9 Doa Menempati Rumah Baru dalam Islam Agar Membawa Berkah dan Kebaikan 

Menghuni rumah baru menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Jika Anda akan pindah ke rumah baru, jangan lupa amalkan doa menempati rumah baru agar berkah, ya!

Dalam Islam, segala aktivitas yang kita lakukan harus diawali dengan doa sehari-hari agar mendapatkan kelancaran dan keberkahan. 

Sama halnya ketika menempati rumah baru, baik itu rumah yang sebelumnya sudah pernah dihuni maupun rumah yang belum pernah ditempati sama sekali, maka juga perlu didoakan.

Sebab, rumah yang sebelumnya kosong tersebut akan Anda tempati bersama keluarga ataupun sendiri dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Selain agar mendapatkan berkah dan kebaikan, membaca doa menempati rumah baru juga akan menjaga Anda dan keluarga dari berbagai musibah dan ancaman lainnya. 

Sudah tahu bacaan doa menempati rumah baru dalam Islam? Jika belum, yuk simak dan amalkan doa-doanya berikut ini. 

Baca juga: Kumpulan 5 Doa Ingin Punya Rumah Sendiri Agar Terkabul

Dzikir dan Doa Menempati Rumah Baru Arab dan Latin Beserta Artinya

doa menempati rumah baru
Sumber: canva.com

1. Membaca Surah Al-Fatihah Tiga Kali 

Ketika Anda baru memasuki rumah yang akan Anda huni, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca surah Al-Fatihah sebanyak tiga kali. 

Dengan membaca surah Al-Fatihah ketika menempati rumah baru, maka Insya Allah Anda dan orang lain di rumah tersebut akan mendapatkan kelancaran dan keberkahan dalam hidup.

Selain itu, surah Al-Fatihah juga menjadi doa perlindungan ketika menghuni rumah baru. 

2. Membaca Surah Al-Baqarah Sebagai Doa Menempati Rumah Baru dalam Islam

Doa menempati rumah baru selanjutnya yaitu dengan membaca surah Al-Baqarah dari awal hingga akhir. 

Membaca surah Al-Baqarah ini adalah anjuran langsung dari Rasulullah SAW kepada umatnya ketika akan menempati rumah baru agar rumah tersebut tidak seperti kuburan. 

Sebab, rumah adalah tempat tinggal yang di dalamnya berlangsung ibadah dan perbuatan baik lainnya. Sehingga jangan sampai seisi rumah terhasut oleh godaan setan. 

Surat Al-Baqarah sendiri merupakan surat yang dapat membantu kita agar terhindar dari gangguan setan. Seperti hadits riwayat Hakim, Rasulullah SAW bersabda: 

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al-Baqarah.” (HR. Hakim).

Baca juga: 5 Doa Meminta Perlindungan Allah dari Musibah dan Penyakit.

3. Membaca Surah Al-Mu’minun Ayat 28-29

Selanjutnya, setelah membaca surah Al-Baqarah, maka bacalah surah al-Mu’minun ayat 28-29. Berikut ini bacaan Arab, Latin, dan artinya: 

فَإِذَا ٱسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى ٱلْفُلْكِ فَقُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى نَجَّىٰنَا مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ ۞ وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

(28) Fa iżastawaita anta wa mam ma’aka ‘alal-fulki fa qulil-ḥamdu lillāhillażī najjānā minal-qaumiẓ-ẓālimīn.

(29) Wa qur rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn

Artinya: (28) “Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim”.  (29) Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat”.

4. Membaca Surah Al-Ikhlas Satu Kali

Kemudian, Anda dapat melanjutkannya dengan melantunkan surah Al-Ikhlas. Berikut ini bacaannya: 

قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌ ۞ اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌ ۞ لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ ۞ وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ۞

Qul huwallāhu aḥad allāhuṣ-ṣamad lam yalid wa lam yụlad wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad.

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.”

Selain berdoa, dalam beberapa kepercayan juga ada penentuan hari baik pindah rumah. Anda bisa baca disini: Cara Menentukan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam, Primbon, Hingga Arah Mata Angin.

