9 Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Bacaan Arab, Latin dan Artinya, Insya Allah Mujarab!

Ketika sedang mengadakan suatu acara, atau berencana untuk pergi ke suatu tempat, Anda mungkin berharap agar cuaca tidak hujan. Menurut syariat Islam, caranya bukan dengan pawang hujan, namun dengan membaca doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dalam Islam terdapat doa yang kita panjatkan kepada Allah untuk meminta tidak diturunkan hujan. Doa ini bisa dibaca ketika akan berpergian ke suatu tempat atau sedang mengadakan suatu acara agar langit tetap cerah dan tak hujan.

Artikel ini akan mengulas bacaan doa agar langit cerah dan tidak hujan untuk Anda yang berharap langit untuk tidak gelap. Simak artikelnya sampai selesai dan jangan lupa amalkan!

Baca juga: 5 Doa Ketika Turun Hujan Serta Amalan yang Harus Dilakukan

Bacaan Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Arab, Latin, dan Artinya

doa agar langit cerah dan tidak hujan
Sumber: pexels.com

Hujan adalah berkah yang Allah SWT turunkan ke bumi, namun jika hujan terus menerus tanpa henti, maka bisa menyebabkan terjadinya bencana alam. 

Meminta agar hujan berhenti bukan berarti menolak rahmat yang Allah berikan. Namun, bisa jadi karena ada sebab tertentu yang justru akan berdampak buruk jika turun hujan.

Meskipun hujan adalah kehendak Allah dan tak tahu kapan akan turun dan tidak akan turun, namun Anda bisa meminta kepada Allah untuk tidak diturunkan hujan pada waktu-waktu tertentu.

Berikut ini adalah beberapa doa meminta agar langit tidak mendung dan menurunkan hujan mengutip dari berbagai sumber:

1. Doa Agar Hujan Berhenti dan Cuaca Cerah dalam Surah Hud ayat 44

Berikut ini adalah bacaan doa agar tidak hujan dan langit cerah dalam salah satu surat di Al-Quran.



وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Wa qiila yaa arḍubla’ii maa`aki wa yaa samaa`u aqli’ii wa giiḍal-maa`u wa quḍiyal-amru wastawat ‘alal-jụdiyyi wa qiila bu’dal lil-qaumiẓ-ẓaalimiin.”

Artinya: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan air pun disurutkan, perintah pun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim.” (Q.S. Hud: 44).

Doa ini bisa Anda baca ketika akan menggelar suatu acara dan berharap agar cuaca selalu cerah ataupun ketika Anda akan menuju ke suatu tempat yang berharap tidak hujan.

Dengan membaca doa agar tidak hujan, Allah akan mendengarnya dan mengabulkan apa yang Anda minta kepadanya.

2. Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Arab dan Arti

Selain doa di atas, Anda juga bisa membaca doa berikut ini untuk meminta kepada Allah agar hujan tidak turun di daerah Anda.

Berikut ini doa supaya hujan berenti dan doa agar langit cerah dan tidak hujan serta doa agar cuaca panas latin yang bisa dibaca.

للَّهمَّ حَوَالَيْنَا وَلا عَلَيْنَا، اللَّهمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ الأَوْدِيَةِ، وَمَنابِتِ الشَّجَر

Allahumma hawalaina wa laa alaina. Allaahumma alal- aakaami wadh-dhiraabi, wa butoonil- awdiyati, wa manaabitish-shajari.”

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan (hujan) yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Doa agar tidak hujan di atas bisa Anda baca untuk meminta kepada Allah agar hujan tidak turun di daerah Anda, tapi di daerah lain yang memang sangat membutuhkan hujan.

Namun, jika hujan tersebut masih tetap turun di daerah Anda, maka bacalah doa saat hujan turun agar menjadi rahmat bagi Anda. Simak artikel berikut ini mengenai bacaan doa ketika hujan turun: 5 Doa Ketika Turun Hujan Serta Amalan yang Harus Dilakukan.

