Kumpulan 5 Doa Ingin Punya Rumah Sendiri Agar Terkabul

Doa ingin punya rumah sendiri menjadi salah satu doa yang dicari oleh banyak orang. Pasalnya rumah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi setiap keluarga. Tentu saja bagi pasangan baru yang sudah menikah memiliki rumah sendiri untuk membangun bahtera rumah tangganya.

Islam mengajarkan para pemeluknya untuk berdoa apabila menginginkan suatu hal, sebab berharap dan meminta kepada Allah SWT merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap manusia.

Penjelasan mengenai pentingnya berdoa bagi seorang muslim terdapat dalam Al-Quran.

Allah SWT telah berfirman dalam Q.S Al Mu’min ayat 60 sebagai berikut,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya:”Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Doa Ingin Punya Rumah Sendiri

doa ingin punya rumah sendiri
Sumber: pexels.com

Bagi Anda yang sedang mencari referensi terkait doa ingin punya rumah sendiri, berikut adalah beberapa doa yang dapat Anda amalkan dan baca pada waktu yang mustajab.

1. Doa Agar Dimudahkan Memiliki Rumah

Dalam kumpulan doa ingin punya rumah sendiri, Anda juga dapat membaca doa agar dimudahkan memiliki rumah. 



Doa berikut berisikan permintaan seorang hamba Allah SWT agar segera mendapatkan rumah. 

Mengutip dari berbagai sumber, HR. al-Habib Tohir Alkaff mendapatkan pesan dari al-Habib Thohir bin Muhammad bin Sholeh al-Hamid membaca doa berikut.

“Allahumma robbal bait. As aluka bijahi ahlil bait. An tuyassiro li khoiro bait. Hatta laa naquul yaa laiit.”

Artinya,

“Ya Allah, Engkau pemilik Baitullah. Aku memohon dengan wasilah ahlil bait Rasulullah agar Engkau mudahkan untukku sebaik-baiknya rumah. Sehingga aku tidak mengucap seandainya aku punya rumah.

2. Doa Ingin Punya Rumah

Selain doa sebelumnya, terdapat pula doa yang termaktub dalam kitab suci Al-Quran. Doa ingin punya rumah sendiri terdapat dalam surah Al-Mu’minun ayat 29. 

Allah SWT berfirman dalam ayat tersebut sebagai berikut,

وَقُلْ رَّبِّ اَنۡزِلۡنِىۡ مُنۡزَلًا مُّبٰـرَكًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡمُنۡزِلِيۡنَ

Wa qur Rabbi anzilnii munzalam mubaarakanw wa Anta khairul munziliin

Artinya:

Dan berdoalah, “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.”

3. Bershalawat untuk Membeli Rumah

Mungkin Anda pernah mendengar, bagaimana cara untuk memiliki rumah melalui doa? Tentunya tidak ada yang dapat menghentikan impian Anda dan mewujudkannya selain dari kehendak Allah SWT.

Banyak masyarakat yang melakukan shalawat yaitu berisi pujian dan doa-doa kepada Rasulullah SAW sebagai perantara atas terkabulnya keinginan.

Misalnya, ketika melihat kendaraan mobil yang bagus dan mewah, ingin pergi berlibur bahkan hingga keinginan ingin membeli rumah maka dianjurkan untuk mengamalkan shalawat.

Inilah bunyi bacaan shalawat Jibril yang bisa Anda ucapkan sebagai doa agar dapat membeli rumah.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد Shollallohu A’la Muhammad atau صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد Shollallohu A’la Sayyidina Muhammad.

4. Doa Meminta Sebaik-Baiknya Tempat Tinggal

Dalam Islam, setiap hal yang dijalankan oleh seorang Muslim pastilah memiliki doa nya masing-masing.

Salah satunya adalah doa untuk meminta tempat perlindungan atau rumah yang terbaik.

Kita perlu meminta tempat yang terbaik menurut kehendak-Nya dan bukanlah menurut keinginan.

Hal ini menjadi penting sebab yang terbaik adalah yang berkah dalam pandangan Islam, sehingga berkah dapat memiliki arti kebaikan yang terus bertumbuh dan berkesinambungan.

Dengan adanya kebaikan, rumah senantiasa dapat menjadi tempat yang bermanfaat dan berkah.

Doa berikut terdapat di Al-Quran, inilah firman Allah SWT:

وَقُلْ رَّبِّ اَنۡزِلۡنِىۡ مُنۡزَلًا مُّبٰـرَكًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡمُنۡزِلِيۡنَ

Wa qur Rabbi anzilnii munzalam mubaarakanw wa Anta khairul munziliin

Yang artinya:

Dan berdoalah, “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.” (QS. Al-Mu’minun: 29)

5. Doa Ketika Memasuki Rumah

Setiap akan memasuki suatu tempat kita dianjurkan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT dari hal yang tidak baik.

Oleh karena itu, agar rumah mengandung kebaikan dan keberkahan kita perlu membaca doa masuk rumah berikut.

بِسم الله وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه وَالسَّلَام على نَبِي الله اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أَبْوَاب رحمتك وأدخلني مدْخل صدق وأخرجني مخرج صدق وَاجعَل لي من لَدُنْك سُلْطَانا نَصِيرًا وهب لي من لَدُنْك رَحْمَة إِنَّك أَنْت الْوَهَّاب اللَّهُمَّ احفظني من فَوقِي أَن أختطف وَمن تَحت رجْلي أَن يخسف بِي وَعَن يَمِيني وَعَن شمَالي من الشَّيْطَان الرَّجِيم

Bismillahi wa la quwwata illa billah was salamu ‘ala nabiyyillah. Allahummaftah li abwaba rahmatika wa adkhilni mudkhola shidqin wa akhrijni mukhraja shidqin waj’ali milladunka sulthonan nashira wa hablii milladunka rahmah innaka antal wahhab. Allahummahfadhni min fawqi an akhtathifa wa min tahti rijli an yakhsifa bi wa ‘an yamini wa ‘an syimali minasy syaithonir rajim.

Artinya,

” Dengan menyebut nama Allah, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah, dan keselamatan atas nabi Allah. Ya Allah, bukalah padaku pintu rahmat-Mu, masukkanlah aku dengan cara masuk yang benar, keluarkanlah aku dengan cara keluar yang benar, jadikanlah padaku dari sisi-Mu pemimpin yang menolong, dan berikan padaku dari sisi-Mu rahmat, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Allah, jagalah aku dari atasku agar tidak diculik, dari bawah kakiku agar tidak terbenam, dari sisi kanan dan kiriku dari setan terkutuk.”

Itulah beberapa doa ingin punya rumah sendiri yang dapat Anda amalkan bersama keluarga Anda. 

Sebarkan informasi artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Membeli rumah tentunya memerlukan pengeluaran yang tidak sedikit, namun bukan berarti tidak mungkin bagi kita yang ingin mewujudkannya.

Miliki penghasilan tambahan hanya dengan modal HP serta tanpa perlu stok barang di rumah. Aplikasi Evermos dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin berjualan online tanpa modal.

Penasaran apa saja keuntungannya? Yuk gabung terlebih dahulu dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)