8 Doa agar Diberi Kecerdasan oleh Allah Untuk Buah Hati, Insya Allah Jadi Generasi Cerdas!

Doa agar diberi kecerdasan oleh Allah – Kecerdasan merupakan suatu anugerah yang Allah berikan kepada manusia. Hal yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya yaitu Allah mengkaruniai akal. Setiap orang pun memiliki daya kecerdasan yang berbeda-beda.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar kecerdasan itu semakin meningkat. Selain dengan bersekolah yang tentu membutuhkan biaya yang banyak, seseorang juga perlu memanjatkan doa agar diberi kecerdasan oleh Allah dan doa supaya pintar.

Mengapa harus memohon dan berdoa kepada Allah? Karena Allah Maha Penentu seseorang bisa cerdas atau tidak. Dengan demikian, sudah seharusnya kita meminta kepada Sang Pemilik Keputusan untuk mendapatkan kecerdasan.

Doa dapat menjadi jembatan permohonan antara seseorang dengan Tuhannya untuk kecerdasan, terkhusus bagi anak mendapatkan ilmu yang mampu membawa anak mereka mengikuti perkembangan zaman.

Tapi ikhtiar tidak hanya sampai situ saja. Segala sesuatunya tetap memerlukan doa agar Allah dapat berkehendak menjadikan seseorang menjadi cerdas. Salah satunya adalah doa meminta kecerdasan otak.

Lalu bagaimana doa agar diberi kecerdasan oleh Allah? Simak pada ulasan artikel ini hingga tuntas.

7 Doa agar Diberi Kecerdasan oleh Allah SWT yang Wajib Diamalkan Setiap Hari

Berikut ini adalah 7 doa agar diberi kecerdasan oleh Allah SWT dan doa supaya pintar yang harus Anda baca:

1. Doa Agar Diberi Kecerdasan Oleh Allah

Doa Agar Diberi Kecerdasan Oleh Allah
Sumber: pexels.com

Menurut para ulama, terdapat beberapa amalan yang bisa Anda baca agar Allah SWT memberikan kecerdasan.

Hendaknya kita memperbanyak membaca doa futuh dari Habib Ahmad bin Hasan Al-Attas berikut:

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ بِمَا شَرَحْتَ بِهِ صُدُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ بِمَا يَسَّرْتَ بِهِ اُمُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَاهْدِ قَلْبِيْ بِمَا هَدَيْتَ بِهِ قُلُوْبَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَسَدِّدْ لِسَانِيْ بِمَا سَدَّدْتَ بِهِ اَلْسِنَةَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم

Robbisyrohlii shodrii bimaa syarohta bihii shuduurosh shoolihiina min ‘ibaadika wa yassirlii amrii bimaa yassarta bihii umuurosh shoolihiina min ‘ibaadika wahdi qolbii bimaa hadaita bihii quluubash shoolihiina min ‘ibaadika wa saddid lisaanii bimaa saddadta bihii alsinatash shoolihiina min ‘ibaadika bihaqqi sayyidinaa muhammadin shollallaahu ‘alaihi wa sallam.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah melapangkan dada orang-orang shaleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, mudahkanlah urusanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah memudahkan urusan orang-orang shaleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, berilah hatiku petunjuk dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah menunjukkan hati orang-orang shaleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, luruskanlah lisanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah meluruskan lisan orang-orang shaleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, melalui kemuliaan Nabi Muhammad SAW.”

2. Doa Meminta Agar Diberikan Ilmu dan Pemahaman 

Doa Agar Diberi Kecerdasan Oleh Allah
sumber : pexels.com

اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا . اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma alhimnaa ‘ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina. Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami ilham, berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan Engkau, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada Engkau, berkat rahmat Engkau, wahai Ztat Yang Paling Pengasih di antara Para Pengasih. Ya Allah, karuniailah kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hafal seperti daya hafal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Zat yang paling Pengasih di antara Para Pengasih.”

3. Doa Meminta Pertolongan Allah untuk Mendapatkan Kemudahan

Wirid
Sumber: google.com/bersosial

Allahummaj’al nafsi nafsan thoyyibatan muthmainnatan thoi’atan hafizhotan tu’minu biliqoik wa taqna’u bi ‘athoik wa tardho bi qodhoik wa takhsyaka haqqo khosyyatik la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.

