Cara Menentukan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam, Primbon, Hingga Arah Mata Angin

Ketika berencana untuk pindah rumah, beberapa orang meyakini terdapat hari-hari tertentu yang baik untuk pindahan. Artikel ini akan mengulas mengenai hari baik pindah rumah menurut Islam, Primbon, hingga menurut arah mata angin serta cara menghitungnya.

Simak sampai akhir jika kamu berencana untuk pindah rumah dalam waktu dekat!

Baca juga: Kumpulan 5 Doa Ingin Punya Rumah Sendiri Agar Terkabul 

Cara Menentukan Hari Baik untuk Pindah Rumah Menurut Islam 

Dalam Islam, sebetulnya tidak ada hari tertentu yang baik untuk pindah rumah. Sebab selagi melakukannya dengan niat yang baik, maka setiap hari adalah hari yang berkah untuk seseorang, termasuk ketika akan melakukan pindahan. 

Sehingga, apabila Anda ingin pindah rumah, Anda bisa melakukannya kapan saja sesuai dengan kesepakatan dan kebutuhan Anda dan keluarga. 

Namun, meskipun tidak ada hari baik yang khusus untuk pindah rumah menurut Islam, terdapat bulan-bulan tertentu menurut kalender Hijriah yang diyakini baik untuk pindah rumah. 

Bulan Islam yang Baik untuk Pindah Rumah Berdasarkan Arah Mata Angin

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam
Sumber: freepik.com

Bulan Islam yang baik untuk pindah rumah ditentukan berdasarkan arah mata angin dari rumah baru yang akan Anda huni. Anda bisa cek terlebih dahulu rumah tersebut berada pada arah mata angin apa. 

Selanjutnya, berikut penjelasan dan cara menghitung hari baik pindah rumah menurut Islam.

Baca juga: Ini Arti Burung Masuk Rumah Menurut Islam dan Mitos Masyarakat, Percaya? 

1. Bulan Islam dari Arah Timur untuk Pindah Rumah

Apabila rumah baru yang akan Anda tempati berada pada arah mata angin Timur, maka Anda bisa pindah rumah pada bulan Rajab, bulan Syakban atau Ruwah, dan bulan Ramadhan atau bulan Puasa. 

Jika Anda pindah rumah pada ketiga bulan di atas, maka beberapa orang meyakini dapat terhindar dari berbagai kesialan. 

Selain itu, pindah rumah pada bulan Ruwah atau Syakban akan mendatangkan rezeki dan keberkahan yang melimpah untuk Anda dan keluarga, serta disegani, dihormati, hingga mendapatkan kebahagiaan. 

2. Bulan Islam dari Arah Barat untuk Pindah Rumah 

Jika rumah baru yang akan Anda huni berada pada arah mata angin barat, maka Anda bisa pindahan pada bulan Muharram, Safar, atau Rabiul Awal. 

Sebab beberapa masyarakat dan budaya lokal meyakini ketiga bulan tersebut mendatangkan keberkahan dan kebaikan untuk manusia. 

3. Bulan Islam dari Arah Utara untuk Pindah Rumah 

Apabila rumah baru Anda menghadap ke arah utara, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk pindah rumah pada bulan Jumadil Awal, Jumadil Akhir, dan Rabiul Akhir atau bulan Bakdamulud. 

Alasannya karena beberapa masyarakat Muslim menganggap ketiga bulan di atas adalah bulan yang bermakna dan mendatangkan keberkahan yang lebih tinggi. 

Selain itu, khususnya pada bulan Rabiul Akhir atau Bakdamulud, apabila pindahan pada bulan ini maka diyakini akan menerima petunjuk baik dan keberuntungan dari Tuhan Yang Maha Esa. 

4. Bulan Islam dari Arah Selatan untuk Pindah Rumah 

Selanjutnya, jika rumah baru Anda menghadap ke arah selatan, Anda bisa pindahan pada bulan Syawal, Dzulhijjah, dan Dzulkaidah. Ketiga bulan tersebut dalam Islam adalah bulan besar atau bulan haji. 

