Telah Memasuki Bulan Syaban, Mari Amalkan Doa Bulan Syaban 1442 Hijriah Berikut Ini

Doa Bulan Syaban

Pada tahun ini, bulan Syaban bertepatan pada hari Senin, 15 Maret 2021. Syaban merupakan salah satu dari empat bulan haram yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan. Sebagai umat muslim, hendaknya kita memanjatkan doa bulan Syaban agar senantiasa mendapat rahmat dari Allah.

Dinamakan bulan haram karena pada bulan tersebut Allah SWT melarang seluruh hamba-Nya berbuat dosa atau melakukan hal yang dinilai haram secara syariat Islam.

Bulan syaban sangat dekat dengan bulan suci Ramadan. Umat Islam dianjurkan untuk memohon panjang umur kepada Allah SWT agar dapat mengalami Bulan Ramadhan, yaitu bulan kemuliaan.

Syaban juga merupakan pintu gerbang menuju bulan suci Ramadan. Oleh karena itu, pada bulan yang mulia ini, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dengan membaca shalawat, istighfar, sedekah dan puasa, dan sholat sunah.

Nah, adapun doa bulan syaban yang dapat Anda panjatkan, simak ulasannya pada penjelasan berikut ini.

Baca juga: Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT | Dari Al-Fatihah Hingga Doa Hajat

Doa Bulan Syaban

Doa Bulan Syaban

Sumber: shutterstock.com

Ketika memasuki bulan syaban, hendaknya kita memanjatkan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahlilhu ‘alayna bil amni wal imani wassalamati wal islami, Robbi wa RobbukAllahu, hilala rusydin wa khoirin.

Artinya: “Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi)

Adapula doa lain yang bisa Anda amalkan yaitu:

اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان وحصل مقاصدنا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya’bana, wa ballighna romadhona wa hashshil maqoshidana, bi rohmatika ya Arhamar Rohimin.

Artinya: “Ya Allah, Berkahkanlah kami di bulan rajab dan sya’ban ini, sampaikanlah kami pada bulan ramadhan, dan hasilkanlah maksud maksud kami, dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

Ada rekomendasi produk Al-Qur’an yang dapat Anda miliki untuk memudahkan dalam membaca Al-Qur’an maupun menghafalnya.

Bagi Anda yang ingin memiliki produk ini, silahkan klik di bawah ini untuk bergabung menjadi reseller.

Jadi Reseller Gratis

 

Amalan Doa Lainnya

Umat muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat 12 rakaat. Anjuran itu seperti tertuang dalam Kitab Nuzhatul Majalis wa Muntakhabunnafa`is, karya Syeikh Abdurrahman Ashshofuri, halaman 182 dan Kitab Latha`ifuththaharah wa Asrarishshalat, karya Syeikh Sholeh Darat Semarang, halaman 88.

بَابُ فَضْلِ شَعْبَانَ وَفَضْلِ صَلَاةِ التَّسَابِيْحِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى أَوَّلَ لَيْلَةٍ مِنْ شَعْبَانَ اِثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُوْلَى فَاتِحَةَ الْكِتَابِ مَرَّةً وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ خَمْسَ مَرَّاتٍ أَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى ثَوَابَ اثْنَيْ عَشَرَ أَلْفَ شَهِيْدٍ وَكُتِبَ لَهُ ثَوَابُ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ سَنَةً وَخَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ وَلَا يُكْتَبُ عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ إِلَى ثَمَانِيْنَ يَوْمًا ذكره النسفي

Artinya: “Dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam : Barang siapa mengerjakan shalat 12 rakaat pada awal malam bulan Sya’ban. Dia membaca pada rakaat pertama :

  • Surat Al Fatihah satu kali
  • Surat Qulhuwallaahu Ahad lima kali

Maka Allah akan memberinya pahala 12.000 orang mati syahid, ditulis untuknya pahala 12 tahun, dan dia keluar dari dosanya bagaikan hari di mana dia dilahirkan oleh ibunya, dan tidak ditulis untuknya satu kesalahanpun sampai 80 hari.”

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Lengkap Dengan Arti Serta Manfaatnya

Tidak Boleh Berbuat Maksiat

Doa Bulan Syaban

Sumber: shutterstock.com

Dalam bulan-bulan Haram itu, umat Muslim mendapat perintah untuk tidak berbuat aniaya terhadap diri sendiri, karena dalam bulan-bulan Haram itu sanksi berbuat dosa jauh lebih berat daripada dalam hari-hari lainnya.

Sebagai­mana perbuatan maksiat yang dilakukan di dalam Kota Suci Mekah, akan mendapatkan dosa yang berlipat ganda, sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

وَمَنْ يُرِدْ فِيهِ بِإِلْحَادٍ بِظُلْمٍ نُذِقْهُ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

Artinya: “dan siapa yang dimaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya Kami akan rasakan kepadanya sebagian siksa yang pedih. (Al-Hajj: 25)

Demikian pula dalam bulan suci, perbuatan dosa akan lebih berat sanksinya. Karena itulah dalam mazhab Imam Syafii dan segolongan ulama menyebutkan bahwa hukuman diat lebih berat dalam bulan itu.

Sebagai­mana diat lebih berat pula terhadap orang yang melakukan pembunuhan di dalam Tanah Suci atau membunuh orang yang sedang ihram.

Rekomendasi Peralatan Ibadah yang Tersedia di Evermos

Doa Bulan Syaban

Untuk menunjang peribadahan Anda, terdapat mukena dengan bahan kualitas terbaik yang tersedia di Evermos.

Mukena ini tersedia dengan berbagai model dan warna yang menarik sehingga dapat Anda pilih sesuai dengan favorit Anda.

Bukankah saat beribadah perlu dengan kekhusyuan yang totalitas? Salah satu cara untuk dapat khusyu yaitu dengan menggunakan peralatan ibadah yang nyaman.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan atau menjual produk mukena ini, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos dan bisa langsung mulai berjualan. Dengan cara klik di bawah ini!

mulai jualan sekarang

Nah, itulah informasi mengenai doa bulan syaban yang dapat Anda ketahui.

Selamat mengamalkan doa tersebut agar mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Boleh share artikel ini agar yang lain juga mendapat kebermanfaatan.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs blog Evermos. 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×