Kumpulan Doa Ucapan Syukur Menempati Rumah Baru

doa menempati rumah baru
Sumber: canva.com

Selain bacaan doa- doa menempati rumah baru dalam Islam di atas, juga ada beberapa doa yang memang khusus untuk dapat kita amalkan ketika menghuni rumah baru. 

Berikut ini adalah beberapa doa dari hadits yang dapat Anda amalkan. 

1. Doa Syukuran Menempati Rumah Baru

Ketika menempati rumah baru, jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah atas rezeki dan kesempatan yang Anda dapatkan saat itu. 

Untuk itu, Anda dapat mengucap syukur sekaligus membaca doa berikut ini. 

Ini adalah tulisan Arab dari doa yang Anda berikan dengan harakat (tanda-tanda vokal) yang sesuai.

doa menempati rumah baru
Sumber: blog.evermos.com

Allâhumma yâ man falaqal bahra li Mûsâ bin ‘Imrân, wa najjâ Yûnusa min bathnil hût, wa sayyaral fulka li man syâ’a, antal ‘âlimu bi ‘adadi qathril bihâri, wa dzarrâtir rimal.

Yâ Khâliqa ashnâfi ‘ajâ’ibil makhlûqât. As’alukal kifâyah, yâ kâfiya man istakfâh, yâ Mujîba man da‘âh, yâ muqîla man rajâh.

Antal kâfi, lâ kâfiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhâfu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hâdzâ khairan wa barakah.

Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Muhammadin wa âlihi wa shahbih wa sallim.

Artinya: “Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki.

Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk.

Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya.

Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi.

Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan.

Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

2. Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dari Hadits Abu Daud 

Dari hadits riwayat Abu Daud, menjelaskan bahwa ketika Anda menghuni rumah baru maka mintalah kebaikan atas rumah tersebut dengan melantunkan doa berikut ini: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْن

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud).

Baca juga: Jangan Lupa Amalkan Doa Mohon Perlindungan dari Bencana Alam Ini.

3. Doa Memohon Perlindungan di Rumah Baru dari Hadits Imam Muslim 

Selanjutnya,riwayat hadits Imam Muslim, menyebutkan bahwa ketika Anda memasuki rumah baru maka berdoa jugalah agar mendapatkan perlindungan Allah SWT. 

Berikut ini bacaan doa menghuni rumah baru agar mendapatkan perlindungan Allah SWT. 

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR. Imam Muslim).

4. Doa Menempati Rumah Baru dalam Islam dari Hadits Anas Bin Malik 

Doa menempati rumah baru selanjutnya dari hadits riwayat Anas Bin Malik, ketika menempati hunian baru, maka Anda harus memohon agar keluarga, harta, dan anak mendapat penjagaan dari Allah SWT. 

Berikut ini bacaan doa nya: 

مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.

Artinya: “Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.” (HR. Anas bin Malik).

5. Doa Ketika Menetap Lama di Rumah Baru 

Doa selanjutnya dapat Anda amalkan ketika hendak menetap dalam jangka waktu yang cukup lama di sebuah tempat hunian seperti rumah sewa. 

Selain itu, doa ini juga bisa Anda baca ketika sedang bepergian dan menginap di hotel maupun tempat penginapan lainnya. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، بِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii asaluka khara al-maulaja wa khaira al-makhraja, bismillahi walajna bismillahi kharajna, wa ‘ala allahi rabbina tawakkalnaa”.

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepadamu sebaik-baiknya tempat masuk dan sebaik-baiknya tempat keluar, dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami berserah diri”.

Itulah beberapa doa menghuni rumah baru yang dapat Anda baca dan amalkan. Semoga ulasan di artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga!

Untuk membaca informasi menarik lainnya, Anda bisa kunjungi blog Evermos, ya!

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi platform Evermos untuk mendapatkan penawaran memulai bisnis tanpa perlu modal dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Caranya praktis, Anda cukup daftarkan diri secara gratis sebagai reseller melalui tombol di bawah ini, dan dapatkan berbagai manfaat dan keuntungganya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, sobat Evermos!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)