Pastinya, bulan haji memang dipenuhi oleh keberkahan. Ketiga bulan di atas adalah musim haji karena tepat dengan pelaksanaan haji dan berbagai ritual Islam lainnya seperti Idul Adha dan kurban. 

Selain itu, pindah rumah di bulan Dzulkaidah akan mendatangkan kehidupan yang harmonis untuk keluarga yang menempati rumah tersebut. 

Sehingga, apabila Anda pindahan rumah pada bulan haji, maka banyak orang yang meyakini bahwa penghuni rumah akan menerima kelimpahan rezeki, hingga mendapatkan ketentraman rohani. 

Dalam Islam, bulan hingga hari yang baik tidak hanya digunakan untuk pindah rumah, namun juga untuk berbagai kegiatan lainnya, seperti pernikahan. Jika Anda ingin melangsungkan pernikahan berdasarkan hari dan bulan baik menurut Islam, baca informasi selengkapnya disini


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Jam Baik untuk Pindah Rumah Menurut Islam 

Sama  seperti hari yang baik untuk pindah rumah, dalam Islam sebetulnya juga tidak ada jam yang baik untuk pindah rumah.

Selagi Anda melakukannya dengan penuh tanggung jawab, niat yang baik, serta mengikuti aturan yang ada di lingkungan dan agama, maka Anda bebas ingin pindahan jam berapapun.

Hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih jam pindah rumah adalah memperhatikan kondisi lingkungan sekitar rumah baru Anda. Tentunya lebih baik Anda pindah pada pagi atau siang hari, daripada malam hari. Sebab akan menggangu kenyamanan tetangga.

Daftar Hari Baik Pindah Rumah Menurut Primbon dengan Weton Jawa

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam
Sumber: freepik.com

Menurut budaya Jawa, terdapat keyakinan jadwal pindah rumah yang baik berdasarkan primbon yang diketahui dari weton jawa. 

Primbon merupakan kitab warisan dari leluhur di Jawa yang mengacu pada hubungan kehidupan manusia dengan alam semesta. Sedangkan weton jawa adalah arti dari hari kelahiran seseorang. 

Berikut adalah cara menentukannya: 

1. Ketahui Neptu Tanggal Lahir Setiap Orang yang Akan Pindah

Neptu lahir merupakan nilai ataupun jumlah hari lahir kalender Jawa dan kalender masehi. Apabila Anda akan pindah rumah bersama anggota keluarga lainnya, maka Anda perlu menghitung neptu setiap anggota yang akan pindah. 

Begitu pula jika Anda akan pindah rumah dengan pasangan, ataupun teman. 

Cara menentukan neptu tanggal adalah dengan menjumlahkan angka pada hari dan nama pasarannya. Berikut patokannya: 

Nama Hari dan Neptu

  • Senin : 4
  • Selasa : 3
  • Rabu : 7
  • Kamis : 8
  • Jumat : 6
  • Sabtu : 9
  • Minggu : 5

Nama Pasaran dan Neptu 

  • Pahing : 9
  • Pon : 7
  • Wage : 4
  • Kliwon : 8
  • Legi : 5

Misalnya, Anda lahir di hari Senin Wage, maka neptu Anda adalah 8, berikut caranya:

Senin: 4 , Wage: 4, Sehingga Neptu: 4 + 4 = 8

2. Tambahkan Neptu Anda dengan Neptu hari Pindahan 

Apabila Anda ingin pindahan pada hari Sabtu, maka neptunya adalah 8 + 9 = 17. 

Setelah itu, hasil di atas Anda bagi dengan angka 4 untuk mendapatkan kelebihannya. Hasil yang ada akan menentukan hari baik untuk pindah rumah sesuai dengan Weton Jawa, yaitu Guru, Ratu, Rogoh dan Sempoyong.

