Kumpulan 5 Doa Aqiqah dan Doa Untuk Kelahiran Bayi Terlengkap

Aqiqah adalah ibadah yang dilakukan Ketika anak baru lahir sebagai wujud rasa syukur pada Allah SWT. Untuk itu, tentunya ada beberapa doa yang harus dipanjatkan saat pelaksanaannya. Apa saja itu? Mari langsung kita simak kumpulan doa aqiqah berikut ini.

1. Apa itu Aqiqah

doa aqiqah
sumber : shutterstock.com

Aqiqah dilambangkan dengan penyembelihan hewan ternak dan dibagikan pada tetangga serta kerabat terdekat. Prosesi ini dinilai sebagai bentuk rasa syukur pada Allah SWT dan untuk memangkas sifat hewani pada anak secara dini. Selain penyembelihan hewan, pada aqiqah juga dilakukan prosesi pencukuran rambut bayi.

2. Hukum aqiqah

Bagaimanakah hukum pelaksanaan dari Aqiqah ini? Hukum melaksanakannya sesuai dengan pendapat mayoritas ulama seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad yakni sunah muakkad. Sunah muakkad berarti diutamakan bagi orang yang mampu.

Jadi, orang yang mampu memiliki anjuran untuk bisa melaksanakannya sesuai ketentuan waktu yang ada. Ibadah ini sunnahnya adalah kepada ayah atau wali orang tua untuk anaknya.

3. Ketentuan Pelaksanaan Aqiqah

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk pelaksanaan acara syukuran ini? Pelaksanaan aqiqah adalah pada hari ketujuh sejak bayi dilahirkan. Jika bayi lahir pada hari Sabtu, maka proses aqiqah berlangsung pada Jumat pekan depan.

Namun, sunah aqiqah ini tidak gugur meski sudah lewat dari tujuh hari pertama sejak bayi lahir. Menurut pendapat ulama Hambali, jika Anda tidak bisa melaksanakan aqiqah pada hari ke tujuh, maka pelaksanaannya bisa pada hari ke-14 dan ke-21.

Hal ini sebagaimana hadist Riwayat baihaqi dan Thabrani yang menyatakan : “Aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, ke-14, atau ke-21.” (Hadis riwayat Baihaqi dan Thabrani)

Ada dalil lain dari ulama Syafi’I yang mengatakan bahwa aqiqah dapat dikerjakan kapanpun, asal anak belum memasuki masa baligh.

Jika anak sudah memasuki masa baligh, maka tanggung jawab aqiqah pada orang tua pun menjadi gugur, dan anak dapat melakukannya untuk dirinya sendiri dan jatuhnya menjadi sedekah.

Untuk lebih jelasnya mengenai prosesi aqiqah dan bacaan doa aqiqah, mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Jangan Lupa Amalkan Doa Mohon Perlindungan dari Bencana Alam Ini

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

4. Doa saat Mencukur Rambut dan Pemberian Nama

doa aqiqah
sumber : shutterstock.com

Dalam aqiqah ada prosesi pemberian nama sambil mencukur rambut anak. Sebagaimana hal ini menjadi anjuran dalam hadist Rasulullah SAW bahwa : “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqah. Sembelih aqiqahnya pada hari ketujuh lalu cukur rambut serta berikan nama”

Adapun doa saat mencukur rambut bayi saat aqiqah yaitu :
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillahirohmanirrohiim alhamdulillahirobbil ‘aalamiin allahuma nurussamawati wanurussyamsi walqomari allahuma syirullahi nurunnubuwati rosulallahi salallahu alaihi wasalama walhamdu lillahi robbil ‘alamin.”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, cahaya langit, matahari dan bulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian Rasulullah SAW dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa meniup ubun-ubun bayi setelah Prosesi Bercukur
doa aqiqah
sumber : shutterstock.com

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

Ketentuan Mencukur Rambut Bayi

Adapun tata cara mencukur rambut adalah harus mulai dari sebelah kanan ke kiri, dan mencukurnya hingga habis semua (gundul).

Setelah itu, memberikan nama pada bayi dan berilah nama yang baik untuk buah hati. Hal Ini sebagaimana sesuai sabda Rasulullahpada hadist riwayat Imam Muslim, yakni

“Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak kalian, maka baguskanlah namamu.” (HR Muslim)

Baca Juga : Amalkanlah 7 Shalawat Nabi ini Agar Mendapat Syafaat dari Rasulullah

5. Doa saat Menyembelih Hewan Aqiqah

doa aqiqah
sumber : shutterstock.com

Aqiqah adalah prosesi menyembeli hewan sebagaimana kata “aqiqah: berasal dari bahasa arab yang artinya adalah memotong”. Untuk bayi laki-laki kewajibannya adalah menyembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk bayi perempuan hanya satu ekor saja.

Adapun doa yang harus Anda baca saat menyembelih hewan aqiqah adalah sebagai berikut:

بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان

Bismillah wallahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahuma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu fulan (sebutkan nama bayi).”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya si “Fulan” (nama bayi)

Sebutkan nama anak beserta nasabnya untuk menggantikan kata “ fulan”. Contohnya jika nama anaknya Muhammad dan Bapaknya bernama Ahmad maka bacaannya adalah sebagai berikut: “Bismillahi wallahu akbar, Allahumma laka wa ilaika hadzihi ‘aqiiqotu Muhammad bin Ahmad.”

Jika Anda ingin mengetahui bacaan doa lainnya, maka Anda bisa menemukan Buku Kumpulan Doa Terlengkap di Aplikasi Evermos

doa aqiqah

7. Doa Meminta Perlindungan Untuk Bayi

doa aqiqah
sumber : shutterstock.com

Dari sahabat Ibnu Abbas ra beliau menceritakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya yaitu al-Hasan dan al-Husain.

Adapun bacaannya adalah sebagai berikut :

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud 3371)

Kita bisa membaca doa serupa dengan Rasulullah SAW dengan penyesuaian jenis kelamin bayi sebagai berikut

a. Doa perlindungan bayi laki-laki

أُعِيذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah

b. Doa perlindungan bayi perempuan

أُعِيذُكِ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzuki bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah

8. Doa Wallimatul Aqiqah

doa aqiqah
sumber : shutterstock.com

Adapun doa lain dalam aqiqah yakni doa wallimatul aqiqah, bacaannya adalah sebagai berikut:
اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Ahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.”

Artinya: Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummu shibyan, serta gejala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindungan-Mu yang lestari. Dengan hal tersebut, aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada di antara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, kebaikan, dan Al-Qur’an. Jangan jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

Dapatkan Perlengkapan dan Kebutuhan Bayi di Aplikasi Evermos

doa aqiqah

9. Doa dan Ucapan Selamat Kelahiran Bayi

doa aqiqah
sumber : shutterstock.com

Jika Anda ingin mengucapkan selamat pada kerabat yang baru saja melahirkan, maka berikut adalah bacaan doanya :

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Baarakallaahu laka fil mawhuubi laka, wasyakartal waahib, wabalagha asyuddah, waruziqta birrah

“Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu.”

Demikianlah ulasan mengenai kumpulan doa saat aqiqah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi amal jariyah bagi kita semua. Yuk share artikel ini pada kerabat yang membutuhkannya.

Jika ingin membaca artikel kumpulan doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

×
slot88