Kultum : Doa Dijauhkan Dari Orang Dzolim dan Cara Menghadapinya

Doa Dijauhkan Dari Orang Dzolim — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan Hari ke Delapan. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadzah Aisyah Farid Bsa ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “doa dijauhkan dari orang dzolim dan cara menghadapinya” yang bisa mengingatkan kita untuk selalu berbuat baik jika ada yang menjahati.

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Cara Menghadapi Orang Dzolim

doa dijauhkan dari orang dzolim
sumber : shutterstock.com

Jaman sekarang ini kita kerap berhadapan dengan berbagai tingkah laku manusia salah satunya manusia dzolim yakni orang yang mengadu domba atau ingin menjahati kita.

Terkadang kita bingung bagaimana harus menghadapinya. namun jangan khawatit dan jangan membalas perbuatan orang dzolim.  Kita perlu tahu bahwa orang yang dzalim adalah orang yang pasti akan mendapat ganjaran dari allah.

Kita sering menduga-duga mengapa orang yang dzolim masih diberikan tangguh dan panjang umurnya sampai hari nanti. namun sesungguhnya umur panjang itu ialah dimana orang dzolim tersebut menumpuk kebaikan dan Allah akan tunjukkan padanya daftar siksaan yang akan ia terima di akhir nanti.

sebaliknya, jika ada orang mendzolimi Anda, maka jangan pernah putus asa dan berpikir bahwa Allah SWT tidak adil karena sesungguhnya kita sedang memupuk pahala dan Allah akan tunjukkan keindahan bagi kita di surga nanti.

Jadi jika ada orang yang mendzolimi Anda jangan sampai membalas. Serahkan semuanya pada Allah, biarlah Allah yang membahas.  Jika kita membalas kelakuan  ke orangnya berarti kita masuk ke golongan yang sama.

Rasulullah mengajarkan kita untuk berdoa pada Allah SWT untuk tidak termasuk pada golongan orang dzolim. Berikut kami ulas mengenai kumpulan doanya.

Baca Juga : Kultum : Tahapan Cara Membersihkan Hati | Istighfar dan Introspeksi Diri

Doa Dijauhkan Dari Orang Dzolim

doa dijauhkan dari orang dzolim
sumber : shutterstock.com

 

فَقَالُوْا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْنَا ۚرَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ

Lalu mereka berkata, “Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim,

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Robbi najjinii minal qoumizh-zhoolimiin.

“Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim.

Doa agar terhindar dari orang-orang zalim:

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا

Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah dosa- dosaku dan dosa kedua ibu-bapakku, serta dosa orang yang masuk ke rumahku dengan membawa iman, dan orang beriman laki-laki maupun perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.” (QS. Nûh: 28).

Baca Juga : Kultum : Indahnya Ditolong Allah | Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

Doa Menghadapi Orang Dzolim

doa dijauhkan dari orang dzolim
sumber : shutterstock.com

Ya hayyu ya qoyyuum, ya badi’as-samaawati wal ardhi, ya dzal jalali wal ikram. As-aluka bihaqqi hadzihil ayatil karimati wama fiha minal asmail ‘azhiimati an tuljima fahu ‘anna, wa tukhrisa lisanahu hatta la yanthiqu illa bi khoirin au yashmut. Khairuka ya hadza baina ‘ainaika wa syarruka tahta qadamaika.

Artinya, “Wahai Yang Maha Hidup lagi Yang Maha Berdiri sendiri (mengurusi makhluk-Nya), wahai Pencipta langit dan bumi, dan wahai Tuhan Yang memiliki keluhuran dan kemuliaan. Aku memohon kepada-Mu dengan perantaraan (ayat kursi) yang mulia ini dan rahasia yang tersembunyi di balik al asmaul a’zham, kiranya Engkau mengendalikan mulutnya dariku dan menjaga (mengunci) lisannya sehingga tidak mampu berbicara kecuali yang baik-baik atau diam. Kebaikanmu, wahai orang (yang sedang aku hadapi ini), terbayang jelas di depan kedua matamu dan kejahatanmu berada (terinjak) di bawah kedua telapak kakimu.”

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadzah Aisyah Farid Bsa mengenai doa dijauhkan dari orang dzolim. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah puasa kita lancar dan selalu mendapat berkah serta rahmatNya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×