3. Cocokkan dengan Perhitungan Weton Jawa 

  • Jika angka lebih 1, maka jatuh pada weton Guru, yang artinya kelancaran rezeki, penghormatan, selamat, dan kesejahteraan. 
  • Jika angka lebih 2, maka jatuh pada weton Ratu, yang artinya kelimpahan rezeki, terhindar dari kesialan, dan disegani. 
  • Jika angka lebih dari 3, maka jatuh pada weton Rogoh, yang artinya mudah untuk pencuri masuk, kurang harmonis, dan kurang kebahagiaan. 
  • Jika angka lebih dari 4, maka jatuh pada weton Sempoyong, yang artinya tidak nyaman di rumah, banyak kesusahan, dan terjadi pertengkaran. 

Itulah cara menentukan hari pindah rumah menurut Primbon dengan Weton Jawa. Jika mengacu pada contoh, maka angka lebihnya adalah 1. Sehingga pindah rumah pada hari Sabtu berdasarkan perhitungan di atas akan mendapatkan kelimpahan rezeki bagi penghuni rumah. 

Cara Menentukan Hari dan Jam yang Baik Pindah Menurut Feng Shui

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam
Sumber: freepik.com

Selain menurut kepercayaan Islam dan budaya Jawa, berdasarkan keyakinan China terdapat istilah Feng Shui, yaitu ilmu warisan salah satunya memilih bulan untuk pindah rumah yang akan mendatangkan keberuntungan. 

Cara menentukannya yaitu melalui shio kepala keluarga di rumah, dengan menyesuaikan bulan yang menjadi rencan untuk pindah. Selain berpatokan pada bulan, penentuannya juga berdasarkan jam. Simak tabel di bawah ini untuk detailnya. 

Shio  Konflik  Bulan  Jam Baik 
Naga Anjing Oktober  07:00-09:00
Ular  Babi  November 09:00-11:00
Kuda Tikus Desember 11:00-13:00
Kambing Kerbau  Januari  13:00-15:00
Monyet  Macan Februari  15:00-17:00
Ayam  Kelinci  Maret 17:00-19:00
Anjing Naga April  19:00-21:00
Babi Ular Mei  21:00-23:00
Tikus Kuda Juni  23:00-01:00
Kerbau  Kambing Juli  01:00-03:00
Macan  Monyet Agustus  03:00-05:00
Kelinci  Ayam September 05:00-07:00

Kesimpulan 

Demikianlah ulasan mengenai cara menentukan hari hingga bulan yang baik untuk pindah rumah menurut berbagai keyakinan.

Keyakinan bulan baik pada kalender Islam untuk pindah rumah berdasarkan arah mata angin, pada dasarnya tidak dari sumber-sumber agama Islam, seperti Al Quran dan Hadist. Melainkan dari keyakinan beberapa budaya hingga tradisi lokal masyarakat. 

Sehingga kesimpulannya, seluruh bulan ataupun hari baik menurut kalender Islam ataupun keyakinan lainnya akan mendatangkan berkah dan kelimpahan rezeki bagi pemilik rumah apabila melakukannya dengan niat yang baik dan mengharapkan ridho-Nya. 

Begitupula dengan hari baik menurut budaya Jawa dan China, Anda bisa bisa menyesuaikan dengan kepercayaan yang Anda yakini. 

Anda tetap bisa menggunakan informasi di atas sebagai pertimbangan untuk jadwal pindahan rumah, namun Anda juga perlu melakukan diskusi dengan keluarga ataupun kerabat yang akan satu rumah dengan Anda. 

Selain itu, apabila Anda sedang mencari perlengakapan untuk menghiasi rumah baru Anda, Anda bisa mengunjungi katalog Evermos untuk mendapatkan berbagai perlengkapan yang murah dan berkualitas. 

Bahkan Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari Evermos dengan menjadi reseller tanpa modal lho! Langsung klik tombol di bawah apabila Anda tertarik dengan peluang yang sangat menjanjikan ini. 

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa sebarkan informasi ini kepada orang lain!

Anda bisa membaca berbagai informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos

YUK, GABUNG DISINI!