Niat Sholat Qiyamul Lail dan Tata Cara Shalatnya, Yuk Disimak!

Niat sholat qiyamul lail –  Menjadi umat yang disayangi oleh Allah SWT adalah dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya.

Salah satu cara mendekatkan diri pada Allah sebagai umatnya dengan menjalankan ibadah sunnah seperti shalat sholat malam. 

Sholat malam ini dikenal sebagai sholat qiyamul lail. Pernahkah mendengar istilah ini? Ibadah malam ini sebenarnya banyak ragamnya seperti shalat hajat, shalawat dan dzikir. 

Semuanya dilakukan semata-mata hanya untuk penghambaan kepada Allah SWT. 

Lalu seperti niat sholat qiyamul lail dan tata cara solatnya? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

Arti/Makna Qiyamul Lail

Sumber : Pexels.com

Secara harfiah, “Qiyamul Lail” berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yaitu “Qiyam” yang artinya berdiri dan “Lail” yang artinya malam. Jadi, Sholat Qiyamul Lail dapat diartikan sebagai sholat malam yang dilakukan dengan berdiri.

Keutamaan Sholat Qiyamul Lail

Niat Sholat Qiyamul Lail dan Tata Cara Shalatnya, Yuk Disimak!
Sumber : Pexels.com

Qiyamul Lail adalah ibadah solat malam yang sangat di anjurkan dan merupakan sholat sunnah yang sering di kerjakan oleh Hamba Allah. 

Nabi Muhammad SAW juga hamba Allah yang setiap hari mengerjakan shalat Qiyamul Lail. karena khusus untuk Rasullulah hukum shalat ini wajib. 

Sedangkan bagi kaum muslimin hukumnya sunnah. Namun meski begitu sholat qiyamul lail adalah pencegah dan penggugur dosa. 

Terdapat hadist yang menyatakan hal ini adalah sebagai berikut : 

Dari Bilal, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda;

Hendaklah kalian (biasa) mengerjakan Shalat Malam, karena sesungguhnya ia merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Sesungguhnya qiyamul lail (merupakan sarana) untuk mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, dan penghapus dosa-dosa.” (HR. Tirmidzi Juz 5: 3549). 

Melakukan sholat qiyamul lail juga salah satu kebiasaan orang-orang shaleh yang disebutkan dalam Al-Quran sebagai berikut : 

 ”Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka.” (QS. Al-Furqan: 64).

Pastinya untuk memaksimalkan ibadah makin nyaman pasti perlu peralatan ibadah yang lebih proper bukan?

Ibadah bisa lebih nyaman dan bermakna dengan alat-alat sholat yang ada di Evermos.

Salah satu alat ibadahnya adalah sajadah dari merk nafeesa yang bisa disesuaikan dengan inisial nama kita lho. 

Bisa di jadikan hadiah untuk orang-orang tersayang! yuk beli sekarang di Evermos

Nafeesa Sajadah 

Perbedaan Sholat Qiyamul Lail dan Shalat Tahajud

Sumber : Pexels.com

Sholat Qiyamul Lail dan Tahajud adalah dua jenis sholat malam yang sering dilakukan oleh umat Muslim. Meskipun keduanya dilakukan pada waktu malam hari, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya, yaitu:

1. Waktu pelaksanaan

Sholat Qiyamul Lail dilakukan setelah sholat Isya dan sebelum sholat subuh, sedangkan sholat Tahajud dilakukan setelah tidur malam dan sebelum waktu sholat subuh.

2. Niat

Niat sholat Qiyamul Lail adalah melakukan sholat malam dengan melakukan rakaat-rakaat sholat, sedangkan niat sholat Tahajud adalah sholat malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur.

3. Jumlah rakaat

Sholat Qiyamul Lail biasanya dilakukan dengan melakukan beberapa rakaat sholat, dengan jumlah rakaat yang tidak ditentukan, sedangkan sholat Tahajud dilakukan dengan melakukan dua rakaat sholat, yang dapat diulang sebanyak-banyaknya.

4. Pahala

Kedua sholat ini memiliki pahala yang besar di sisi Allah SWT, namun sholat Tahajud memiliki pahala yang lebih besar karena dilakukan pada waktu yang lebih suci dan sukar untuk dilaksanakan.

5. Sunnah atau Tidak

Sholat Qiyamul Lail adalah sholat sunnah, yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk melaksanakannya, sedangkan sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan dan termasuk salah satu ibadah yang paling utama.

Sebagaimana yang diketahui ibadah pun sebenarnya kita harus terlihat baik di mata Allah dalam keadaan bersih dan menggunakan pakaian terbaik.

