4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi. Anda Termasuk yang Mana?

Tipe Kepribadian Manusia

Tipe kepribadian manusia itu beragam, yang mencakup karakter dan sifat. Karakter dan sifat tersebut bisa dipelajari dan memiliki kesamaan antara orang satu dengan yang lainnya.

Salah satu manfaat dari mengenal tipe kepribadian ini adalah mengetahui apa saja kelemahan dan kelebihan diri sendiri maupun orang lain.

Dengan memahami kelemahan dan kelebihan tersebut, memungkinkan Anda untuk berhati-hati dalam melakukan sesuatu dan tidak bertindak ceroboh pada situasi tertentu.

Sudahkah Anda tahu tipe karakter atau kepribadian Anda? Coba simak ulasan artikel berikut dan tentukan diri Anda lebih cocok dengan tipe karakter yang mana.

Apakah karakter diri Anda sudah cukup baik, ataukah ada sikap yang perlu dirubah dan diperbaiki? Langsung saja cek penjelasan tentang tipe kepribadian manusia di bawah ini!

Baca juga: Yuk, Kenali Quarter Life Crisis dan Ikuti 10 Cara Ini Untuk Menghadapinya

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

1. Sanguinis: Si optimis, populer, ceria, dan aktif

Tipe Kepribadian Manusia

Sumber: pexels.com

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis yang populer memiliki kepribadian yang menarik, senang bicara, senang tampil di depan umum,.

Selain itu, sanguinis dikenal memiliki pembawaan ceria, aktif dan optimis. Biasanya orang dengan pribadi seperti ini sangat mudah bergaul dan mudah membangun suasana menjadi lebih menyenangkan.

Seorang Sanguinis sebagai orang tua:

Orang dengan tipe sanguinis sangat disukai oleh anak- anak, mampu membuat suasana rumah menjadi menyenangkan, sangat humoris dan mampu membuat lelucon lelucon secara spontan. Suasana rumah dan hubungan dengan tetangga akan sangat menyenangkan dengan orang tipe sanguinis.

Seorang Sanguinis sebagai pekerja:

Orang dengan tipe sanguinis cenderung memiliki sifat sukarelawan dalam menjalankan tugas. Ia selalu memikirkan kegiatan baru yang menyenangkan, kreatif dan inovatif, selalu memikirkan cara yang memukau dan menyenangkan.

Selain itu, tipe sanguinis juga sangat antusias, memiliki cara cemerlang, mampu mempengaruhi orang lain untuk ikut serta atau terlibat. Ia juga selalu memberikan semangat pada orang lain untuk bekerja.

Kemampuan alami sanguinis juga baik, jika memilih pekerjaan yang berhubungan dengan dunia seniman, hiburan, travel, fashion, kuliner, dan marketing.

Seorang Sanguinis sebagai teman:

Orang dengan tipe sanguinis mudah berteman dan bergaul dengan siapapun, mencintai semua orang disekitarnya, suka dipuji dan mendapat perhatian, tampak menyenangkan, bukan pendendam, cepat meminta maaf, mencegah situasi yang membosankan, menyukai kegiatan yang menyenangkan.

Kelemahan Tipe Sanguinis:

Orang dengan tipe sangunis cenderung tidak terorganisir, tidak mudah mengingat hal-hal yang terperinci, kurang serius dalam apapun, mempercayakan pada orang lain untuk melakukan pekerjaan, terlalu mudah ditipu dan kekanak- kanakan.

Selain itu, mempunyai ide cemerlang namun tidak mampu melaksanakan sampai akhir, merasa sebagai orang tanpa kesalahan, berbicara terlalu banyak, mementingkan diri sendiri, mempunyai ingatan yang belum dikembangkan, pelupa, suka menyela dan menjawab untuk orang lain, tidak tertib dan tidak dewasa.

2. Koleris: Si emosional, logis, dan keras kepala

Tipe Kepribadian Manusia

Sumber: pexels.com

Orang dengan tipe kepribadian koleris dikenal memiliki pembawaan emosional, logis dan keras kepala. Biasanya pribadi seperti ini banyak dipilih menjadi pemimpin. Hal ini karena koleris memiliki kepribadian yang keras kepala dan logis sehingga bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Selain itu, koleris memiliki kepribadian yang fokus dan mandiri serta  berani mengambil risiko dalam keputusan yang mereka buat..

Seorang Koleris sebagai orang tua:

Orang dengan tipe koleris akan memberikan kepemimpinan yang kuat di dalam keluarga, memiliki tujuan yang jelas, mampu memberikan motivasi pada anggota keluarga, mengetahui pilihan atau jawaban yang tepat, mengorganisasir rumah tangga dengan baik.

Seorang Koleris sebagai pekerja:

Orang dengan tipe koleris lebih cenderung berorientasi pada target, melihat suatu gambaran secara menyeluruh, terorganisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis yang efisien, bergerak cepat dalam bertindak, mendelegasikan pekerjaan dengan penuh tanggungjawab, menekankan pada hasil, membuat target tujuan, merangsang kegiatan, berkembang karena saingan dalam pekerjaan, selalu ingin mendapatkan hasil yang baik.

Kemampuan alami koleris akan baik jika ditempatkan pada pekerjaan yang terkait dengan teknologi, statistik, teknik dan bidang pemrograman.

Seorang Koleris sebagai teman:

Orang dengan tipe koleris tidak memiliki banyak teman, mau bekerja untuk kegiatan, mau menjadi pemimpin organisasi dan mampu mengorganisasikan orang dengan baik, biasanya selalu benar, selalu unggul, selalu bisa diandalkan.

