Hukum Melaksanakan Akikah dan Kurban Adalah? Begini Penjelasannya!

Dalam Islam, akikah dan kurban merupakan dua dari berbagai momen sakral dan penting yang dijalankan oleh umat muslim. Hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah sunnah, namun dengan berbagai syarat dan sebab. 

Adapun tujuan hukum pada ritual Islam adalah sebagai acuan untuk mengatur perilaku individu dalam masyarakat, mendekatkan diri pada Allah SWT, hingga membangun manusia yang adil serta bermoral. 

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui pandangan hukum Islam dalam melaksanakan akikah dan kurban, hingga penjelasan mengenai pelaksanaan akikah dan kurban secara bersamaan. 

Sebab akikah dan kurban adalah dua jenis ibadah yang berkaitan dengan penyembelihan hewan ternak dalam Islam, namun memiliki tujuan dan ketentuan yang jauh berbeda. Simak informasi berikut untuk tahu lebih lanjut. 

Baca juga: Kini Hadir di Evermos. Inilah Program dan Tata Cara Qurban Online yang Praktis! 

Pengertian Aqiqah dan Kurban 

hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah
Sumber: freepik.com

Pengertian Akikah 

Menurut bahasa Arab, akikah atau aqiqah berasal dari kata ‘aqqa’ yang berarti memotong. Sedangkan dalam konteks syariat, aqiqah adalah ibadah sunnah yang dilakukan oleh orangtua ketika anaknya baru lahir. 

Ritual agama ini dilakukan dengan mencukur rambut anak, memberi nama, hingga memberikan hadiah berupa sembelihan hewan ternak domba atau kambing. 

Adapun syarat dari akikah menurut Nabi Muhammad SAW yaitu menyembelih hewan yang sehat dan tidak cacat. 

Pengertian Kurban 

Kurban atau qurban merupakan ritual menyembelih hewan ternak seperti sapi, kerbau, unta, ataupun kambing yang dilakukan sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT.

Pelaksanaan kurban hanya dapat dilakukan pada waktu yang ditentukan, seperti pada perayaan Hari Raya Idul Adha, dengan syarat serta ketentuan, seperti hewan yang sehat dan tidak memiliki kecacatan. 

Baca juga: Kumpulan 5 Doa Aqiqah dan Doa Untuk Kelahiran Bayi Terlengkap

Hukum Melaksanakan Akikah dan Kurban adalah Sunnah, Begini Penjelasannya

hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah
Sumber: freepik.com

Berbicara mengenai hukum melaksanakan kurban adalah sunnah bagi yang mempunyai hajat dan mampu. Berikut merupakan ketentuan dari berkurban: 

  • Hewan yang menjadi sembelihan untuk kurban merupakan hewan ternah unta, sapi, kerbau, atau domba. 
  • Jumlah hewan sembelih bergantung pada jenis hewannya. Sapi dan unta cukup satu ekor untuk 7 orang, sedangkan kambing dan domba cukup satu ekor untuk satu orang. 
  • Hewan yang akan menjadi kurban harus sehat dan tidak memiliki kecacatan. 
  • Harus membagi dan memberikan daging kurban yang mentah kepada kerabat, tetangga, saudara, hingga fakir miskin. 
  • Keluarga yang berkurban boleh mengonsumsi daging yang ia kurbankan. 

Adapun hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkad atau sunnah yang menjadi anjuran. Namun, juga terdapat ulama yang berpendapat bahwa hukum akikah untuk anak laki-laki adalah wajib. 

Hukum akikah sebagai ‘sunnah muakkad’ juga berdasarkan hadist Nabi SAW yaitu, “Setiap anak tergadai dengan akikahnya, maka hendaklah disembelihkan untunya pada hari ketujuh, mencukur rambutnya, dan memberi ia nama,” (HR. Ibu Majah).

