Fakta Anak Sulung yang Jarang Disadari, Apakah Ada pada Diri Anda?

fakta anak sulung

Fakta anak sulung – Setiap orang tua pasti ingin sekali memiliki buah hati. Maka tak heran jika kelahiran anak pertama menjadi sesuatu yang sangat spesial.

Kebahagiaan itu bisa jadi adalah anugerah paling indah yang diberikan Allah untuk orang tua yang tak kunjung memiliki anak.

Bahkan sampai ada yang melakukan berbagai cara untuk bisa memiliki anak. Ada yang melakukan program bayi tabung, dan masih banyak cara lainnya.

Artikel ini akan membahas tentang fakta anak sulung yang kadang tidak disadari ada di dalam diri seseorang. Berikut ulasannya untuk Anda.

Apa itu Anak Sulung?

fakta anak sulung

Sumber: pexels.com

Sebelum membahas tentang fakta anak sulung, sebaiknya harus mengetahui apa itu anak sulung. Anak sulung adalah anak pertama atau anak tertua.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anak sulung adalah anak pertama atau anak tertua yang ada di dalam keluarga.

Berbeda dengan anak tunggal, seseorang bisa disebut anak sulung jika memiliki seorang adik, minimal satu orang.

Jika seseorang dilahirkan pertama kali oleh ibunya namun tidak memiliki saudara kandung (adik), maka anak tersebut disebut dengan anak tunggal.

Fakta Anak Sulung Laki-laki

anak pertama laki-laki

Sumber: pexels.com

Sebagai anak pertama di dalam keluarga, anak sulung memiliki karakteristik atau sifat yang unik untuk dibahas. Apalagi jika anak sulung tersebut adalah laki-laki.

Berikut ini adalah fakta anak sulung laki-laki:

1. Sifat tanggung jawab yang tinggi

Seorang anak sulung laki-laki akan memiliki sifat tanggung jawab yang sangat besar. Hal itu karena ia harus menjadi kakak yang baik dan pelindung bagi adik-adiknya.

Selain itu anak sulung laki-laki juga memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan hidup keluarganya.

Misalnya urusan perekonnomian anak pertama laki-laki pasti akan dan ingin membantu perekonomian keluarganya.

2. Sifat mandiri

Kemudian seorang anak laki-laki pertama pasti memiliki sifat mandiri dalam dirinya. Bukan tanpa sebab, sifat ini karena ia merasa ada tanggung jawab menjaga seorang adik dan menjadi kakak yang baik.

Selain itu anak pertama juga senantiasa ingin menjadi anak yang tidak membebani keluarganya. Ia menyadari jika keperluan adik-adiknya lah yang harus diutamakan.

Maka anak pertama akan berusaha sebisa mungkin untuk hidup mandiri.

3. Memiliki sifat seorang pemimpin

Karena anak sulung adalah anak pertama, apalagi ia seorang laki-laki, tak heran jika muncul sifat kepemimpinan di dalam diri anak pertama.

Anak pertama akan jadi pemimpin bagi adik-adiknya. Bahkan jika sang ayah sudah tiada, maka anak laki-laki pertama yang menggantikan peran ayah.

4. Sifat pekerja keras

Tak hanya memiliki sifat seorang pemimpin, anak pertama juga seorang yang memiliki sifat pekerja keras.

Ia akan selalu ingin menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya. Karena anak sulung sejatinya harus memanjakan bukan untuk dimanjakan.

Oleh karena itu anak sulung pasti akan selalu bekerja keras, bukan untuk menjadi contoh bagi adiknya saja, namun ia juga harus bisa hidup mandiri.

5. Memahami kondisi di dalam keluarga

Fakta anak sulung berikutnya adalah selalu memahami kondisi di dalam keluarga. Anak sulung bisa menjadi dan menggantikan peran orang tua untuk adik-adiknya.

Selain itu anak sulung juga sering dilibatkan dalam urusan di dalam sebuah keluarga. Oleh karena itu ia menajdi lebih mengerti apa yang dialami orang tua dan keluargnya.

6. Mudah Stres

Stres bukan lagi hal yang aneh bagi anak sulung, karena anak sulung pasti memiliki banyak beban pikiran di dalam kepalanya.

Karena rasa tanggung jawab dan kemandiriannya bisa membuat anak sulung laki-laki mudah stres karena masalahnya.