Kelemahan Tipe Koleris:

Orang dengan tipe koleris meiliki kelemahan yang terlalu terpacu dan menyukai pada hal-hal serius sehingga melupakan kebutuhan akan waktu yang santai dan menyenangkan. Kehidupannya terpacu pada target, tujuan dan hasil.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari Yang Harus Anda Tiru

3. Melankolis: Si sensitif, serius dan tekun

Tipe Kepribadian Manusia

Sumber: pexels.com

Melankolis dikenal memiliki pembawaan yang serius dan tekun sehingga dalam membuat perencanaan akan dilakukan secara detail.

Selain itu, orang dengan tipe melankolis cenderung cerdas dan jenius, memiliki bakat dan tingkat kreatifitas yang tinggi, artistik dalam seni maupun musik, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, sensitif terhadap perasaan orang lain, rela berkorban untuk orang lain, penuh dengan kesadaran, memiliki idealisme yang tinggi atau idealis.

Seorang melankolis sebagai orang tua:

Orang dengan tipe melankolis menerapkan standar yang tinggi, menginginkan segala sesuatu berjalan dengan benar, menjaga rumah selalu rapi, merapikan barang- barang anak, mengorbankan keinginan sendiri untuk orang lain, mampu mendorong intelegensi dan bakat anak. Selalu mampu mempersiapkan segalanya dan memprediksi hal- hal yang mungkin akan terjadi.

Seorang Melankolis sebagai pekerja:

Orang dengan tipe melankolis cenderung sempurna, berorientasi terhadap jadwal, seorang perfectionis dan memiliki standar capaian yang tinggi, sadar perincian, memahami hal hal kecil, gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi, teratur dan rapi, ekonomis, mampu melihat potensial masalah.

Selain itu, selalu memiliki ide kreatif untuk pemecahan masalah, berpedoman untuk menyelesaikkan apa yang dia mulai, menyukai bentuk-bentuk grafik, diagram, daftar, dan simbol kerapian atau terstruktur.

Kepribadian alami melankolis akan sangat baik jika ia memilih menjadi manajer, akuntan, pekerja sosial dan administrasi.

Seorang Melankolis sebagai teman:

Orang dengan tipe melankolis memiliki kehati- hatian dalam memilih teman, merasa puas meskipun hanya berperan sebagai latar belakang, menghindari perhatian, setia, berbakti.

Selain itu, mau mendengarkan keluhan, bisa memberikan masukan untuk memecahkan masalah orang lain, sangat perhatian pada orang lain, penuh belas kasih, mencari teman hidup yang ideal.

Kelemahan Tipe Melankolis:

Cenderung selalu mendahulukan kepentingan orang lain diatas kepentingannya sendiri sampai melupakan kebutuhan dirinya sendiri. Merasa tidak puas apabila sesuatu berjalan tidak sesuai kehendaknya atau yang dia rasa benar.

Pemikirannya yang terlalu sempurna terkadang orang lain menganggap terlalu rumit dan tidak terlalu perlu oleh orang sekitarnya. Selain itu, orang lain sering menganggap terlalu serius pada orang tipe melankolis ini.

4. Plegmatis: Si tenang, santai dan teratur

Tipe Kepribadian Manusia

Sumber: pexels.com

Orang dengan tipe plegmatis memiliki pembawaan yang santai dan cinta damai. Biasanya pribadi seperti ini memiliki hubungan yang baik dengan keluarga termasuk tetangga.

Selain itu, kepribadian plegmatis cenderung seorang yang sabar dan lembut sehingga sangat baik jika ikut dalam acara  amal atau bakti sosial.

Seorang Plegmatis sebagai orang tua:

Orang dengan tipe plegmatis akan menjadi orang tua yang baik, selalu menyediakan waktu untuk anak- anaknya, tidak tergesa- gesa, tidak mudah marah dan cenderung selalu sabar-sabar saja dengan kondisi apapun, bisa mengambil yang baik dari yang buruk.

Seorang Plegmatis sebagai pekerja:

Orang dengan tipe plegmatis memiliki sikap yang cakap dalam pekerjaan dan mantap, seringkali menyetujui keputusan apapun dengan cepat dan sepakat, punya kemampuan administratif, menjadi penengah masalah, mampu menghidari munculnya konflik, tetap baik meski tertekan, menyukai cara-cara mudah untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kepribadian alami plegmatis akan baik pada suatu pekerjaan seperti perawat, guru, psikolog, dan konseling.

Seorang Plegmatis sebagai teman:

Orang dengan tipe plegmatis memiliki sifat mudah untuk bergaul, menyenangkan, seorang pendengar yang baik, tidak suka menyinggung orang lain, punya selera humor yang baik, suka mengawasi orang, punya banyak teman, memiliki perhatian yang lebih, punya belas kasihan, menyukai segala kondisi.

Kelemahan Tipe Plegmatis:

Cenderung mengalir apa adanya dan terkesan tidak memiliki impian atau pendirian hidup yang tegas. Sulit menentukan pilihan. Selain itu, orang dengan tipe plegmatis ini tidak pandai memberikan masukan atau gagasan baru.

Bagaimana, sudah baca hingga tuntas? Jadi, Anda termasuk tipe kepribadian yang mana?

Semoga informasi tentang tipe kepribadian manusia ini dapat bermanfaat dan harapannya Anda bisa lebih mengenal kepribadian diri Anda sendiri maupun orang lain.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×