Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun Lengkap Agar Berkah, Amalkan!

Tak terasa sebentar lagi seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru 2023. Bagi umat Muslim, terdapat doa awal dan akhir tahun lengkap yang bisa dipanjatkan untuk memohon kelancaran dan keselamatan. Baca disini!

Momen awal tahun adalah momen yang dinantikan bagi sebagian orang seperti merayakan acara kumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Saat menyambut tahun baru umat Muslim dianjurkan untuk berdoa dan mengisi kegiatan dengan hal yang positif.

Misalnya berkumpul bersama keluarga dan makan serta melakukan muhasabah bahwa sudah sejak tahun berlalu kehidupan terlewati.

Bagi yang ingin merayakan tahun baru bersama keluarga, jangan lupa untuk membaca doa awal dan akhir tahun lengkap.

Baca Juga : Tahun Baru Islam, Jangan Lupa Amalkan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Ini. Insya Allah Berkah!

Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun Lengkap

Doa Akhir Tahun 2022

doa awal dan akhir tahun lengkap
Sumber: pexels.com

Inilah bacaan doa akhir tahun yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, mengutip dari situs nu.or.id

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. 

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Bacalah sebanyak 3 kali sebelum maghrib pada hari terakhir sebelum tahun baru. 

Adapun untuk malam tahun baru jatuh pada malam Jumat, 31 Desember 2022.

Doa Awal Tahun 2023

doa awal dan akhir tahun lengkap
Sumber: pexels.com

Setelah membaca doa akhir tahun 2022, mari lanjutkan dengan membaca doa awal tahun 2023.

Adapun doa awal tahun ini berisi tentang rasa syukur kepada Allah SWT serta memohon harapan atau keinginan semoga Allah SWT senantiasa bawakan berkah di tahun mendatang.

Mengutip dari merdeka.com, inilah bacaan doa awal tahun yang bisa kita coba.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza amun jadidun qad aqbal. As’alukal ishmata fihi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ala hadzihin nafsil ammarati bis sul, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Cara Mengamalkan Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun Lengkap

Supaya dapat terkabul jangan lupa untuk berdoa di waktu yang mustajab atau dianjurkan.

Mulanya pada doa akhir tahun bacakan saat menjelang pergantian malam tahun baru, yaitu sehabis melaksanakan shalat maghrib dan membacanya sebanyak 3x.

Doa awal tahun dibaca setelah melaksanakan shalat wajib pada hari pertama pergantian tahun baru. Kita bisa membacanya baik pada waktu Tahun Baru Hijriah maupun Tahun Baru Masehi.

Mudah-mudahan dengan pergantian tahun baru berikut dapat membawa keberkahan, serta kelancaran rezeki dan urusan.

Baca Juga : Apa Hukum Merayakan Tahun Baru dalam Islam? Begini Cara Terbaik Umat Islam dalam Pergantian Tahun

Bagaimana Hukum Merayakan Tahun Baru Dalam Islam 

doa awal dan akhir tahun lengkap
Sumber: pexels.com

Membahas tahun baru tentunya tidak lepas dengan adat istiadat yang dilakukan oleh masyarakat.

Dalam Islam, bagaimanakah perihal mengatur kehidupan masyarakat saat tahun baru, bolehkah demikian untuk melakukan perayaan tahun baru?

Menurut sebagian besar jumhur ulama menyatakan bahwa hukum merayakan tahun baru dalam Islam adalah haram.

Melihat dari hakikat bahwa setiap tahun baru sendiri adalah tahun Masehi yang bukan bersumber dari ketetapan Islam.

Kemudian, pelarangan merayakan tahun baru juga tidak terletak pada kegiatan yang dijalani, tetapi ada terletak pada niat dan esensinya juga.

Namun, berbeda pendapat dengan yang sebelumnya ada ulama yang berpendapat merayakan tahun baru dalam Islam yaitu sah selama kegiatannya tidak melanggar ketentuan syariat.

Misalnya merayakan dengan sebatas berkumpul makan bersama keluarga atau teman akrab.

Sebab silaturahmi bukanlah hal yang dilarang, melainkan penting untuk dilakukan agar bisa menambah pahala dan bisa menjadi ladang untuk saling mengingatkan.

Umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan banyak amalan seperti shalat, dzikir, shaum, baca Al-Quran.

Nah itulah penjelasan doa awal dan akhir tahun lengkap dengan penjelasan hukum perayaan tahun baru Islam.

Semoga dapat membantu bagi Sobat yang mencari referensi tentang perayaan tahun baru dalam Islam.