Tahun Baru Islam, Jangan Lupa Amalkan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Ini. Insya Allah Berkah!

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun – Sebentar lagi umat Islam akan merayakan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah. Tahun baru Islam 2021 ini jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Saat menyambut tahun baru Islam ada baiknya kita berdoa agar dapat menjalani tahun baru islam dengan baik.

Dalam QS. Gafir ayat 60, Allah SWT berfirman mengenai doa yang dipanjatkan oleh seorang Muslim kepada-Nya, berikut bunyi ayatnya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

Wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn.

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Agar Allah senantiasa memberkahi kita, mari amalkan bacaan doa akhir tahun dan awal tahun berikut dengan tata caranya.

Baca juga: Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT | Dari Al-Fatihah Hingga Doa Hajat

Bacaan Doa Akhir Tahun Baru Islam 

Bacaan Doa Akhir Tahun
Sumber: google/bersosial

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.”

Pada prinsipnya, berdoa di akhir tahun ini adalah ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim. Apalagi dengan tujuan muhasabah (merenung) dan tafakkur (berpikir) agar bisa melakukan hal yang lebih baik di masa yang akan datang.

Kita semua tentu berharap semoga tahun baru ini bisa menjadi tahun yang penuh keberkahan dan rezeki. Untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah tentunya kita perlu untuk berikhtiar.

Salah satu bentuk ikhtiar yang bisa kita lakukan adalah dengan berdagang. Dalam agama islam, berdagang merupakan salah satu pekerjaan yang paling dianjurkan. Oleh karena itu, mari kita jemput rezeki yang halal melalui bisnis yang halal sesuai syariat islam pula.

Ingin memiliki bisnis yang sesuai syariat islam? Anda bisa mencoba mendaftar ke aplikasi Evermos sebagai reseller. Tenang saja, untuk menjalani bisnis ini gratis tanpa biaya pendaftaran apapun. Anda bisa menjual beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap mulai dari fashion, makanan, hingga perlengkapan ibadah.

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis, bisa langsung saja klik tombol di bawah ini.

Doa Ketika Turun Hujan

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam

Bacaan Doa Akhir Tahun
Sumber: google/bersosial

 اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini”.

Arti dari doa awal tahun kebanyakan berupa harapan harapan yang ingin dicapai.

Selain itu, berupa permohonan perlindungan agar segala apa yang ingin dicapai kedepannya dapat berlangsung dengan baik dan tidak ada halangan atau rintangan.

Semoga apa yang kita inginkan di tahun baru ini bisa tercapai. Bagi Anda yang ingin berikhtiar di tahun baru ini, bisa mencoba peluang bisnis bersama Evermos. Anda berkesempatan untuk meraih keuntungan hingga jutaan rupiah dengan berjualan produk kebutuhan sehari hari terlengkap mulai dari fashion, makanan, hingga perlengkapan ibadah.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis, yuk segera klik banner di bawah ini

daftar reseller evermos gratis

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Lengkap Dengan Arti Serta Manfaatnya

Tata Cara Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam

Bacaan Doa Akhir Tahun
Sumber: google/bersosial

Untuk pembacaan doa akhir tahun maupun doa awal tahun ternyata memiliki tata cara tersendiri untuk pelaksanaannya.

Hal ini tujuannya agar doa yang dipanjatkan lebih mengena tepat di akhir tahun dan di awal tahun hijriyahnya.

Berikut ini merupakan beberapa tata cara ataupun waktu yang tepat untuk membaca doa akhir tahun maupun doa awal tahun. Tata cara ini diambil dari beberapa sumber.

  • Doa akhir tahun lebih disarankan untuk dibaca sebanyak tiga kali pada waktu antara yaitu waktu Ashar dengan waktu Maghrib di hari terakhir bulan Dzulhijjah atau sekitar tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. Dengan doa ini kita memohon agar kita dapat mengakhiri akhir tahun tersebut dengan mendapatkan ampunan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala.
  • Doa yang di panjatkan tidak harus sama dengan doa di atas, yang terpenting adalah doa ini merupakan rasa permohonan ampun kita atas segala perbuatan kita yang melakukan apasaja yang sebenarnya dilarang oleh Nya. Dan memohon agar Allah meridhoi segala amal saleh yang kita perbuat selama satu tahun sebelumnya.

Nah, demikianlah bacaan doa di akhir tahun dan awal tahun yang bisa kita panjatkan kepada Allah.

Semoga kita semua selalu berupaya untuk menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi di setiap harinya.

Segala hal atau momen yang telah terlewati semoga bisa menjadi pembelajaran untuk lebih baik ke depannya.

Sambutlah di tahun baru nanti dengan menjadi makhluk Allah yang taat dan naik level dihadapan-Nya.

Tak lupa dengan resolusi di tahun baru nanti, dapat Anda capai atas keridhaan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lewatkan artikel kumpulan doa lainnya hanya di situs Blog Evermos

×