16 Fakta Anak Kedua yang Unik dan Menarik, Orang Tua Harus Tahu!

Dalam sebuah keluarga, setiap urutan anak memiliki karakter dan sifatnya masing-masing, termasuk pada anak kedua. Jika Anda adalah anak kedua, atau Anda orang tua yang memiliki anak kedua, apakah sudah tahu fakta anak kedua?

Setiap anak memang memiliki anugerah dan potensi yang berbeda-beda. Namun, biasanya karakter ataupun sifat dari seorang anak juga bisa dipengaruhi dari urutan anak tersebut antara saudara-sudaranya.

Misalnya, anak pertama biasanya cenderung memiliki sikap yang lebih bijaksana daripada anak kedua ataupun ketiga. Adapun anak bungsu, biasanya cenderung lebih manja daripada anak pertama, kedua ataupun anak tengah.

Fakta tentang urutan anak ini penting untuk orang tua ketahui, agar mampu memahami dan memaklumi karakteristik sang anak. Untuk mengetahui fakta anak kedua, simak informasi lengkapnya di artikel ini.

Selain fakta anak kedua, Anda juga bisa mengetahui fakta anak sulung dan anak ketiga agar lebih memahami perbedaan karakter dan sifatnya. 

Fakta Anak Kedua Menurut Psikolog

fakta anak kedua
Sumber: pexels.com

1. Anak Kedua adalah Anak Tengah 

Menurut psikologi, anak kedua juga bisa dianggap sebagai anak tengah. Apalagi ini juga terbukti ketika seorang anak mencakup posisi sebagai anak kedua sekaligus anak tengah dalam sebuah keluarga.

Melansir dari Bright Side, bahwa pakar psikolog Sigmund Freud menyampaikan urutan teori kelahiran yang diteliti pada akhir 1920-an.

Dalam teori tersebut, Alfred Adler sebagai teman dari Sigmund Freud percaya urutan kelahiran seseorang memberikan pengaruh dalam kepribadian. Lalu, seperti apa sifat anak kedua dan karakternya menurut pendapat Adler? Simak penjelasannya di poin selanjutnya!

2. Teori tentang Anak Kedua oleh Alfred Adler 

Adler memberikan teori tentang anak kedua, bahwa anak kedua adalah anak tengah. Menurutnya, kakak laki-laki atau kakak perempuan menjadi “penentu kecepatan” untuk anak kedua.

Fakta anak kedua perempuan sering berjuang untuk melampaui kakak-kakak mereka. Tidak jarang, laju perkembangan anak kedua lebih tinggi, oleh karena itu mereka cenderung ambisius meski begitu mereka juga jarang bersikap egois.

Sebagai anak kedua, mereka memiliki pikiran yang realistis. Itu sebabnya, mereka menetapkan tujuan yang terlalu tinggi untuk mereka sendiri dan hasilnya rentan akan kegagalan.

Tidak perlu khawatir akan hal berikut, karena anak kedua memiliki kemampuan dalam mengatasi kesulitan dalam hidup mereka. Sehingga anak kedua cenderung lebih hebat dalam menerjang badai kehidupan, dan lebih kuat secara mental.

Fakta Anak Kedua Perempuan dan Fakta Anak Kedua Laki Laki

fakta anak kedua
Sumber: pexels.com

Sebagai orangtua yang memiliki 3 anak, atau lebih, kehadiran anak tengah sangat mungkin untuk diandalkan. Sehingga tak jarang, dalam fakta anak kedua perempuan dapat mudah beradaptasi dalam berbagai keadaan dan situasi.

Lalu apa saja fakta anak kedua perempuan yang perlu Anda pahami sebagai orangtua? Di bawah ini adalah fakta anak kedua perempuan melansir dari berbagai sumber.

1. Cenderung Mandiri dan Dewasa

Berbeda dengan anak sulung dan anak bungsu, yang tentunya seringkali mendapatkan perhatian dari ayah dan ibunya. Salah satu kelebihan anak kedua yaitu memiliki sifat mandiri yang tidak kalah baiknya dari anak sulung.

