6 Dosa yang Tidak Diampuni Allah SWT yang Harus Kita Hindari

Setiap manusia tentunya tidak luput dari dosa dan Allah maha pengampun pasti memaafkan dosa hambanya. Namun ternyata ada 6 dosa yang tidak diampuni Allah SWT. Naudzubillahimindzalik, semoga kita bisa terhindar dari jenis dosa ini.

Lalu, apa sajakah jenis dosa yang tidak diampuni oleh Allah ini? Penjelasannya tercantum dalam hadist Riwayat bukhari bahwa rasulullah SAW bersabda :

Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu?” Beliau menjawab, “Syirik kepada Allah; sihir; membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan haq; memakan riba; memakan harta anak yatim; berpaling dari perang yang berkecamuk; menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini:

6 Dosa yang Tidak Diampuni Allah SWT

1. Memakan Harta Anak-anak Yatim

dosa yang tidak diampuni Allah
sumber : unsplash.com

Sebagaimana kita tahu bahwa Islam sangat memuliakan anak yatim. Memakan harta anak yatim termasuk perbuatan yang dzalim, dan dosa besar.

Hal ini sebagaimana dikatakan pada firman Allah SWT berikut :

“Dan berikanlah kepada anak-anak yatim itu harta-harta mereka. Dan janganlah kalian mengganti yang buruk dengan yang baik, jangan mencampurkan harta mereka ke dalam harta kalian, sesungguhnya (perbuatan itu) merupakan dosa yang besar.” (QS. An- Nisa’ ayat 2)

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. An- Nisa’ ayat 10)

Naudzubillahimindzalik. Untuk menghapuskan dosa ini mereka harus membayar kembali harta yang telah digunakan dan memohon maaf kepada anak yatim tersebut.

Jika anak yatim tersebut memaafkan maka barulah boleh bertaubat kepada Allah SWT. Seandainya anak yatim tersebut tidak memaafkan perbuatannya maka dosanya tidak terhapuskan.

Baca Juga : Tata Cara dan Doa Sholat Taubat Nasuha | Terlengkap dengan Artinya

2. Sihir

dosa yang tidak diampuni Allah
sumber : pexels.com

Sihir masuk ke dalam perbuatan dosa besar yang tidak diampuni Allah karena merupakan salah satu perbuatan setan. Sehingga orang yang melakukannya termasuk ke dalam golongan kafir.

Sebagaimana dikatakan dalam firman Allah SWT berikut ini :

Allah SWT berfirman : “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir”.

 

Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al- Baqarah ayat 102)

Setiap orang yang belajar dan mengamalkan sihir adalah termasuk syirik kepada Allah swt. Kecuali mereka mengucapkan kembali kalimat syahadah dan meski menyerah pada kerajaan islam untuk menjalankan hukuman sudud.

Baca Juga : Hadits Ciri Ciri Orang Munafik dan Cara Mengatasinya Menurut Rasulullah

3. Syirik

dosa yang tidak diampuni Allah
sumber : shutterstock.com

Syirik adalah menyekutukan Allah swt dengan mahluk lain atau membuat ajaran lain selain dari hukum Allah. Bahkan, jika dosa ini dilakukan tanpa sadar tetap saja merupakan dosa yang sangat besar.

Orang yang melakukan dosa syirik ini disebut musyrik. Kegiatan yang termasuk pada syirik adalah seperti mengikuti ajaran2 selain ajaran Allah secara sadar dan sukarela. Termasuk juga dengan membenarkan ajaran syirik dalam qalbu.

Syirik termasuk dalam dosa besar sebagaimana Firman Allah SWT berikut ini:

“Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu), dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh, dia telah tersesat jauh sekali.” (QS. An-Nisa’ ayat 116)

Allah SWT bisa memaafkan jika hambanya mengucapkan kembali kedua kalimat syahadah dan pemerintah islam melaksanakan hukuman sudud. Barulah Allah swt rela menerima kembali amal ibadahnya.

4. Membunuh Jiwa yang Allah Haramkan Kecuali Dengan Haq

dosa yang tidak diampuni Allah
sumber : unsplash.com

Setiap manusia tentu haram untuk membunuh manusia lain baik itu muslim maupun non muslim haram tanpa adanya alasannya dalam syariat. Hal ini sebagaimana Firman Allah berikut ini:

“Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan suatu (sebab) yang benar.” (QS. Al- An’am ayat 151)

“Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.” (QS. Al- Maidah ayat 32)

5. Meninggalkan Perang (Jihad)

dosa yang tidak diampuni Allah
sumber : unsplash.com

Mereka yang kabur dari medan perang merupakan dayus dan tidak layak memasuki Syurga. Ini merupakan dosa sangat besar sehingga Rasulullah SAW terpaksa menunggu Arahan Allah SWT untuk memaafkan kesalahan tersebut.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadist Riwayat Bukhari Muslim bahwa:

أَيُّهَا النَّاسُ لَا تَتَمَنَّوْا لِقَاءَ الْعَدُوِّ وَسَلُوا اللَّهَ الْعَافِيَةَ فَإِذَا لَقِيتُمُوهُمْ فَاصْبِرُوا وَاعْلَمُوا أَنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ ظِلَالِ السُّيُوفِ

Wahai manusia, janganlah kamu mengharapkan bertemu musuh, tetapi mohonlah keselamatan kepada Allâh. Jika kamu bertemu musuh, maka bersabarlah dan ketahuilah bahwa sorga itu di bawah naungan pedang. (HR. Bukhari, no. 3024; Muslim, no. 1742)

Allah SWT juga telah berfirman terkait hal ini yakni:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu, Maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur). Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (sisat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, Maka Sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahannam. dan Amat buruklah tempat kembalinya.” (QS. Al- Anfal ayat 15-16)

6. Menuduh Wanita Sholehah Berzina

dosa yang tidak diampuni Allah
sumber : unsplash.com

Orang yang menuduh wanita sholehah Berzina tidak akan hilang dosanya kecuali memohon maaf pada wanita tersebut. Jika wanita sholehah tersebut memaafkan, maka terhapuslah dosanya dan penuduh boleh bertaubat.

Hal ini tercantum dalam firman Allah SWT berikut ini:

إِنَّ الَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ لُعِنُوا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuata zina), mereka dilaknat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar (Qs. An-Nur : 23)

Demikianlah ulasan mengenai 6 Dosa yang tidak diampuni Allah SWT. Naudzubillahimindzalik. Semoga dengan adanya artikel ini kita bisa menghindari perbuatan dosa ini dan menjadi manusia yang selalu taat akan perintahNya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi peningkat keimanan Anda.

Untuk membaca artikel islami lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

×