4 Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab dan Artinya, Insya Allah Diijabah!

Dalam Islam, ketika kita memiliki permintaan ataupun kebutuhan kepada Sang Pencipta, kita dianjurkan untuk melakukan solat hajat sebagai suatu bentuk komunikasi. Setelah itu, untuk menyempurnakannya maka perlu mengucapkan doa setelah sholat hajat yang mustajab. 

Berdoa setelah melaksanakan sholat hajat merupakan momen yang diyakini manjur dan berpeluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. 

Meskipun kita telah melaksanakan shalat hajat dengan khyusuk, tetapi tidak lengkap rasanya apabila kita tidak menengadahkan tangan untuk mengobrol dengan Allah SWT sebagai Maha Pemberi dan Maha Mengabulkan. 

Jadi, apa saja keutamaan berdoa setelah sholat hajat? Dan apa saja doa setelah sholat hajat yang mustajab dan bagaimana tata cara sholatnya? Simak informasi di bawah ini untuk tahu lebih lengkap! 

Baca juga: Niat Sholat Qiyamul Lail dan Tata Cara Shalatnya, Yuk Disimak! 

Bagaimana Tata Cara Sholat Hajat?

doa setelah sholat hajat yang mustajab
Sumber: pexels.com

Apabila kamu belum mengetahui bagaimana tata cara sholat hajat yang benar sesuai syariat Islam, simak tata cara sholat hajat di bawah ini.

  1. Mengucap niat sholat hajat, أُصَلِّيْ سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى (Ushalli sunnatal hajati rak’ataini ada’an lillahi ta’ala) yang artinya: Sengaja aku sholat sunnah hajat dua rakaat tunai karena Allah Taala.
  2.  Takbiratul ihram dan membaca doa iftitah
  3. Membaca surah Al-Fatihah
  4. Membaca Ayat Kursi dan dilanjutkan dengan surah Al-Ikhlas
  5. Rukuk, lalu iktidal
  6. Sujud, kemudian duduk di antara dua sujud
  7. Sujud kedua, lalu berdiri dan ulangi untuk melanjutkan ke rakaat kedua dengan bacaan serupa
  8. Membaca tahiyat akhir dan akhiri dengan salam
  9. Berdzikir dan membaca rangkaian doa setelah sholat hajat yang mustajab

Baca juga: 8 Doa dan Dzikir untuk Membalas Sakit Hati kepada Seseorang

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab 

doa setelah sholat hajat yang mustajab

1. Dzikir Setelah Sholat Hajat

Sumber: pexels.comSesudah menyelenggarakan sholat hajat, kita tidak hanya disunnahkan untuk melantunkan doa, namun Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk membaca dzikir. Hal ini bertujuan sebagai pujian atas keagungan Allah SWT, permohonan ampun, dan perlindungan diri dari keburukan. 



Berikut dzikir-dzikir yang menjadi sunnah sebelum doa sholat hajat.

Tasbih, Tahmid, dan Takbir

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah wallahu akbar

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah dan Allah Maha Besar.

Baca dzikir ini sebanyak 33 kali masing-masing, atau 33 kali tasbih, 33 kali tahmid, dan 34 kali takbir.

Kalimat Tauhid

لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير

La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir

Artinya: Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Baca kalimat tauhid ini sebanyak satu kali.

Doa Iftitah

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antas salamu wa minkas salamu tabarakta ya dzal jalali wal ikram

Artinya: Ya Allah Engkau adalah As-Salam (Dzat Yang Maha Memberi keselamatan) dan dari Engkaulah kesejahteraan itu berasal. Mahasuci Engkau wahai Dzat Yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Dibaca sebanyak satu kali.

Dzikir dengan  Beristighfar

أستغفر الله أستغفر الله أستغفر الله

Astaghfirullah astaghfirullah astaghfirullah

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah. Aku memohon ampun kepada Allah. Aku memohon ampun kepada Allah.

Dibaca sebanyak tiga kali.

2. Shalawat Nabi Sebelum Membaca Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab

Setelah berdzikir, lanjutkan dengan sholawat nabi berikut ini.

اللّهُمّ صَلّ عَلٰى مُحَمّدٍ وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد، اللّهُمّ بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد

“Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim innaka hamidun majid.”

Artinya: Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. 

Ya Allah berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

Baca shalawat ini sebanyak satu kali.

2. Surah Setelah Sholat Hajat dan Artinya

Jika sudah membaca dzikir setelah sholat hajat dan sholawat nabi, kita bisa membaca surah Al-Fatiha dan Surat Al-Ikhlas terlebih dahulu. 

Kedua surat ini merupakan surat dengan makna yang dalam mengenai pengakuan bahwa Allah Yang Maha Esa dan berharap atas pertolongan-Nya. 

Selain itu, untuk menyempurnakannya, juga bisa membaca Surat Yasin, terutama pada ayat 58 yang berisi doa, Salamun Qaulam mir Rabbir Rahim.”

3. Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab 

dan Artinya 

Berikut merupakan doa setelah sholat hajat yang mustajab, beserta latin dan artinya. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلا غَفَرْتَهُ وَلا هَمًّا إِلا فَرَّجْتَهُ وَلا حَاجَةً هِي لَك رِضًا إِلا قضيتها يا أرحم الراحمين

“Allahumma inni as-aluka mujibati rahmatika wa aza-ima maghfirataka wal ghanimata min kulli birrin was salamata min kulli itsmin la tada’ li dzanban illa ghafartahu wa la hamman illa farrajtahu wa la hajatan hiya laka ridan illa qadhaytaha ya arhamar rahimin.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu sebab-sebab rahmat-Mu dan ketetapan-ketetapan ampunan-Mu dan keuntungan dari segala kebajikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan bagiku dosa melainkan Engkau ampuni dan kesusahan melainkan Engkau hilangkan dan hajat yang Engkau ridhai melainkan Engkau kabulkan. Wahai Dzat Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang.

4. Doa Singkat Setelah Sholat Hajat dan Artinya 

Doa yang kita panjatkan setelah sholat hajat sejatinya akan mustajab jika kita benar-benar yakin akan Allah SWT ijabah, dan meminta dengan hati yang tulus serta bersih. 

Namun, ada juga beberapa doa yang Rasulullah SAW ajarkan dan mustajab, seperti doa Nabi Yunus AS ketika berada di dalam perut ikan:

لا إلَهَ إِلَّا أنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Laa ilaaha illa anta, subhanaka inni kuntu minadz dzalimin.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang yang zalim.”

Selai berbagai doa di atas, simak tayangan berikut ini untuk mendapatkan doa hajat yang mustajab lainnya.

Keutamaan Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab

doa setelah sholat hajat yang mustajab
Sumber: pexels.com

Sebenarnya apa sih keutamaan berdoa setelah sholat hajat? Berikut merupakan berbagai keutamaan dan manfaatnya.

1. Momen yang Efektif 

Dari berbagai hadist menyebutkan bahwa berdoa setelah sholat, baik itu sholat hajat ataupun sholat lainnya dinilai sebagai langkah efektif dan ampuh untuk mendapatkan pengabulan dari Allah SWT.  

Sehingga, doa sesudah sholat hajat dapat memperluas peluang permintaan seseorang terwujudkan dan dikabulkan Allah SWT. 

2. Memperlihatkan Ketergantungan Kepada Allah

Ketika seorang hamba mengucapkan bacaan setelah sholat hajat kepada Tuhan nya, ini memperlihatkan bahwa ia mempererat hubungannya dengan Sang Pencipta. 

Melalui doa, kita mereka lebih dekat dan akrab dengan-Nya, sehingga turut meningkatkan keimanan kita. 

3. Memperkuat Hubungan dengan Allah

Ketika kita merasa jauh dari Tuhan, maka solusinya adalah dengan mempererat hubungan kembali kepada-Nya. 

Berdoa merupakan salah satu solusi yang paling ampuh untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Sehingga, sebagai hamba kita dapat berkeluh kesah dengan Allah SWT dan mendekatkan diri kembali. 

4. Penghilang Kekhawatiran

Doa sesudah sholat hajat juga dapat menolong kita untuk menghilangkan rasa khawatir dan stres terhadap berbagai permasalahan dunia. 

Ketika seseorang berdoa, maka ia menyerahkan seluruh masalah dan kekhawatirannya kepada Allah, dan ini dapat membantu menenangkan diri dan menjadi damai. 

5. Memperkuat Kepercayaan dan Keyakinan

Apabila kita berdoa dan kemudian dikabulkan, ini dapat memperkuat kepercayaan kepada Allah, sehingga turut meningkatkan keimanan. 

Ikhtiar Mendapatkan Penghasilan Tambahan dengan Peluang Bisnis Tanpa Modal

Itulah beberapa rangkaian doa setelah sholat hajat beserta artinya yang mustajab dan bisa kamu amalkan. Semoga rangkaian informasi pada artikel ini dapat bermanfaat.

Sebagai umat muslim, kamu dapat mengamalkan dan melaksanakan sholat hajat beserta doa nya untuk meminta apapun yang kamu butuhkan kepada Allah SWT. 

Baik itu dalam persoalan karir, rumah tangga, keluarga, dan urusan dunia lainnya, termasuk memohon permintaan untuk kelancaran rezeki dalam berbisnis. 

Apabila kamu sedang menjalankan usaha, selain berdoa kepada Allah melalui doa hajat, kamu juga bisa berikhtiar dengan mempercayai keberjalanan bisnis bersama Evermos. 

Sebab Evermos percaya bahwa berkah dalam bisnis bisa terwujud melalui produk yang halal dan bermanfaat. Kamu bisa bergabung menjadi bagian dari misi Evermos untuk mendukung umat Muslim melalui bisnis yang berkah dan bermanfaat. 

Mari wujudkan keberkahan bersama Evermos, selaras dengan hajat dan doa kita semua, dengan mendaftarkan diri sebagai reseller secara gratis di aplikasi Evermos. 

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)