Sebagai fakta anak kedua perempuan, mereka cenderung dapat membagi urusan keluarga dengan urusan pribadi, sehingga menjadikan ia sebagai sosok yang independen. 

2. Sering Merasa Sendiri

Para orangtua sering merasakan sikap anak kedua yang begitu berbeda daripada anak lainnya. Mengapa demikian? Sebab, tak jarang orangtua luput dari perhatian anak tengah mereka.

Anak kedua merasakan kehadirannya di dalam keluarganya begitu asing atau tidak dapat mengenal dirinya. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan anak kedua, seperti sakit fisik atau kesehatan mentalnya.

Oleh karena itu, hendaknya para orangtua dapat memperhatikan dan memberikan kasih sayang dengan adil kepada anak kedua perempuan atau laki-lakinya.

3. Bersikap Kompetitif

Lahir sebagai anak kedua, yang berada antara anak pertama dan anak ketiga membuat mereka menjadi anak yang harus mendapatkan perhatian. Sifat tersebut datang dari kekecewaan yang mana mereka tidak mendapatkan keadilan dan perhatian secara adil.

Agar tidak berujung pada perpecahan, orangtua dapat mengarahkan sisi kompetitif mereka dalam kebaikan.  Sebagai contoh, mengadakan perlombaan kamar yang paling bersih, anak yang paling rajin dalam membantu orangtuanya dan sebagainya.

Fakta Anak Kedua dalam Keluarga

fakta anak kedua
Sumber: freepik.com

1. Tidak Suka Dibanding-bandingkan

Apakah Anda tidak suka jika orang tua membanding-bandingkan Anda dengan saudara ataupun teman? Jika benar terjadi, mungkin saja Anda adalah anak tengah atau anak kedua.

Fakta anak kedua tersebut terjadi karena anak kedua sering mendapat masalah emosional lebih besar. Apalagi, dengan adanya sikap yang membanding-bandingkan dari orangtuanya, tentu akan membuat mereka tambah emosional.

Hindari membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain, dan begitupun sebaliknya.  Sebab, setiap orang memiliki jalan, peranan, dan pencapaiannya masing-masing.

2. Sering Menjadi Mediator

Apabila terdapat sebuah masalah dalam keluarga, lingkungan pertemanan, saudaranya atau relasi lain, anak kedua bisa menjadi mediator.

Sifat alami untuk menjadi penengah dalam setiap masalah, akan membuatnya berpikir secara adil untuk tidak memihak salah satu sisi.

Sebab itu, anak kedua dapat menjadi andalan untuk menengahi masalah dan memberikan solusi yang tepat dalam setiap konflik.

Fakta Anak Kedua Perempuan dari 3 Bersaudara

fakta anak kedua
Sumber: pexels.com

1. Fakta Anak Ke 2 yang Aktif

Fakta anak kedua yang jarang orang ketahui, yaitu memiliki pribadi yang aktif. Sebagai anak tengah, mereka tidak dapat berdiam diri begitu saja karena akan merasakan bosan.

Perilaku satu ini bukanlah tanpa alasan, sebab ia ingin merasakan kasih sayang secara adil dari keluarganya.

2. Suka Memberontak dan Sulit Diatur

Inilah yang menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orangtua, kok ada anak yang sulit diatur seperti anak tengah ini?

Mengapa terjadi sikap demikian? Sebab, anak kedua yang mendapatkan kasih sayang minim serta mendapatkan perlakukan kurang adil akan memiliki sikap berikut.

Hal berikut bisa saja terjadi dan akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap keluarganya dan menjadi anak yang nakal.

Sebagai orangtua selayaknya untuk memberikan komunikasi yang intens dengan anak tengah, sehingga dapat mengenal kepribadian satu sama lain.

3. Berjiwa Bebas dan Kreatif

Anak tengah juga cenderung memiliki sikap berjiwa bebas. Hal ini karena mereka kurang mendapatkan atensi yang tinggi dari keluarga.

