17 Fakta Psikologi jika Kita Memikirkan Seseorang, Apakah Dia Memikirkan Kita Juga?

Pernahkah kamu berada pada situasi selalu memikirkan seseorang dan tidak bisa mengendalikan pikiran tersebut? Ternyata, ada fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang terus menerus lho!

Menurut ilmu psikolgi, ada berbagai faktor kenapa kita selalu memikirkan seseorang. Faktor ini disesuaikan dengan keadaan tertentu pula.

Misalnya, kamu memikirkan seseorang karena kamu menyukainya, atau karena ada hubungan tertentu dengan orang tersebut.

1. Gelisah Memikirkan Seseorang

Kemudian fakta yang bisa dirasakan jika kita memikirkan seseorang adalah dengan munculnya ketidak tenangan hati dan kegelisahan.

Hal ini biasanya terjadi kepada seseorang yang berpikir berlebihan atau overthinking sehingga membuat pikirannya kacau tak karuan. 

Selain itu, jika kita memikirkan seseorang dan ditandai dengan gelisah biasanya terjadi karena sering teringat pada orang tersebut.

2. Kerap Merasa Kesepian

Fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang berikutnya adalah sering merasa kesepian.  Sepi bisa saja terjadi karena baru saja ditinggalkan oleh seseorang yang kita cintai. 

Tak hanya itu, sepi juga bisa hadir karena kita memikirkan seseorang di masa lalu. Oleh karena itu, jika sedang memikirkan orang tersebut akan merasa sepi.

Karena kesepian adalah hantu yang paling menakutkan karena ia mampu menggerogoti hati yang rapuh dan sedang menjauh dari kehidupan.

3. Merasa Dipikirkan oleh Seseorang

Fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang apakah dia memikirkan kita juga itu ternyata benar adanya. Biasanya jika kamu memikirkan orang lain, orang tersebut juga sedang memikirkan kamu.

Selain itu, ketika kita sedang menyukai seseorang ada perasaan rindu, ingin bertemu dan menjalin hubungan yang lebih serius yang menyebabkan kita tidak berhenti memikirkannya.

4. Teringat Masa Lalu dengan Seseorang

Fakta psikologi berikutnya ketika kita memikirkan seseorang yaitu adalah teringat masa lalu bersama orang tersebut. Bisa jadi kamu memiliki kenangan besar yang sulit dilupakan.

Kemudian teringat dan membayangkan ketika bersamanya kamu bisa menjadi seseorang yang sukses dan lebih bahagia dari sekarang, atau bisa jadi sebaliknya. 

Biasanya ini terjadi ketika di masa lalu, kamu memiliki hubungan yang serius dengan orang tersebut, hingga mempengaruhi kehidupan yang kamu jalani dulu ataupun saat ini.

Baca juga: 16 Fakta Anak Kedua yang Unik dan Menarik, Orang Tua Harus Tahu!

Fakta Psikologi Jika Kita Memikirkan Seseorang Terus Menerus

fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang
Sumber: pexels.com

Menurut psikologi jika kita memikirkan seseorang apakah dia memikirkan kita juga? Jawabannya bisa saja iya, atau justru tidak. Sebab, banyak faktor yang menyebabkan kita memikirkan seseorang. Berikut beberapa diantaranya:

1. Sedang Jatuh Cinta

Mau tak mau jatuh cinta adalah penyebab yang membuat kamu memikirkan seseorang, yang juga biasa disebut sedang kasmaran. 

Biasanya, ini terjadi ketika kamu menaruh rasa pada seseorang dan tidak bisa mengungkapkannya, jadi kamu hanya bisa memikirkannya saja.

Rasanya tak bisa terjelaskan, senangnya bukan main. Inilah alasannya kenapa kamu terus memikirkan seseorang.

2. Ada Masalah yang Belum Terselesaikan

Kemudian salah satu penyebab kita memikirkan seseorang adalah karena ada masalah yang belum selesai antara kita dengan orang tersebut.

Kamu akan terus dibayangi rasa bersalah jika masalah yang terjadi dengan orang tersebut belum terselesaikan.

Ini adalah hal yang wajar dan sering dirasakan banyak orang, apalagi jika permasalahan ini berlarut hingga beberapa hari.

Selain itu, biasanya ini terjadi ketika kamu sudah tidak berhubungan komunikasi dengan orang tersebut. 

3. Kehilangan Seseorang yang Berarti 

Kemudian menurut psikologi, bisa saja kamu memikirkan seseorang karena ditinggalkan oleh orang tersebut. Kamu tidak terbiasa menjalani hari tanpa orang tersebut.

Hal itu pasti menjadi sesuatu yang menyakitkan bagi kamu karena kamu merasakan kehilangan dan kesepian yang mendalam.

4. Ada yang Mengingatkan Kamu dengan Dia 

Terkadang saat kita berkumpul bersama teman seringkali bernostalgia bersama akan masa lalu.

Atau ketika kamu mengunjungi suatu tempat, ternyata kamu pernah memiliki kenangan dengan seseorang di tempat tersebut.