Berikut merupakan ketentuan dari pelaksanaan aqiqah dalam Islam: 

  • Jumlah hewan yang menjadi sembelihan untuk anak laki-laki adalah dua ekor, sedangkan untuk perempuan adalah satu ekor saja. 
  • Hewan tersebut tidak boleh sakit dan cacat. 
  • Membagikan daging akikah dalam bentuk sudah masak kepada kerabat, tentangga, saudara, hingga fakir miskin. 
  • Keluarga yang melakukan akikah boleh memakan daging tersebut. 

Jadi apabila tidak mampu untuk melaksanakannya, maka tidak ada dosa yang seseorang dapatkan. 

Sehingga kesimpulan dari penjelasan di atas, hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah sunnah muakkad.

Baca juga: Rasakan Beragam Keuntungan Mudahnya Berkurban

Hukum Melaksanakan Akikah dan Kurban Adalah Tidak Boleh Jika Bersamaan, Ini Penjelasannya

hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah
Sumber: pexels.com

Dalam Islam, hukum melaksanakan akikah dan kurban memang sunnah, namun bagaimana hukumnya jika aqiqah dan qurban pelaksanaannya dalam satu waktu bersamaan? Apa boleh menggabungkan niat akikah dan qurban pada satu hewan sembelihan? 

Menurut ulama Imam Malik, Imam Ahmad, Ibnu Sirin, dan Imam Syafi’i, menggabungkan sembelihan antara akikah dan kurban adalah terlarang atau tidak boleh untuk dikerjakan. 

Sebab kedua ritual agama tersebut memiliki tujuan dan syarat yang berbeda. 

Seperti penjelasan di atas, bahwa akikah merupakan ibadah yang berkaitan dengan menyambut kelahiran anak, sedangkan kurban menjadi suatu ibadah yang berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha sekaligus pengingat kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. 

Selain itu, pelaksanaan akikah adalah pada hari ketujuh setelah lahirnya sang anak, yang mana kelahiran anak tidak selalu pada hari yang sama dengan hari Idul Adha yaitu pada tanggal 10 hingga 13 Zulhijjah. 

Oleh sebab itu, hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah tidak boleh jika waktunya secara bersamanaan, karena akan menghilangkan kekhususan masing-masing ibadah.  

Selain itu, dengan menggabungkan keduanya, maka akan mengurasi pahala serta manfaat dari keduanya. 

Namun, juga terdapat ulama yang berpendapat bahwa kedua ibadah tersebut boleh menggabungkannya. Sebab keduanya memiliki kesamanaan penyembelihan hewan dengan tujuan ibadah. 

Selain itu, menggabungkan akikah dan kurban juga dapat menghemat biaya dan waktu. Menurut mereka, penggabungan akikah dan kurban tidak akan menghilangkan kekhususan masing-masing ibadah.

Menyempurnakan Ibadah Kurban Bersama Program Kurban Evermos

Dengan memahami betapa pentingnya hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah sunnah dalam Islam, kita dapat lebih menghargai makna dan nilai di balik ritual-ritual ini. 

Melakukan kurban tidak hanya berarti menyembelih hewan tetapi juga membagikan kasih sayang dan berbagi berkah dengan yang membutuhkan. 

Apabila Anda sedang mencari cara praktis dan amanah untuk melaksanakan ibadah kurban, Evermos menawarkan solusi terbaik. Evermos, platform e-commerce berbasis syariah di Indonesia, memiliki program kurban tahun 2023 yang sangat terpercaya. 

Melalui program ini, Anda dapat memilih hewan kurban, dan Evermos akan mengurus proses penyembelihan dan pendistribusian daging kurban kepada yang berhak menerimanya.

Evermos menghadirkan solusi yang memudahkan umat Muslim dalam menjalankan ibadah kurban dengan tulus dan penuh rasa syukur. Jadikan setiap momen kurban Anda berkesan dan berdampak luas dengan melibatkan diri dalam program kurban Evermos. 

Jadikan ibadah Anda menjadi kebaikan yang terus berlanjut dan meninggalkan jejak positif bagi banyak orang. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan membalas setiap amal baik kita. Amin.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)