Tentunya semua produk baju ibadah seperti baju koko juga ada di Evermos, kami menyarankan produk Uzan sebagai koko andalan.

Jelang bulan puasa seperti ini juga bisa dijadikan Hampers. yuk langsung beli di Evermos

Uzan Baju Koko

Bagaimana Niat Sholat Qiyamul Lail? 

Bagaimana Niat Sholat Qiyamul Lail? 
Sumber : Pexels.com

Karena sholat qiyamul lail sebenarnya adalah sholat malam, maka membaca niatnya pun sama seperti hendak melaksanakan sholat tahajud sebagai berikut : 

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala.”

Tidak hanya laki-laki, perempuan juga ingin bisa proper dalam beribadah bukan?

Di Evermos hadir dengan produk-produk mukena lembut dan berkualitas. kami menyarankan produk dari Nafeesa sebagai mukena pilihan untuk ibadah Shalat Malam.

Agar lebih berkah bisa juga dijadikan hadiah untuk saudara terdekat bukan? yuk langsung aja belanja di Evermos!

Mukena Nafeesa 

Doa Qiyamul Lail

Sumber : Pexels.com

Doa Qiyamul Lail tidak memiliki doa khusus yang harus dibaca. Namun, ada beberapa doa yang sering dibaca oleh umat Muslim ketika melaksanakan sholat Qiyamul Lail, antara lain:

1. Doa Tahajud

“Subhanallahil ‘adhim, wal hamdu lillahi kathiran, wa subhanallahi bukratan wa asilan. Allahumma inni astaghfiruka wa atubu ilaik.”

Artinya: “Mahasuci Allah yang Mahaagung, segala puji bagi Allah yang banyak, dan mahasuci Allah pada pagi dan petang. Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

2. Doa Istighfar

“Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyal qoyyumu wa atubu ilaih.”

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Mahaagung, yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Subsisten. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

3. Doa Kekhusyukan

“Allahumma inni a’udzu bika min qalbin la yakhsha’, wa min nafsin la tashba’, wa min ‘ilmin la yanfa’, wa min du’a’in la yustajabu lahu.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hati yang tidak takut kepada-Mu, dari nafsu yang tidak pernah merasa cukup, dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari doa yang tidak pernah dijawab.”

Tata Cara Sholat Qiyamul Lail 

Tata Cara Sholat Qiyamul Lail 
Sumber : Pexels.com

Sebenarnya tata cara  sholat Qiyamul lail itu sama saja seperti seperti shalat fardhu pada umumnya. 

Namun biasanya shalat ini dikerjakan 2 rakaat, 2 rakaat dengan jumlah yang tak terbatas lalu di tutup dengan shalat witir sebanyak 3 rakaat. 

Namun meski demikian menurut hadist riwayat Bukhairi Rasullulah dahulu mengerjakan sholat Qiyamul lail sebanyak 11 rakaat hingga 13 rakaat, tidak pernah lebih dari itu. 

Jadi tidak ada salahnya mengikuti shalat seperti Rasullulah SAW. 

Ibadah malam juga tak lengkap jika hanya shalat saja. agar ibadah semakin bermakna shalawat serta dzikir perlu kita lakukan.

Evermos juga punya produk aneka tasbih sesuai kebutuhan. kami sarankan dengan menggunakan produk tasbih digital untuk bisa mengetahui jumlah shalawat serta dzikir yang telah di ucapkan.

langsung saja kunjungi Katalog Evermos!

Boba Gudang – Tasbih Digital

Waktu yang Tepat untuk Qiyamul Lail 

Waktu yang Tepat untuk Qiyamul Lail 
Sumber : Pexels.com

Di lansir dari Muhammadiyah, waktu pelaksanaan yang tepat untuk mengerjakan shalat qiyamul lail itu setelah Shalat Isya sampai sebelum waktu subuh, namun yang paling baik adalah pada sepertiga akhir malam. 

Demikianlah artikel tentang niat sholat qiyamul lail beserta tata cara dan keutamaannya. Semoga bermanfaat. 

Mengerjakan sholat malam banyak manfaatnya dan merupakan salah satu ciri dari orang sholeh seperti yang sudah disebutkan dalam Al-Quran. 

Namun tentu saja kita membutuhkan alat-alat ibadah yang nyaman dipakai serta punya kualitas baik bukan? 

Cek langsung di Evermos, banyak sekali produk alat-alat ibadah dengan kualitas baik dari supplier terpercaya serta nyaman dipakai. 

Bagi yang ingin menjadi reseller alat ibadah juga bisa lho. Daftar langsung jadi reseller Evermos yuk dengan klik di bawah ini

DAFTAR DISINI SEKARANG

Jangan lewatkan juga artikel informatif lainnya hanya di Blog Evermos