Seringkali Tak Sabaran? Coba Amalkan Doa Diberi Kesabaran Berikut Ini

Di dalam kehidupan, mungkin kita seringkali mengalami masalah yang bertubi-tubi sehingga perlu bersabar.  Sebagai umat Islam, kita wajib untuk bersabar dalam menghadapi setiap masalah. Maka dari itu, Anda bisa mengamalkan doa diberi kesabaran berikut ini.

Dalil dan Hadits Tentang Bersabar 

1. Dalil Al-Qur’an Tentang Kesabaran

Doa Diberi Kesabaran
Sumber: google/bersosial

Adapun dalil yang bisa kita ketahui tentang kesabaran yaitu sebagai berikut:

Sebagaimana firman Allah, dalam QS. Asy-Syura: 32-33

وَمِنْ آيَاتِهِ الْجَوَارِ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلَامِ إِن يَشَأْ يُسْكِنِ الرِّيحَ فَيَظْلَلْنَ رَوَاكِدَ عَلَىٰ ظَهْرِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ

“Artinya: Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung. Jikalau Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan) -Nya bagi setiap orang yang bersabar dan banyak bersyukur.” [Asy-Syura : 32-33]

Sebagai makhluk ciptaan Allah, manusia pun harus banyak bersabar dan bersyukur. Karena banyak keutamaannya dari kita melakukan hal tersebut. Termasuk kita akan ducintai oleh Allah. Seperti dalam surat Ali-Imran ayat 146 berikut ini dinyatakan bahwa Allah mencintai orang-orang yang sabar.

وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar.” [Ali Imran : 146]

Pada ayat di atas, sungguh Allah sangat mencintai hamba-Nya yang bersabar. Jadi, sebagai umat muslim hendaklah kita bersabar dalam keadaan apapun.

Baca juga: Ingin Daya Ingat Kuat? Amalkan Doa Agar Diberi Kecerdasan Oleh Allah

2. Hadits Tentang Kesabaran

Doa Diberi Kesabaran
Sumber: google/bersosial

Selain pada dalil Al-Qur’an, diperjelas lagi pada hadits tentang kesabaran berikut ini:



Sabar itu ada tiga yaitu sabar dalam musibah, sabar dalam taat, dan sabar dalam menjauhi maksiat. Barangsiapa bersabar dalam musibah sehingga dikembalikannya dalam keadaan baik atas apa yang menimpa dirinya (ia ridho atas bala’ yang diberikan-Nya), maka Allah akan menulis baginya 300 derajat yang tiap-tiap derajat jaraknya antara langit dengan bumi.

 

Dan barangsiapa bersabar dalam melaksanakan taat, maka Allah akan menuliskannya 600 derajat, tiap dua derajat jaraknya antara langit dunia dengan Sidratul Muntaha. Dan barangsiapa yang bersabar dalam menjauhi maksiat, maka Allah tulis baginya 900 derajat yang jarak dua derajatnya seperti ‘Arasy dua kali“. (HR. Abu Dunya dan Abu Syaikh)

Dari berbagai dalil Al-Qur’an dan hadirs tersebut, sudah jelas bahwa setiap manusia akan menghadapi berbagai musibah maupun ujian dalam hidupnya sehingga kita harus selalu sabar dalam melewati semua itu.

Nah, agar semakin memperkuat kesabaran kita, berikut ini ada beberapa doa memohon kesabaran dalam Islam yang dikutip dari Al-Quran dan Hadits:

Doa Untuk Memohon Kesabaran

Doa Diberi Kesabaran
Sumber: google/bersosial

Berikut ini ada beberapa doa diberi kesabaran yang dapat Anda panjatkan:

1. Doa Kesabaran yang Pertama

 “Alloohummna inniiasaluka ta’jiila ‘aafiyatika washobron ‘alaabaliyyatika wakhuruu jam minaddun-yaa ilaa rohmatika.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu disegerakan keselamatan-Mu untukku dan tetap sabar dalam menghadapi cobaan-Mu dan keluar dari dunia menuju rahmat-Mu.”

2. Doa Kesabaran yang Kedua

 “Robbanaa Laatuzigh Quluubanaa, Ba’dza Idz Hadaetanaa, wa Hablanaa Milladunka Rohmatan, Innaka Antalwahhaab.”

Artinya: “Ya Tuhan, janganlah jadikan hati ini condong di kesesatan Seusai Engkau memberi petunjuk di kami. Karuniakanlah di kami rahmat-Mu, di karenakan sesungguhnya Kau-lah Dzat yang Maha Pemberi.”

3. Doa Kesabaran yang Ketiga

Robbanaa Afrigh Alainaa Shobron, wa Tsabbit Aqdaamanaa, wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin.”

Artinya: “Ya Tuhan, limpahkan kesabaran di hati dan diri kami, teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami dari orang-orang kafir.”

4. Doa Kesabaran yang Keempat

Ya Muqollibal Quluubi, Tsabbit Qolbiy ‘Alaa Diinika’.

Artinya: “Wahai Dzat Yang Membolak-balikkan Hati, teguhkanlah hati kami di atas agama-Mu.”

5. Doa Kesabaran yang Kelima

Allaahumma Mushorrifalquluub, Shorrif Quluubanaa ‘Alaa Tho’atika.”

Artinya: “Ya Allah, Dzat Yang Maha Mengarahkan Hati, arahkanlah hati-hati kami untuk slalu taat di-Mu.”

Baca juga: Bacalah Doa Menghilangkan Rasa Malas Ini Agar Tetap Semangat Beraktivitas

6. Doa Kesabaran yang Keenam

Allohumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allohumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillani. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.”

Artinya: Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku bertaubat kepada-Mu, dan aku mengadukan urusanku kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu – tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Engkau – dari segala hal yang bisa menyesatkanku. Engkau Mahahidup dan tidak mati, sedangkan jin dan manusia pasti mati. (HR. Muslim, no. 2717)

Demikianlah doa diberi kesabaran yang dapat Anda panjatkan ketika sedang menghadapi suatu permasalahan atau ujian dalam hidup.

Doa tersebut bisa Anda ucapkan kapan saja. Sebaiknya kita bukan hanya bersabar, tapi hendaknya juga melakukan usaha untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, bersikap tawakal juga perlu kita lakukan agar Allah selalu memberikan jalan yang paling baik untuk kita. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk mengamalkan doa tersebut ya!

Jangan lewatkan artikel doa-doa lainnya hanya di situs blog Evermos.

 

 

 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)