Artinya: ” Ya Allah jadikanlah hatiku hati yang tenang, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang puas dengan pemberian-Mu, dan rela dengan ketentuan-Mu, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

Baca juga: 6 Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Untuk Diamalkan Sehari-Hari

4. Doa agar Diberi Kecerdasan oleh Allah dan Doa yang Dipanjatkan Orang Tua untuk Anaknya

Doa Agar Diberi Kecerdasan Oleh Allah
sumber : pexels.com

Selain itu, orang tua juga sepatutnya turut mendoakan anak-anaknya agar menjadi cerdas. Adapun doa yang bisa dibaca para orang tua yaitu doa kecerdasan dan kekuatan ingatan berikut ini:

Alloohummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya:“Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Memang dengan bisa mewujudkan anak berprestasi itu menjadi suatu kebutuhan untuk di masa depan. Anak yang berprestasi tidak hanya dari kecerdasan pikirannya (IQ), namun juga mesti cerdas dalam mengelola emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ).

Sebagai orang tua pun hendaknya tidak merasa puas dengan kecerdasan IQ sang buah hati. Jauh sebelumnya, Nabi Muhammad pun pernah bersabda:

“Didiklah anak-anakmu pada tiga perkara, yakni mencintai Nabimu, mencintai ahli baitnya, dan membaca Al-Qur’an.” HR. Thabrani

5. Doa Agar Mudah Menghafal

wirid
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah doa agarmudah menghafal atau doa agar otak cerdas dan kuat hafalan:

“Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa ‘ilman wa sakh kharnaa ma’a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa’iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa ‘alaihim ajma’iina. Urzuqnil fahma warzuqnil ‘ilma walhikmata wal ‘aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina.”

Artinya:

“Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harus, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Amalan agar otak cerdas dan kuat hafalan ini perlu Anda baca setiap hari.

6. Doa Agar Anak Diberi Kecerdasan

Wirid
Sumber: pexels.com

Allahummamla’ quluba auladina nuran wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya : “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

7. Doa Agar Tidak Mudah Lupa

Wirid
Sumber: google.com/bersosial

“Allahumma inni istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilahi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamin”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”

8. Doa Agar Pintar Dalam Semua Pelajaran

Wirid
Sumber: google.com/bersosial
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ
Robbi zidni’ ilmaa, warzuqni fahma waj’alnii minash shoolihin.
Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.”

Agar anak Anda diberikan kecerdasan dalam semua pelajaran, Anda dapat mengajarkan doa agar pintar dalam semua pelajaran berikut terlebih dahulu.

Bacalah setiap anak Anda hendak membaca buku dan ketika hendak belajar di sekolah. Selain itu bacakan doa agar pintar dan cerdas Insya Allah atas seizin-Nya Allah akan menurunkan kecerdasan kepada sang buah hati.

Bagaimana Supaya Anak Cerdas?

Doa Agar Diberi Kecerdasan Oleh Allah
sumber : pexels.com

Anak cerdas merupakan salah satu hal yang membanggakan bagi orang tua. Anak cerdas tidak hanya pintar atau mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diajukan kepadanya, namun juga merupakan seorang pelajar berbakat yang mampu memahami suatu subjek atau permasalahan secara mendalam.

Menjadikan anak cerdas bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua, keluarga, dan tenaga pengajar.

Sebaiknya berilah dukungan pada proses tumbuh kembangnya menjadi anak cerdas dengan beberapa langkah-langkah berikut ini:

1. Memenuhi Nutrisi Seimbang

Otak anak akan mengalami pertumbuhan pesat semenjak kelahirannya hingga anak berusia 4 tahun. Masa yang tergolong kritis bagi perkembangan otak ini sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang mereka konsumsi.

Makanan sehat, seperti telur, yoghurt, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, oat, ikan, buah dan sayuran, akan membawa pengaruh baik bagi kemampuan fokus dan kognitif anak.

2. Mengenali Gaya Belajar

Tiap anak belajar dengan cara yang berbeda. Mengenali hal ini dapat membantu orang tua untuk membimbing anak dalam belajar memahami dan memroses informasi dengan lebih baik.