Mungkin saja hal inilah yang menyebabkan kamu mulai teringat seseorang orang tersebut.

5. Terjadi Sesuatu Antara Kamu dan Dia 

Nah, fakta yang satu ini seringkali dirasakan oleh banyak orang. Pernahkah kamu memikirkan seseorang dan ternyata benar ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada orang tersebut?

Ketika tidak sengaja memikirkan seseorang, bisa jadi orang tersebut telah mengalami kejadian tertentu, entah baik atau buruk. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menanyakan kabarnya atau sekadar mengecek akun media sosial untuk tahu update kehidupan orang tersebut. 

6. Merindukan Seseorang 

Mungkin seseorang yang sedang kamu pikirkan saat ini penyebabnya adalah sedang rindu.

Rindu dapat diartikan rasa kangen, rasa yang muncul karena teringat seseorang dan ingin mengulang momen kembali.

Jika kamu memikirkan seseorang terus menerus artinya sedang begitu rindunya. Ini juga jadi fakta psikologi tentang cinta jika kita memikirkan seseorang.

Baca juga: 17 Arti Mimpi Naik Tangga dan Simbolnya, Pertanda Baik atau Buruk?

Fakta Jika Kita Memikirkan Seseorang Apakah Dia Juga Memikirkan Kita Menurut Islam

fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang
Sumber: pexels.com

Penjelasan di atas adalah fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang. Lalu, tandanya apa jika kita selalu memikirkan seseorang menurut Islam? Ketika selalu memikirkan seseorang, sudah saatnya seorang muslim untuk muhasabah diri.

Mari kenali faktanya berikut ini:

1. Godaan atau Ujian untuk Kamu 

Dalam beberapa kasus, perasaan yang kuat terhadap seseorang bisa dianggap sebagai ujian dari Allah. Ini adalah kesempatan bagi kamu lebih mendekatkan diri pada agama.

Cara ampuh mengatasi godaan tersebut adalah dengan membuang perasaan jauh-jauh. Kamu juga bisa beristighfar sambil mengingat kembali apa yang sudah kamu lalui dengan berhasil.

Sebab, pertanyaan jika kamu memikirkan seseorang apakah dia juga memikirkan kita pasti akan muncul dalam benak. Dan bisa saja jawabannya belum tentu dia memikirkan kamu juga.

3. Pertanda Akan Suatu Hal 

Dalam beberapa tradisi, memikirkan seseorang terus menerus bisa dianggap sebagai pertanda atau mimpi.

Namun interpretasi seperti ini harus kamu tangani dengan hati-hati dan tidak menganggapnya sebagai kebenaran mutlak.

3. Distraksi dalam Beribadah

Kenapa selalu terbayang wajah seseorang menurut Islam? Bisa jadi alasannya adalah karena melemahnya iman kamu sebab memiliki perasaan menganjal terhadap orang tersebut.

Apalagi jika memikirkan seseorang terus menerus sampai mengganggu konsentrasi dalam ibadah atau melalaikan kewajiban, ini bisa menjadi masalah.

Islam mendorong umatnya untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat.

4. Perasaan yang Tergoyahkan

Memikirkan seseorang terus menerus bisa menunjukkan adanya perasaan kuat, mungkin cinta atau kasih sayang.

Islam mengakui bahwa cinta adalah bagian dari fitrah manusia, namun, penting untuk menjaga agar perasaan ini tidak melanggar batas-batas yang telah Islam tetapkan untuk umat Muslim.

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi. Anda Termasuk yang Mana?

Cara Mengatasi Jika Selalu Memikirkan Seseorang Terus Menerus

fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang
Sumber: pexels.com

1. Kenali Perasaan Kamu

Cara untuk bisa deal dengan apa yang sudah terjadi dengan kenali perasaan kita dan terima bahwa semua sudah berlalu.

Mulai ikhlaskan apa yang sudah terjadi dan selalu minta dikuatkan oleh Allah SWT.

2. Hindari Sumber Pengingat 

Agar perasaan kamu bisa segera terealisasi usahakan untuk menghindari apapun yang bisa menjadi sumber pengingat kamu.

Misalkan tempat yang pernah dikunjungi atau teman-teman orang bersangkutan. Meski berat tapi ini cukup efektif untuk menjaga perasaan kamu.

3. Fokus Pada Kegiatan Positif 

Jika terus menerus memikirkan seseorang akan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu, sebaiknya hindari hal tersebut dengan fokus pada kegiatan positif.

Lakukanlah berbagai hobi yang kamu sukai, bertemu dengan orang-orang yang bisa berbagi ilmu dan wawasan bermanfaat kepada kamu, dan kegiatan baik lainnya.

Itulah beberapa fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang, penyebabnya dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Jika ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, kamu bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Selain itu, jika penasaran dengan peluang bisnis menjanjikan tanpa modal, kamu bisa mengunjungi Evermos dan mendaftarkan diri sebagai reseller Evermos.

Klik tombol di bawah ini untuk tahu selengkapnya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)