Kultum : Indahnya Ditolong Allah | Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

cara mendapatkan pertolongan Allah

Cara Mendapatkan Pertolongan Allah — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan Hari ke tujuh. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Aa Gymnasiar ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Indahnya ditolong Allah dan Bagaimana cara mendapatkan pertolongan Allah” yang bsia mengingatkan kita akan kuasa sang Maha Baik Allah SWT ini. 

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Indahnya Pertolongan Allah

cara mendapatkan pertolongan Allah

sumber : shutterstock.com

Pertolongan Allah SWT menjadi harapan bagi tiap kehidupan seseorang yang sedang dalam kesulitan. Hanya dengan pertolongan Allah SWT, segala hal yang baik bisa menjadi kenyataan.

Tanpa pertolongan Allah, harapan manusia mustahil untuk bisa menjadi kenyataan.

Bahkan, Ustadz AA Gym mengatakan dalam ceramahnya bahwa tanpa pertolongan Allah setiap manusia di muka bumi ini tidak akan bisa taat pada agama dan tidak akan bisa menjauhi maksiat dan dosa dari  hidupnya. tanpa ada pertolongan dari Allah dan karuniaNya, maka

Jika Allah tidak melindungi dan menolong kita maka setan akan mengerubungi kita. Kita tidak punya benteng untuk menahan godaan setan.

Berbagai kejelekan kita seperti berbicara bohong, sombong, takabur, dengki dan zina tidak akan berhenti mengalir jika tidak ada pertolongan Allah SWT karena memang kita tidak punya daya dan upaya.

tetapi, jika Alloh menolong kita maka sebaliknya, kebaikan kita lah yang tidak akan pernah berhenti mengalir. Allah maha baik maka jika Alloh mau menolong. Alloh akan menolong kita.

Kita bisa dibuat senang berdzikir, senang membaca Alquran, mulut pun terpelihara, dikasih senang bersedekah hatinya ikhlas dan masih banyak kebaikan lainnya.

Karena sesungguhnya, Allah adalah penguasa segala kebaikan di muka bumi ini. Maka memintalah kepada Allah.

Sesungguhnya bila kita sadari, maka kita ini lemah tanpa dikuatkan Allah,  Kita ini bodoh tanpa dibimbing Allah tidak mau lepas, serta kita ini fakir tanpa dititipi Allah.

Jika pertolongan Allah SWT sangat penting, bagaimana supaya manusia bisa selalu mendapatkannya tepat waktu termasuk dalam kondisi mendesak?

Baca Juga : Kultum : Dahsyatnya Ikhlas dan Tawakal | Manfaat Ikhlas Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

cara mendapatkan pertolongan Allah

sumber : shutterstock.com

Jika kita ketahui dari kisah-kisah sebelumnya yang juga diabadikan dalam sejumlah ayat Al quran yakni pertolongan Allah yang istimewa itu turun kepada orang-orang atau golongan umat yang diridhoi-Nya.

Contohnya kita bisa berkaca dari kisah Nabi Ibrahim yang mendapat vonis hukuman mati dengan cara dibakar. Namun, dengan pertolongan-Nya, api yang akan membakar Nabi Ibrahim menjadi dingin (QS al-Anbiya [21]: 69).

Berkat rahmat Allah yang Maha kuasa pula maka dikirimkan kawanan burung yang kemudian melempari gerombolan bergajah itu dengan batubatu yang berasal dari tanah yang dibakar. Dalam sekejap, bala tentara Abrahah itu kocar-kacir dan binasa. Kebinasaan mereka diumpamakan seperti daun-daun yang dimakan ulat (QS al-Fiil [105]: 1-5).

Berkaca dari dua kisah di atas, maka dalam kondisi seperti ini, setiap individu Muslim di tuntut agar banyak berzikir, berusaha dan berdoa, memohon pertolongan Allah dengan sungguh sungguh, tawadhu dan penuh harap.

Pertolongan Allah adalah balasan dari totalitas iman dan ketaatan seorang hamba. Karena itu jika kita bersungguh-sungguh maka pertolongan Allah menjadi dekat.  Sebaliknya, tanpa kekuatan iman dan sungguh-sungguh berbuat amal kebajikan, pertolongan Allah itu tentu menjadi jauh.

Adapun dalil mengenai pertolongan Allah bisa kita lihat pada ayat berikut ini

Dalam kondisi tersebut, tiap manusia bisa belajar dari Al-Qur’an surat Muhammad ayat 7,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Yā ayyuhallażīna āmanū in tanṣurullāha yanṣurkum wa yuṡabbit aqdāmakum

Artinya: Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

Dalam ayat tersebut Allah SWT menegaskan, pertolongan terkait dengan perbuatan serupa tiap manusia pada agamaNya. Berkaitan juga dengan keterikatan manusia pada hukum syariatNya.

Baca Juga : Kultum : Hati Sengsara Akibat Berharap Kepada Makhluk | Berharaplah Kepada Allah!

Melihat dari ayat tersebut, bagaimana setiap manusia bisa menolong agama Allah SWT?
cara mendapatkan pertolongan Allah

sumber : shutterstock.com

Manusia ternyata tidak perlu repot untuk memberikan pertolongan pada agama Allah SWT.  Hal yang dimaksud menolong agama disini adalah tiap manusia cukup taat dan berpegang teguh pada ketentuan yang diberikan Allah SWT.

Ketaatan ini tak boleh luntur dalam berbagai kesempatan di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, manusia juga harus mampu menjauhkan diri dari hawa nafsu. Jika sudah teguh menerapkan aturan dan mengendalikan hawa nafsu, manusia harus memiliki keyakinan bahwa pertolongan Allah pasti akan diberikan.

Perlu kita yakini bahwa pertolongan Allah SWT akan datang di saat yang tepat.

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz AA. Gymnastiar mengenai cara mendapatkan pertolongan Allah ini Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah puasa kita lancar dan selalu mendapat berkah serta rahmatnya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×