Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan dan Tata Caranya 

Mandi dan keramas sebelum puasa adalah salah satu persiapan menyambut bulan Ramadhan 2024 yang kerap dilakukan umat Islam. Apakah kamu sudah tahu doa niat mandi keramas sebelum puasa Ramadhan dan tata caranya?

Jika belum tahu bacaan niat dan doanya, kamu bisa simak artikel ini karena akan mengulas seputar mandi dan keramas untuk menyambut bulan Ramadhan. 

Dengan melaksanakan mandi keramas sebelum puasa Ramadhan yang disfertai bacaan doa dan niat berikut, kita menjadi lebih yakin akan kebersihan diri dari berbagai bentuk najis yang dapat membatalkan puasa. 

Baca juga: Bacaan Doa Menyambut Bulan Ramadhan Arab dan Artinya. 

Hukum Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan

Dalam Islam, melaksanakan mandi keramas sebelum bulan Ramadhan hukumnya tidaklah wajib, melainkan sunnah. Sebab mandi wajib menjelang bulan Ramadhan ini tidak termasuk pada rukun Islam. 

Adapun mandi wajib ini diharuskan bagi orang yang memiliki hadas besar dan hendak beribadah yang memiliki syarat seperti shalat lima waktu dan tawaf. Sedangkan puasa tidak termasuk pada syarat tersebut. 

Hal ini seperti yang tercantum dalam kitab al-Mausu’atul Fiqhiyyah, berikut ini: 

يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل. فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ.

Artinya, “Orang yang memiliki hadats junub (hadats besar), sah melaksanakan puasa meski ia belum sempat mandi besar sampai pagi puasa. Siti ‘Aisyah dan Ummu Salamah pernah berkata, ‘Kami melihat Nabi Muhammad saw pagi-pagi masih memiliki hadas junub yang bukan karena mimpi basah, lalu beliau mandi besar dan tetap melaksanakan puasa.” 

Baca juga: Perhatikan! Penuhi Syarat Wajib Puasa Ini Agar Puasa Diterima.



Doa dan Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan 2024

doa niat mandi keramas sebelum puasa ramadhan
Sumber: canva.com

Mandi keramas sebelum puasa Ramadhan sebetulnya sama dengan mandi besar atau mandi junub yang biasa kita lakukan untuk menyucikan diri dari hadas dan najis. 

Sehingga, niat dan doanya pun sama dengan mandi keramas sebelum puasa Ramadhan. Berikut bacaannya: 

1. Bacaan Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan 

Niat mandi keramas sebelum puasa Ramadhan ini dibaca ketika pertama kali membasuh air ke tubuh saat mandi wajib. Berikut bacaan keramas mau puasa Arab, Latin dan artinya:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الاَ كَبَرِ فَرْضًا للهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala” adalah niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar. 

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar, fardhu karena Allah Ta’ala”

2. Bacaan Doa Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan 

Apabila niat mandi keramas dibaca pada tahapan pertama, maka doa mandi keramas berikut ini dapat kamu baca setelah menyelenggarakan seluruh tata cara mandi keramas menjelang puasa Ramadhan. 

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, wajalni minal mutathahirrina.

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan utusanNya.”

Baca juga: Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan untuk Sebulan Penuh Simak di Sini!

Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan 2024

Setelah mengetahui hukum, doa dan niat mandi keramas sebelum puasa Ramadhan, seorang Muslim tentu juga perlu memahami tata cara mandi keramas yang benar. Berikut tahapan yang dapat kamu praktekkan:

  1. Membaca niat mandi keramas menjelang puasa Ramadhan. 
  2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali. 
  3. Membasuh bagian tubuh yang tersembunyi dengan tangan kiri. 
  4. Bersuci atau berwudhu. 
  5. Membasahi kepala hingga kulitnya dengan air yang dari telapak tangan. 
  6. Membasahi sekujur tubuh yang dari tubuh sisi kanan kemudian sisi kiri masing-masing sebanyak 3 kali.  
  7. Membaca doa sesudah mandi keramas menjelang puasa Ramadhan. 

Itulah ulasan mengenai doa niat mandi keramas sebelum puasa Ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah!

Untuk membaca informasi menarik lainnya terutama mengenai Ramadhan, kamu bisa kunjungi blog Evermos

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)