9 Doa Agar Melahirkan Normal Mudah dan Lancar, Bacaan Arab Latin Serta Artinya

Melahirkan dengan normal dan lancar adalah dambaan setiap ibu hamil. Jika sebentar lagi Anda akan melahirkan, yuk amalkan doa agar melahirkan normal mudah dan lancar!

Melahirkan memang menjadi momen yang mendebarkan, baik itu oleh sang Ibu, suami, maupun kerabat dekat. Sebab, momen persalinan selalu penuh dengan pertaruhan nyawa. 

Sebetulnya, tidak ada yang membedakan perjuangan ibu yang melahirkan normal maupun caesar, namun melahirkan normal sering kali menjadi pilihan pertama yang diperjuangkan. 

Karena dengan melahirkan normal, maka pemulihan dan rawat inap sang Ibu akan lebih cepat. 

Adapun untuk bisa melahirkan normal, juga perlu banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi sang Ibu. Selain itu, tentu perlu diiringi dengan doa agar bisa melahirkan normal. 

Maka dari itu, artikel ini akan mengulas bacaan doa supaya melahirkan lancar dan normal. Jangan lupa simak dan amalkan, ya!

Baca juga: 6 Doa Agar Diberi Kemudahan Atas Kesulitan yang Dihadapi

Rangkaian Doa agar Melahirkan Normal Mudah dan Lancar 

doa agar melahirkan normal mudah dan lancar
Sumber: canva.com

Membaca doa agar melahirkan dengan normal dan lancar tidak hanya dapat diamalkan oleh sang Ibu yang sedang mengandung, namun juga oleh suami, keluarga, hingga kerabat lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tahapan bacaan doa dimudahkan dalam persalinan, hingga Allah mengabulkan keinginan Anda untuk melahirkan normal. 



1. Membaca Ayat Kursi atau Surat Al-Baqarah Ayat 255

Pertama-tama, bacalah ayat kursi yang merupakan bacaan surat Al Baqarah ayat 255. Berikut ini bacaan Arab, Latin, dan arti dari ayat kursi:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyul-‘aẓīm.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca juga: Doa Untuk Kelahiran Anak Agar Menjadi Anak Sholeh & Sholeha.

2. Membaca Surat Al-A’raf ayat 54 

Kedua, bacalah surah Al-A’raf ayat ke 54 sebanyak satu kali.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ࣖ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lamaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhabu. Rabbanaa innaka jaami’un naasi li yaumin laa raiba fiihi. Innallaaha laa yukhliful mii’aada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau membengkokkan hati kami sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. Dan karuniakanlah kepada kamu limpahan rahmat dari sisi-Mu; sesungguhnya Engkau jualah Tuhan Yang melimpah-limpah pemberian-Nya. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya.” Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.”

3. Membaca Surat Al-Falaq 

Setelah membaca surat Al-A’raf ayat 54 di atas, maka lanjutkan dengan membaca surat Al-Falaq sebanyak satu kali. Jangan lupa untuk juga memahami artinya, ya!

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ ۞ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ ۞ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ۞ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ۞ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ ۞ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

(1) Qul a’ụżu birabbil-falaq, (2) Min syarri mā khalaq, (3) Wa min syarri gāsiqin iżā waqab, (4) Wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad, (5) Wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad.

Artinya: “Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar). Dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

4. Membaca Surat An-Naas 

Berikutnya, bacalah surat An-Naas sebanyak satu kali. 

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ ۞ مَلِكِ النَّاسِۙ ۞ اِلٰهِ النَّاسِۙ ۞ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ ۞ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ ۞ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

(1) Qul a‘ūżu birabbin-nās(i), (2) Malikin-nās(i), (3) Ilāhin-nās(i), (4) Min syarril-waswāsil-khannās(i), (5) Allażī yuwaswisu fī ṣudūrin-nās(i), (6) Minal jinnati wan-nās(i).

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Raja manusia sembahan manusia, dari kejahatan (setan) pembisik yang bersembunyi yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

5. Membaca Doa Agar Melahirkan Normal Mudah dan Lancar 

Setelah rangkaian bacaan di atas, maka lanjutkan dengan doa khusus agar melahirkan normal, mudah, dan lancar, dengan bacaan berikut ini. 

لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم

La ilaha illallahul ‘adhimul ḫalim, la ilaha illallahu rabbul ‘arsyil ‘adhim, la ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul ‘arsyil ‘adhim.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Maha Bijaksana. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang agung.”

6. Membaca Bacaan Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Terakhir, bacalah sholawat nabi Muhammad SAW. Ada banyak sekali bacaan sholawat Nabi yang dapat Anda amalkan, salah satunya yaitu sholawat Nariyah, berikut ini. 

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

Ketika bayi yang sang Ibu kandung selama 9 bulan telah lahir, maka Anda bisa membaca doa berikut ini: 5 Doa untuk Bayi yang Baru Lahir Penuh Makna dan Harapan. 

Bacaan Doa Agar Melahirkan Normal Mudah dan Lancar Arab, Latin, Artinya 

doa agar melahirkan normal mudah dan lancar
Sumber: canva.com

Selain rangkaian bacaan doa agar melahirkan normal mudah dan lancar dan cepat di atas, Anda juga dapat mengamalkan beberapa doa berikut ini.  

1. Doa Memohon Kelancaran dengan Memuji Allah SWT

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ࣖ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lamaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhabu. Rabbanaa innaka jaami’un naasi li yaumin laa raiba fiihi. Innallaaha laa yukhliful mii’aada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau membengkokkan hati kami sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. Dan karuniakanlah kepada kamu limpahan rahmat dari sisi-Mu; sesungguhnya Engkau jualah Tuhan Yang melimpah-limpah pemberian-Nya. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya.” Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.”

Selain mengamalkan doa di artikel ini, Anda juga dapat membaca doa agar diberikan ketenangan pada hati untuk proses bersalin. Baca doanya disini: 9 Doa Agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan, Insya Allah Tenang!

2. Doa Agar Cepat Melahirkan dari Siti Maryam 

حَنَا وَلَدَتْ مَرْيَمَ وَمَرْيَمُ وَلَدَتْ عِيْسَى اُخْرُجْ أَيُّهَا الْمَوْلُوْدُ بِقُدْرَةِ المَلِكِ المَعْبُوْدِ

Khana waladat maryam wa maryamu waladat ‘iisaa, ukhruj ayyuhal mauluud, biqudratil malikil ma’buud.

Artinya: “Hanna melahirkan Maryam. Maryam melahirkan Isa AS. Keluarkanlah wahai jabang bayi dengan kekuasaan Maha Raja Yang Maha disembah.”

3. Doa Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan Normal

يَا بُنَيَّ اُخْرُجْ بِإِذْنِ اللهِ

Yaa bunayya ukhruj bi idznillaah.

Artinya: “Wahai anakku, keluarlah dengan izin Allah. (bacalah dengan berulang hingga bayi terlahir)”

Itulah beberapa doa agar melahirkan normal mudah dan lancar yang dapat Anda amalkan menjelang proses persalinan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Apabila ingin mengetahui informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda juga dapat kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal.

Apalagi, jika Anda tertarik memulai usaha dan masih pemula dalam berbisnis, maka Anda bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombil di bawah ini untuk mendapatkan penawarannya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)