3. Doa Meminta Keselamatan Saat Hujan

Adapun ketika hujan turun, Anda bisa meminta kepada Allah agar selalu diberikan perlindungan dan keselamatan dengan membaca doa agar hujan berhenti dan cuaca cerah berikut ini: 

ِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Saat hujan terjadi, maka sesuatu apapun bisa terjadi. Oleh karena itu Anda perlu berdoa seperti di atas agar selalu diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

4. Doa Biar Hujan Berenti

Ketika hujan turun, terkadang kita mendapatkan kondisi yang kurang baik, misalnya ingin segera pulang namun terjebak hujan. Salah satu amalan yang dapat diamalkan yaitu membaca doa meminta hujan berhenti dan doa berhentikan hujan.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

“Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: “Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

5. Doa Agar Hari Ini Tidak Hujan 

Selain membaca doa dengan bacaan Arab, Anda bisa berkomunikasi seperti berbicara kepada Allah untuk memohon dengan doa agar cuaca cerah. Sebab terkadang ada hari di mana kita perlu beraktivitas di luar dan akan lebih mudah apabila tidak turun hujan.

Berikut contoh kalimat doa yang bisa Anda gunakan:

“Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengatur segala sesuatu, kami memohon pada hari ini Engkau memberikan kami cuaca yang cerah, bukan hujan. Karena pada hari ini kami memiliki kegiatan yang memerlukan cuaca baik. Namun, apa pun keputusan-Mu, kami tahu bahwa semua yang Engkau berikan adalah yang terbaik bagi kami. Aamiin.”

6. Hadist Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

Dalam hadits juga terdapat doa agar tidak mendung hingga doa agar cuaca cerah. Bacalah doa agar hujan berenti berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

“Allaahumma inni as-aluka koirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.” (HR Muslim).

7. Doa Agar Hujan Tidak Jadi Bencana

Hujan adalah karunia dan berkah yang Allah turunkan. Namun sebagian hujan yang datang dengan dahsyat bisa menjadi sumber bencana. Setelah mengerjakan amalan seperti berdzikir dan doa, bacalah doa agar hujan tidak jadi bencana sebagai cara agar hujan berhenti.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Bacaan Arab dan Latin Doa Meminta Hujan Turun

doa agar langit cerah dan tidak hujan
Sumber: pexels.com

Hujan memang sebuah rahmat yang Allah turunkan ke muka bumi. Meskipun terkadang kita memohon agar Allah tidak menurunkan hujan, namun bukan berarti kita tidak membutuhkan hujan. Sebab, hujan dengan segudang rahmat memberikan manfaat yang luar biasa untuk bumi.

Sehingga, apabila ingin mengetahui cara mendatangkan hujan dengan cepat, maka jawabannya adalah dengan berdoa. Berikut ini beberapa doa agar cepat turun hujan.

Baca juga: Kumpulan Doa Turun Hujan dan Hadist yang Perlu Anda Amalkan.

1. Doa Menurunkan Hujan

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Allahumma Qinaa ghaitsam mughiitsam marii-am marii’an naafi’an ghaira dharrin ‘aajilan ghoiro aajil.”

Artinya: “Ya Allah, berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh, menyuburkan tanaman, bermanfaat, dan tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda,” (HR Abu Dawud).

2. Doa Menurunkan Hujan Lebat

Selain doa di atas, Anda juga bisa membaca doa berikut untuk meminta hujan turun: 

اللَّهُمَّ أَغِثْنَا ، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا ، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا

Allahumma aghitsna, allahumma aghitsna, allahumma agitsnaa.”

Artinya: “Ya Allah, berilah kami hujan. Ya Allah, berilah kami hujan. Ya Allah, berilah kami hujan,”

Demikianlah pembahasan tentang doa agar langit cerah dan tidak turun hujan berikut dengan doa meminta hujan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Anda juga bisa membaca dzikir agar hujan berhenti berikut ini:

Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)