Bulan Diantara Dua Bulan Mulia

Keutamaan bulan Syaban berikutnya yaitu bulan ini diapit oleh dua bulan yang mulia, yaitu bulan Rajab dan bulan Ramadhan.

Namun, sayangnya bulan Syaban ini sering terlupakan oleh umat Muslim. Seperti sabda Rasulullah SAW,

“Bulan Syaban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan.” (H.R. Abu Dawud dan Nasa’i)

7. Bulan Diturunkannya Perintah Bersholawat

Keutamaan bulan Syaban dibandingkan dengan bulan mulia lainnya yaitu bahwa bulan ini adalah bulan diturunkannya perintah kepada umat Islam untuk bersholawat kepada Nabi.

Sebagaimana turunnya surat Al-Ahzab ayat 56, berikut ini:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab:56)

Perintah untuk bershawalat juga di perkuat dengan mengutip pendapat dari ulama shalih, Imam Abu Daif Al-Yamani dan Imam Syihabuddin Al-Qastilani yang menyatakan bahwa,

“Sesungguhnya bulan sya’ban ialah bulan shalawat, karena ayat tersebut turun di bulan itu (Sya’ban)”.

Baca juga: 10 Bacaan Sholawat Nabi Pendek Tapi Dahsyat dan Berkhasiat.

Keutamaan Bulan Syaban dan Amalannya

Keutamaan Bulan Syaban
Sumber: Canva.com

Dengan banyaknya keutamaan bulan Syaban di atas, tentu juga banyak amalan yang bisa kita kerjakan sebagai umat Muslim pada bulan ini.

Berikut adalah beberapa amalan bulan Syaban yang dapat kita kerjakan:

  1. Membaca Sholawat Nabi.
  2. Menunaikan Puasa Syaban.
  3. Memperbanyak Doa di Bulan Syaban.
  4. Memperbanyak Dzikir dan Bersyahadat.
  5. Menunaikan Shalat Malam dan Tahajud.
  6. Membaca Surat Yasin Sebanyak Tiga Kali.

Jika ingin tahu penjelasan mengenai keenam amalan di atas, kamu dapat membacanya disini: Amalan Nisfu Syaban Sesuai Sunnah untuk Pengampun Dosa.

Sekian artikel mengenai keutamaan Bulan Syaban, semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui keutamaan Bulan Syaban.

Untuk membaca artikel informatif dan menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)