Namun ia bisa terlihat baik-baik saja karena tak ingin adik dan orang tuanya mengetahui apa yang ada di dalam kepalanya.

Fakta Anak Sulung Perempuan

anak pertama perempuan

Sumber: pexels.com

Selain laki-laki, anak sulung juga bisa dirasakan oleh perempuan. Anak sulung perempuan memiliki sifat dan karakteristik yang sedikit berbeda dengan anak sulung laki-laki.

Inilah fakta anak sulung perempuan:

1. Memiliki perhatian dan kepedulian yang tinggi

Sebenarnya sifat ini juga ada pada laki-laki, namun anak sulung perempuan jauh lebih peduli dan perhatian.

Karena anak sulung perempuan dianggap bisa merangkul adik-adiknya dan menjadi tempat untuk berkeluh kesah oleh adik-adiknya.

2. Memiliki sifat keibuan

Tak bisa dipungkiri jika anak perempuan yang menjadi anak pertama memiliki sifat keibuan. Hal itu karena ia bisa berperan menjadi seorang ibu kepada adik-adiknya.

Ia akan sangat menyayangi adik-adiknya, oleh karena itu ia memiliki sifat keibuan yang tinggi.

3. Teliti

Kemudian anak sulung perempuan memiliki sifat yang sangat teliti. Hal ini berbanding terbalik dengan sifat anak ketiga yang ceroboh.

Anak pertama akan bersikap hati-hati dan teliti karena jika ia melakukan kesalahan, bisa jadi dicontoh oleh adik-adiknya.

4. Pendengar yang baik

Fakta anak sulung perempuan lainnya yaitu bisa menjadi pendengar yang baik. Tak hanya menjadi pendengar bagi adik-adiknya yang ingin bercerita, ia juga bisa menjadi pendengar yang baik bagi orang tuanya.

5. Memiliki sifat bawel dan cerewet

Selanjutnya anak sulung perempuan akan menjadi kakak yang bawel dan cerewet  bagi adik-adiknya.

Hal itu karena ia tak mau adiknya melakukan kesalahan dan ingin adiknya memiliki sifat tanggung jawab.

Tekanan Anak Sulung Perempuan

tekanan anak sulung perempuan

Sumber: pexels.com

Tak hanya soal sifat dan karakteristik, menjadi anak sulung tentu banyak beban yang ada di dalam dirinya. Baik beban dari dalam maupun dari luar.

Apalagi jika anak sulung tersebut adalah perempuan, tentu banyak sekali hal yang menjadikan beban dalam dirinya.

Melansir dari fimela.com berikut ini adalah beban anak sulung perempuan yang jarang diketahui orang:

1. Dituntut harus bisa menjadi tulang punggung keluarga

Tak jarang seorang anak yang diberi tuntutan seperti ini, bahkan ke anak sulung perempuannya.

Si sulung sering kali diminta untuk bekerja keras demi memenuhi kebutuhana keluarga, hal itu tentu menjadi tekanan baginya.

2. Dituntut harus sesuai dengan keinginan orang tua

Bukan hanya dituntut menjadi tulang punggung, terkadang banyak sekali harapan dan ekspetasi orang tua terhadap anak sulung perempuannya.

Oleh karena itu si sulung dituntut untuk bisa menjadi sesuatu yang sesuai dengan keinginan orang tuanya. Hal ini secara tidak langsung menjadi beban dalam dirinya.

3. Mengalah demi adik dan keluarganya

Seringkali anak sulung perempuan lebih mementingkan adik dan orang tuanya ketimbang dirinya sendiri.

Misalnya, ia lebih memilih tidak membeli kebutuhan hidupnya karena demi membelikan kebutuhan adik dan orang tuanya.

Terlepas dari tiga tekanan di atas, masih banyak lagi tekanan yang menjadi beban anak sulung perempuan. Karena setiap orang pasti memiliki kehidupan yang berbeda-beda, berbeda pula perjalanan hidupnya.

Selain itu, tekanan yang dihadapi anak sulung perempuan juga sama dirasakan oleh anak sulung laki-laki.

Demikianlah ulasan mengenai fakta anak sulung yang jarang disadari oleh orang lain. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi situs Blog Evermos dan dapatkan artikel-artikel menarik lainnya.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×