Dengan berjiwa bebas, anak kedua dapat memiliki daya kreativitas yang tinggi, sehingga dengan kemandiriannya anak dapat mengisi waktu luangnya dengan ide-ide brilian.

4. Pandai Memahami Orang Lain

Fakta anak kedua lainnya ialah dapat menempatkan diri antara saudara yang lebih tua atau lebih muda. Mereka dapat memahami perasaan orang lain dengan dalam.

Sisi baiknya, mereka dapat bermanfaat ketika di tempatkan dalam lingkungan sosial. Sekaligus dapat menjadi mediator.

5. Mudah Mempercayai Orang Lain

Karena anak tengah memiliki sikap kemandirian yang tinggi, hal ini justru berdampak pada kepercayaannya. Fakta anak kedua perempuan dan laki-laki, sering memberikan kepercayaan pada orang lain begitu saja.

Sisi negatifnya, mereka cenderung mudah untuk mempercayai siapa saja dengan mudah. Sehingga, ini menjadi dampak yang kurang baik apabila jika mereka tidak dapat mampu menilai seorang tersebut layak untuk dipercaya atau tidak.

Fakta Anak Kedua Menikah dengan Anak Kedua

fakta anak kedua
Sumber: freepik.com

1. Saling Memahami

Apabila anak kedua perempuan atau laki-laki sama-sama menjalin hubungan pernikahan, maka mereka cenderung lebih mudah memahami karakter mereka. Hal ini karena banyak kesamaan yang terjadi antara mereka berdua.

Mulai dari sikap, prinsip, kepribadian mereka yang dapat menjadi petunjuk bagi mereka berdua untuk berkomunikasi lebih baik.

2. Dapat Menghindari Konflik

Sebagai anak tengah yang jarang menyukai konflik, kedua anak tengah yang menjalin pernikahan akan menghindari konflik. Hal ini karena anak kedua memiliki sifat suka mengalah untuk menghindari konflik dengan pasangannya.

Dengan begitu, mereka tak akan berlarut-larut dalam emosi dan lebih suka meminta maaf, ini menjadikan mereka sebagai pribadi yang dewasa.

Fakta Anak Kedua yang Menyedihkan

fakta anak kedua
Sumber: pexels.com

1. Fakta Kenapa Anak Kedua Selalu Disalahkan

Sebagai orangtua, mungkin Anda tidak jarang merasakan respon anak kedua atau anak tengah Anda cenderung dingin dalam keluarga.

Padahal, ketika mereka bersosialisasi dengan teman-temannya mereka begitu aktif, hangat dan ceria, atau istilahnya adalah middle child syndrome.

Anak kedua yang bersikap agresif, keras kepala, dan sulit diatur akan menjadi penyebab mereka kenapa anak kedua selalu salah di mata orang lain.

Dengan jiwa bebasnya, terkadang anak kedua tidak dapat mengontrol rasa keingintahuan yang tinggi.

Maka dari itu, apabila Anda menginginkan anak atau menjadi anak yang dapat menjadi andalan keluarga, lebih baik, dan mendapatkan kepercayaan serta kasih sayang yang baik kuncinya adalah komunikasi dari hati ke hati.

2. Fakta Anak Ke 2 yang Ditakuti 

Selain itu anak kedua juga ditakuti, apa yang membuat orang takut kepada anak kedua? Simak ulasannya di bawah ini:

Nah itulah ulasan mengenai fakta anak ke dua yang perlu Anda ketahui ketahui.

Semoga dengan adanya ulasan berikut, sebagai orangtua atau anak akan menjadi lebih memahami tentang karakter anak tengah dalam keluarganya dan dapat mengatasi permasalahan yang sering anak kedua hadapi.

Terus kunjungi situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik lainnya, ya. Selain itu, jika Anda ingin mengetahui cara mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal, Anda dapat mengunjui Evermos, atau klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)