Tata Cara dan Doa Sholat Taubat Nasuha | Terlengkap dengan Artinya

Tata cara dan doa sholat taubat nasuha perlu diketahui oleh setiap muslim karena penting adanya. Setiap orang past pernah melakukan kesalah dan dosa, maka sepatutnya memohon ampun pada Allah SWT.

Salah satu cara meminta pengampunan terbaik adalah dengan melaksanakan sholat taubat nasuha. Untuk itu, berikut kami ulas tentang tata cara dan doa sholat taubat nasuha.

Sholat taubat nasuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah seseorang melakukan dosa untuk taubat yang sesungguhnya. Ibadah ini dilakukan ini untuk memohon ampunan dari Allah. Anjuran untuk melaksanakan sholat ini ada pada surat at-tahrim ayat 8 seperti berikut,

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Allah menyukai Muslim yang hendak bertaubat sebagaimana difirmankan dalam surat Al-Baqarah 2:22 berikut

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.”

Dari ayat-ayat ini bisa disimpulkan bahwa sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah adalah orang yang bilamana berbuat kesalahan langsung bertaubat kepada-Nya.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Tahajud | Lengkap dengan Niat, Doa dan Keutamaan

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

doa sholat taubat nasuha
sumber : pexels.com

Hendaknya kita melakukan sholat taubat sendirian karena sholat ini merupakan sholat nafilah yang bukan untuk berjamaan

Langsung saja kita simak Tata cara shalat taubat nasuha berikut ini

  1. Niat

Sama seperti shalat lainnya, mengawali shalat taubat adalah dengan bacaan niat khusus. Bacaan niat sholat taubah nasuha adalah sebagai berikut :

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Usholli sunnatat taubati rokaataini lillahi ta’aala.

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

  1. Takbiratul Ihram
  2. Membaca Doa iftitah
  3. Baca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat Alquran
  5. Rukuk
  6. I’tidal
  7. Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  8. Duduk di antara dua sujud (Membaca doa ‘Robbighfirlii warhamnii…’)
  9. Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  10. Bangun melanjutkan rakaat kedua
  11. Tasyahud akhir
  12. Salam
  13. Membaca doa dan istighfar memohon ampunan

Baca Juga : Kumpulan Doa Jumat Berkah dan Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah

Doa Sholat Taubat Nasuha

doa sholat taubat nasuha
sumber : pexels.com

Selesai melaksanakan shalat taubat, selanjutnya membaca doa serta istighfar dengan penyesalan untuk menjauhkan diri dari perilaku dosa.  Selanjutnya, adalah membaca doa-doa berikut ini

Bacaan Doa Nabi Adam dan Hawa

Berikut ini adalah istighfar dan doa taubat Nabi Adam dan Hawa yang tercantum pada Surat Al A’raf ayat 23:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Robbana dholamna anfusana waillam taghfirlana watarhamna lana kuunanna minal khosirin

Artinya: Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi

Bacaan Istighfar Setelah Sholat Taubat Nasuha

Astaghfirullaahal Azhiima, Alladzii Laailaaha Illa Huwal Hayyul Qayyuumu Waatuubu Ilaihi Taubat A ‘Abdin Zhaalimiin Laayamliku Linafsihi Dlarran Walaa Naf’an Wa Laa Mautan Walaa Hayaatan Walaa Nusyuu Raa.

Artinya : “Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu jaga. Saya memohon taubat kepadaNya, selaku taubatnya seorang .hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat madlarrat atau manlaat, untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti”

Baiknya kita membaca doa ini 100 kali dengan setulus-tulusnya. Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti anjuran Rasulullah SAW berikut ini:

Sayyidul Istighfar

Istighfar ini merupakan istighfar terbaik. Rasulullah menyebutnya sayyidul istighfar. Imam Bukhari menyebutnya istighfar yang paling utama.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A ‘udzu bika min syarri maa shona’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Demikianlah tata cara dan bacaan doa sholat taubat nasuha untuk pengampunan dosa.  Setelah melaksanakan taubat nasuha ini sebaikya kita bersedekah dan melakukan amalan baik lainnya.

Semoga kita senantiasa mengamalkan ibadah ini dan menjadi orang yang selalu dalam keadaan suci serta tidak melakukan dosa seperti sebelumnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Untuk membaca artikel kumpulan doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos

×