Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Beserta Manfaatnya

Shalat subuh identik dengan bacaan doa qunut. Doa qunut dibacakan saat rakaat kedua setelah melakukan ruku saat I’tidal. Sudah tahukah bagaimana bacaannya? Jika belum, yuk kita simak ulasan doa qunut sholat subuh berikut ini.

Rasulullah SAW mendoakan umat Islam yang biasa bangun pagi untuk mengerjakan shalat shubuh. Ibadah Sholat Subuh menjadi pembuka hari sekaligus pembuka pintu rahmat. Apalagi, jika ditambah dengan doa qunut sholat subuh yang banyak keutamannya.

Mari kita rutin amalkan bacaan qunut ini agar mendapat manfaatnya. Sebelumnya, kita ketahui dulu bacaan doa qunut sholat subuh dan kumpulan manfaatnya pada artikel berikut ini.

Hukum dan Dalil Doa Qunut Sholat Subuh

doa qunut sholat subuh
sumber : pexels.com

Hukum dari doa qunut ini adalah sunah. Di antara sahabat yang mensunahkannya ialah di Abu Bakar As-Sidiq, Umar bin Khatab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Tholib, Ibnu Abbas dan Barra Bin Aziz.

Dalil yang menjadi pedoman untuk mensunahkan doa qunut ini adalah hadist Riwayat dari Anas bin Malik yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : “Beliau berkata, “Rasulullah senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.” (HR. Ahmad).

Imam An-Nawawi ra pun berkata di dalam kitab Al-Adzkar bahwa:

إِعْلَمْ، أَنَّ الْقُنُوتَ فِي صَلاَةِ الصُّبْحِ سُنَّةٌ لِلْحَدِيْثِ الصَّحِيْحِ فِيْهِ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : ” أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، لَمْ يَزَلْ يَقْنُتُ فِي الصُّبْحِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا”. رواه الحاكم أبو عبد الله في كتاب الأربعين، وقال : حديثٌ صحيحٌ.

Ketahuilah, sesungguhnya qunut di dalam sholat shubuh adalah sunnah, karena ada hadits yang shohih di dalamnya dari Anas r.a, : “Sesungguhnya Rasulullah SAW, tidak henti-hentinya melakukan qunut di dalam sholat shubuh, sehingga beliau meninggal dunia”. (H.R. Al-Hakim Abu Abdillah di dalam kitab Al-Arbain). Dan beliau berkata : Hadits ini adalah shohih.

Ingin mengetahui doa doa yang bisa diamalkan sehari-hari? Segera miliki produk Al-Qur’an ataupun speaker Quran, yang akan memudahkan Anda terutama untuk menghafal.

Tak hanya bisa Anda miliki sendiri produknya, Anda pun bisa menjual produk tersebut dengan cara menjadi reseller Evermos.



Jadi Reseller Gratis

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Arab dan Latin

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh

doa qunut sholat shubuh
Sumber: google/bersosial

Kita telah mengetahui dasar hukum dan dalil dari doa qunut ini. Selanjutnya, mari kita simak langsung bacaan qunut setelah shubuh berikut ini :

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Allahummahdinii fii man hadait, wa‘aafini fii man ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallait, wa baariklii fii maa a‘thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhoo ‘alaik, wa innahuu laa yadhillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.”

Artinya: Ya Allah, berikanlah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, Berilah kami perlindungan seperti orang-orang yang telah Engkau beri perlindungan. Berilah kami pertolongan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri pertolongan. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan. Tidak akan hina orang yang Engkau lindungi. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha luhur. Segala puji bagi-Mu dan atas segala yang Engkau pastikan. Kami memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Baca Juga : Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha Terlengkap dengan Dzikir dan Artinya

Doa Qunut Sholat Subuh Berjamaah

doa qunut sholat subuh
Sumber: google/bersosial

اَلَّلهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ,وَعَافِنَا فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنّا فِيْمَنْ تَوَلَّيَتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِى وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِنَّهُ لَايَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَايَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ اْلحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ اِلَيْكَ.

“Ya Allah, berikanlah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, Berilah kami perlindungan seperti orang-orang yang telah Engkau beri perlindungan. Berilah kami pertolongan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri pertolongan. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan. Tidak akan hina orang yang Engkau lindungi. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha luhur. Segala puji bagi-Mu dan atas segala yang Engkau pastikan. Kami memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Ingin berikhtiar dengan menjual produk yang kaya manfaat dan bisa membuahkan pahala? Mari gabung menjadi reseller Evermos, jualan produk-produk halal dan pastinya menggunakan sistem syariah Islam.

Tunggu apalagi? Gabung dan daftarkan diri Anda menjadi reseller Evermos!

daftar disini sekarang

Manfaat Membaca Doa Qunut Sholat Subuh

doa qunut sholat subuh
Sumber: google/bersosial

Memohon Petunjuk

Dalam doa qunut, mulai dari kalimat “Allahumahdina fiiman hadait” kita sudah memohon kepada Allah agar diberikan hidayah.

Sebagian ulama mengatakan bahwa bukan hanya meminta petunjuk tapi juga dimasukkan dalam golongan orang-orang yang diberikan petunjuk dan dihindarkan dari kesesatan.

Memohon Perlindungan Allah

Kita juga meminta perlindungan Allah dari segala bentuk marabahaya dan penyakit. Perlindungan ini sangat luas artinya mulai dari perlindungan jin, sihir dan sejenisnya mmaupun perlindungan dari bahaya kasat mata seperti kecelakaan dan bencana.

Mendapat Berkah Melimpah

Bacaan doa qunut juga berarti kita meminta agar mendapat keberkahan dalam hidup baik harta, anak maupun jodoh yang baik.

Memohon kemuliaan dan kasih sayang Allah SWT

Doa qunut juga merupakan bentuk perwujudkan kita dalam memohon agar terhindar dari sifat hina agar dimuliakan. Kita juga meminta disayangi Allah SWT.

Demikianlah ulasan mengenai bacaan doa qunut sholat shubuh. Ternyata, meskipun sunnah namun doa qunut ini memiliki banyak makna dan keistimewaan yang bisa diperoleh dalam kehidupan.

Oleh karena itu, mari kita rutin amalkan doa ini setelah sholat shubuh ya.

selain melalui doa tentu kita perlu berikhtiar untuk mendapatkan keberkahan tersebut. Kita perlu berikhtiar dalam mencapai rezeki.

Nagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis untuk penghasilan tambahan, maka Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama dan mulai berjualan! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

mulai jualan sekarang

Sekian artikel mengenai Doa qunut sholat shubuh. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Untuk membaca kumpulan doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)