9 Doa Agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan, Insya Allah Tenang!

Perasaan sedih, gelisah, serta rasa khawatir terhadap apa yang telah kita upayakan merupakan perasaan yang wajar dalam diri seorang manusia. Sebab itu, kita perlu Doa agar hati tenang dan diberi kemudahan 😁

Dalam agama Islam, terdapat banyak doa yang mewakili segala macam kondisi. Semua tercantum di dalam Al-Quran, hadits, maupun jumhur ulama.

Setiap doa dapat diamalkan sesuai dengan kondisi masing-masing. Termasuk doa penenang hati dan pikiran agar diberi kelancaran dalam mengerjakan segala urusan.

Agar dapat langsung diamalkan, berikut kumpulan bacaan doa agar hati tenang dan diberi kemudahan. Simak ulasannya hingga tuntas ya!

1. Doa Agar Hati Tenang

Doa Agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan

Dalam buku Doa Dzikir Muslimah oleh Abu Ayyub El-Faruqi, berikut bacaan doa agar hati tenang:

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ

Allahumma musharrifal-qulubi sharrif qulubana ‘ala tha-atika.

Artinya: “Ya Allah, yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepada-Mu.” (H.R. Muslim)

2. Doa Penenang Hati dan Pikiran

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

3. Doa Agar Tenang dalam Menghadapi Cobaan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Inilah doa Nabi Musa yang dipanjatkan ketika dirinya mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk berdakwah langsung kepada Firaun yang merupakan penguasa zalim pada zaman tersebut.

4. Doa Agar Diberikan Kemudahan Urusan dan Terhindar dari Masalah yang Berat

doa agar usaha lancar dan banyak pelanggan

Kemudian, mengutip buku Doa Zikir Mohon Pelindungan dan Ketenangan Hati oleh Darul Insan, terdapat doa yang bermanfaat agar dimudahkan dan dijauhkan dari masalah yang berat. Berikut bacaan doanya:

لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ

Laa ilaaha illaa anta subhanaaka innii kuntu minazh-zhoolimiin.

Artinya: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

5. Doa Agar Terhindar dari Masalah

Adapun bacaan doa lainnya, agar terhindar dari masalah adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

Artinya: “Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai kumpulan doa lainnya, Anda bisa menggunakan speaker Quran yang tersedia di Evermos.

Hanya dengan 1 benda, tetapi banyak sekali manfaatnya. Pada speaker Quran terdapat berbagai macam fitur seperti bacaan dzikir, kumpulan doa sehari-hari, murratal Quran, tausiyah, dan lain sebagainya.

Ataupun jika Anda ingin berjualan produk tersebut, Anda tinggal daftar menjadi reseller Evermos sehingga akan mendapatkan komisi nantinya.

Yuk, klik di bawah ini untuk mendaftar, siap-siap mendapatkan penghasilan sesuai keinginan. Bisa mencapai jutaan rupiah perbulannya loh!

DAFTAR DISINI SEKARANG

 

6. Doa Ketenangan Hati dan Pikiran

Doa Agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan

Tidak hanya dalam hati, rasa kegelisahan dapat timbul dari banyaknya pikiran. Ketika dalam situasi jenuh, atau sulit untuk mengembangkan ide pikiran, sebaiknya baca doa berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya.”

7. Doa Penenang Hati dan Pikiran

Hati atau qalbu merupakan pokok pangkal dari perilaku manusia. Agar kita dapat diberikan ketenangan hati untuk lebih bersih menjalani ibadah maka perlu berdoa.

Berikut adalah doa penenang hati dan pikiran yang dapat Anda amalkan setiap harinya.

Bismillahir rahmanir rahim. Ilahi kaifa ad’uka wa ana ana, wa kaifa aqtho’u rajai wa anta anta ilahi, falaqtal bahra li musa ‘alaihis salam wa najjaitahu minal gharaqi rabbi najjini mimma ana fihi rabbi hab li farjan wa makhrajan birahmatika ya arhamar rahimin.

Arti Bacaan Doa Penenang Hati dan Pikiran:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, bagaimana aku memohon kepada-Mu sementara aku adalah aku, dan bagaimana aku memutus harapanku sementara Engkau adalah Tuhanku.

Engkau belah lautan untuk Nabi Musa (keselamatan atasnya) dan Engkau selamatkan dia dari tenggelam. Wahai Tuhanku, selamatkan aku dari apa yang sedang aku ada di dalamnya. Wahai Tuhanku, berilah aku kemudahan dan jalan keluar dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih.”

8. Bacaan Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas

Ikhlas berkaitan dengan melepaskan sesuatu tanpa kesedihan atau penyesalan. Hati yang ikhlas karena Allah SWT akan menjadi tenang, tidak terbebani karena kehilangan sesuatu, termasuk benda berharga atau orang yang kita sayangi.

Doa agar hati tenang dan ikhlas menerima kenyataan atau doa menerima kehilangan adalah cara ikhlas karena Allah SWT, yakni juga termasuk cara melatih diri bersikap ikhlas dalam beribadah.

Berikut ini adalah lafadz doa agar hati tenang dan ikhlas menerima apapun keputusan Allah SWT.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.”

9. Doa Menenangkan Hati

Bacaan Doa Menenangkan Hati:

Allahumma akhrijni min dhulumaatil wahmi, wa akrimni bi nurril fahmi waf tahlii abwaabal ilmi wa zayyinil akhlaaqil hasatani wal hilmi. Allahumma nawwir qolbi binuuri qidaayatika kamaa nawwartas samaawati wal ardho arhabadan bi rahmaika yaa arhamar raahimiina.

Arti Bacaan Doa Menenangkan Hati:

“Ya Allah, keluarkan saya dari kegelapan keraguan, karuniakan kepadaku kepahaman. Bukakanlah bagiku pintu ilmu dan hiasilah saya dengan akhlak yang baik dan kasih sayang.

Ya Allah terangilah hatiku dengan cahaya hidayah-Mu sebagaimana Engkau senantiasa menerangi langit dan bumi dengan rahmat-MU, wahai Dzat yang paling pengasih dari semua yang pengasih.”

10. Doa agar Apa yang Kita Inginkan Tercapai

Berikut ini adalah doa yang bisa dipanjatkan agar apa yang kita inginkan dapat tercapai, Surat Al-Fatihah ayat 5:

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

Artinya: “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.” (QA Al-Fatihah: 5).

Itulah doa agar apa yang kita inginkan tercapai, Anda bisa membaca surat Al-Fatihah minimal 17 kali dalam sehari ketika shalat.

Itu artinya Anda sudah berdoa sebanyak 17 kali, amalkan lebih sering surat ini agar apa yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah.

Mau Jualan Online Hanya dengan Modal HP? Yuk, Gabung Jadi Reseller Gratis di Evermos Sekarang Juga!

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos. Silahkan klik di bawah ini untuk memulai berjualan!

YUK, GABUNG DISINI!

Demikianlah artikel tentang doa agar hati tenang dan diberi kemudahan yang dapat Anda ketahui.

Doa tesebut bisa Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari ya! Boleh share juga artikel ini kepada yang lain agar mereka juga bisa mengamalkan doa tersebut sehingga dapat menenangkan hatinya dan mendapatkan kemudahan dari segala urusannya.

Memang, sejatinya yang menggerakan hati itu adalah Allah SWT. Jadi, tautkan selalu hati kita kepada Allah agar selalu berada di jalan-Nya. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Jangan lupa untuk membaca artikel tentang doa lainnya pada situs Blog Evermos

×