Bacalah Doa Menghilangkan Rasa Malas Ini Agar Tetap Semangat Beraktivitas

Rasa malas sering menjadi penghambat aktivitas. Kebiasaan ini tidak baik dan perlu dihilangkan. Untuk itu, hendaknya kita membaca doa menghilangkan rasa malas.

Manusia adalah makhluk yang lemah sehingga kadang tak bisa menghindari dari rasa malas. Sesungguhnya sifat ini buruk karena bisa merugikan diri sendiri.

Rasa Malas Membuat Kita Lalai Akan Nikmat Allah SWT

doa menghilangkan rasa malas
sumber : pexels.com

Seseorang yang malas biasanya akan lalai pada nikmat besar yang telah Allah berikan kepadanya, terutama nikmat sehat dan waktu luang.

Padahal ketika seseorang merenungi akan berharganya nikmat sehat dan waktu maka mereka akan ragu untuk melakukan kemalasan.

Contohnya, di saat sedang sehat terkadang kita jarang memanfaatkannya untuk taat beribadah kepada Allah SWR. Namun, saat sakit tiba, maka barulah kita sadar akan nikmatnya sehat.

Begitupun dengan waktu yang luang, seringkali kita melalaikannya, namun Ketika sudah tidak ada waktu luang maka kita amat membutuhkannya.

Memang rasa malas mudah menyerang pada dua kondisi di atas. Saat sehat kita malas bersyukur, lalu saat ada waktu luang kita malas memanfaatkannya untuk produktif.

Padahal tertulis dalam surat At-Taubah ayat 54 bahwa tidak ada alasan yang membuat ibadah seseorang tidak diterima oleh Allah selain tiga hal, yaitu mereka ingkar kepada Allah dan rasul-Nya, mereka malas dan berat ketika melaksanakan sholat, dan mereka tidak menginfakkan harta mereka dengan sukarela, melainkan karena terpaksa.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa menunaikan sholat dengan rasa malas, berarti seseorang tidak mengharapkan pahala sholat tersebut.

Lalu apa bacaan doa untuk menghilangkan rasa malas? Langsung saja kita simak kumpulan doa sesuai anjuran Rasulullah berikut ini.

Baca Juga : Hukum Ghibah dalam Islam, Ternyata Ada Ghibah yang Diperbolehkan!

Doa Menghilangkan Rasa Malas

doa menghilangkan rasa malas
sumber : google/bersosial

Ada Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah memohon perlindungan dari rasa malas dengan doa berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Artinya : “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Baca Juga : 5 Alasan Penting Mengapa Kita Harus Berbaik Sangka Kepada Allah

Doa Terhindar dari Rasa Malas dan Perbuatan Dosa

doa menghilangkan rasa malas
sumber : pexels.com

Selanjutnya ada juga doa lainnya dari Nabi Muhammad SAW agar kita terhindar dari rasa malas beribadah, perbuatan dosa, dan perbuatan buruk lainnya.  Bacaan doanya adalah sebagai berikut

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسَلِ وَالهَرَمِ، وَالمَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ، وَمِنْ فِتْنَةِ القَبْرِ، وَعَذَابِ القَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الغِنَى، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الفَقْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الَمسِيحِ الدَّجَّال

Allahumma inni a’uzubika minal kasali wal harami wal ma’tsami wal maghrami wamin fitantil qobri wamin fitnatin nar wa ‘azabin nar wamin syarri fitnatil ghina wa a’uzubika min fitnatil faqri wa a’uzubika min fitnatil masihid dajjal.

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan usia jompo, perbuatan dosa dan hutang, fitnah kubur dan azab kubur, fitnah neraka dan azab neraka, keburukan fitnah kekayaan, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kemiskinan dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Masih Dajjal.”

Kapan Kita Mengamalkan Doa Ini?

Doa di atas diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Sayidah Aisyah. Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca saat membaca doa Iftitah setelah takbiratul ihram, atau saat membaca duduk tasyahud akhir setelah salawat salam Nabi SAW

Lebih baik lagi jika doa ini juga dibaca setiap selesai menunaikan sholat wajib lima waktu.

Demikianlah bacaan doa mengilangkan rasa malas, semoga kita selalu dilindungi Allah subhanahu wata’ala dari segala pengaruh dan godaan yang buruk. Semoga kita juga senantiasa diberikan ketaatan untuk bisa selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang Membutuhkannya. Untuk membaca artikel kumpulan doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

×