Secara umum, ada tiga kategori gaya belajar, yaitu auditorik, visual, dan fisik. Untuk anak dengan gaya belajar auditorik, akan lebih cepat belajar melalui indera pendengaran, misalnya mendengarkan penjelasan guru dan orang tua.

Sedangkan gaya belajar visual akan menyerap informasi lebih baik melalui indera penglihatan, misalnya membaca buku atau melihat gambar.

Kemudian, gaya belajar fisik perlu menyentuh dan memperagakannya untuk bisa belajar dan mengerti konsep-konsep baru.

3. Menghargai Proses Pembelajaran

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga butuh dihargai. Penelitian menyebutkan, anak-anak yang merasa dihargai orang tuanya, belajar lebih baik dan mendapat nilai lebih baik di sekolah karena semangat belajarnya yang tinggi.

Orang tua disarankan fokus pada proses, dibandingkan hanya sekadar menghargai hasilnya. Hal ini juga dapat membantu menanamkan pada pemikiran anak bahwa mereka bisa mendapatkan hasil lebih baik dengan berusaha dan bekerja keras, yang pada akhirnya juga akan mendukung kesuksesan.

4. Membaca Sejak Dini

Aktivitas ini banyak membantu anak belajar pada masa perkembangan. Tak hanya keterampilan bahasa, namun juga belajar memusatkan perhatian hingga mengasah imajinasi.

Peneliti menuturkan, anak yang membaca di rumah pada usia prasekolah memiliki kemampuan membaca lebih baik ketika masuk sekolah.

Membacakan buku cerita atau dongeng pada anak juga terbukti dapat merangsang tumbuh kembang otak anak, sehingga kemampuan kognitif dan berbahasanya menjadi lebih baik.

5. Mengasah Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional (EQ) tidak kalah penting dari kecerdasan kognitif yang diukur dengan IQ. Kecerdasan emosional justru akan membantu perkembangan kemampuan kognitif dan sosial pada anak.

Bantu anak batita (bawah tiga tahun) mengenali emosinya. Misalnya, ketika ia bertabrakan dengan anak lain saat bermain, maka orang tua dapat mengatakan hal itu sebagai ketidaksengajaan.

Mengajarkan hal ini akan membantu anak merespons secara tepat dan menghindari rasa kesal berlebihan.

6. Memberi Kesempatan untuk Bermain Kreatif

Untuk mengembangkan kreativitas secara alami, orang tua dapat memberi ruang yang mampu merangsang imajinasi anak. Tak perlu mengandalkan mainan yang terbaru atau mahal.

Beberapa bahan sederhana, seperti kotak kosong, krayon, catur, atau mainan balok susun, bisa menjadi pilihan. Permainan tersebut juga baik untuk merangsang keterampilan motorik anak.

7. Memperkenalkan Seni

Menurut beberapa penelitian menyimpulkan bahwa anak yang mempelajari alat musik memperoleh nilai lebih baik untuk tes bahasa, daya ingat verbal, matematika, dan IQ.

Adapun seorang ahli mengatakan, area otak yang dirangsang saat memainkan musik, mencakup area otak yang mengatur kemampuan membaca, matematika, penalaran yang berhubungan dengan ruang, dan pemecahan masalah.

Seni lukis dan kerajinan tangan juga penting untuk mendukung proses pembelajaran yang menjadikan anak cerdas.

Manfaatnya antara lain, merangsang kemampuan akademis dan mengingat, serta mendorong rasa percaya diri dan keterampilan untuk berpikir secara mandiri.

Demikianlah beberapa doa agar diberi kecerdasan oleh Allah SWT dan doa dan wirid untuk kecerdasan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Dalam berusaha untuk menjadi cerdas, tidak hanya membutuhkan belajar dan minum vitamin. Namun juga berdoa kepada Allah SWT, Yang Maha Kuasa Pemberi Kecerdasan.

Jangan lupa untuk mengamalkan doa-doa di atas setiap hari. Boleh bagikan artikel ini agar yang lain pun dapat mengamalkannya juga.

Ingin membaca artikel kumpulan doa lainnya? Jangan lewatkan artikel menarik lainnya pada situs Blog Evermos

Anda juga bisa berikhtiar bersama Evermos dengan menjadi reseller tanpa modal. Dapatkan keberkahan dan keuntungannya, yuk gabung sekarang!

×