5 Doa Ketika Turun Hujan Serta Amalan yang Harus Dilakukan

Saat ini sedang dilanda musim hujan. Sebagai muslim yang baik, hendaknya kita memanjatkan doa ketika turun hujan. Ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan, beserta amalan yang bisa kita kerjakan agar menjadi berkah.

Sebetulnya tidak terhitung seberapa banyak nikmat serta berkah yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Salah satu berkah yang telah Allah limpahkan salah satunya adalah turunnya hujan.

Fenomena alam ini merupakan hal yang patut kita syukuri. Melalui adanya hujan, setiap makhluk di bumi bisa mendapatkan air yang dijadikan sebagai sumber kehidupan.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Waqi’ah ayat 68-69 yang artinya:

“Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?”

Selain itu, ada pula QS. Al Fushshilat ayat 39 yang artinya:

“Dan di antara tanda-tanda-Nya (ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Sudah sepatutnya, saat turun hujan kita sebagai hamba-Nya dapat mengucapkan syukur dengan memanjatkan doa-doa.

Berikut ini ada beberapa doa ketika turun hujan yang bisa kita panjatkan serta amalan yang bisa kita lakukan agar mendapatkan keberkahan.

Baca juga: 6 Makanan Yang Cocok Untuk Musim Hujan | Hangat dan Sehat

Doa Ketika Turun Hujan

Ketika kita mendapatkan nikmat dari Allah SWT, kewajiban kita sebagai umat manusia adalah selalu bersyukur dan bertaqwa kepada-Nya. Misalnya saja turunnya hujan.

Sebagaimana dalam hadits yang telah diriwayatkan Aisyah, Nabi Muhammad SAW selalu mengucapsyukur ketika hujan turun dengan senantiasa mengucapkan:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻴِّﺒًﺎ ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Doa Ketika Hujan Lebat

Seperti diriwayatkan dalam Hadits Al-Bukhari di Kitab Awal Penciptaan. Berdasarkan Hadits Riwayat Bukhari, berikut ini doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa ini tentu penting untuk kita panjatkan agar mendapatkan keberkahan. Jika Anda ingin mengetahui doa doa seperti doa ketika turun hujan, Anda bisa mengetahuinya melalui speaker Quran.

Speaker Quran bisa Anda dapatkan dari Evermos. Selain Anda dapat memilikinya sendiri, Anda juga dapat berjualan produk tersebut dengan menjadi reseller Evermos.

daftar reseller evermos

Doa Ketika Turun Hujan dengan Petir

Seperti yang tertulis dalam hadis Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa ketika hujan disertai petir, begini bunyinya:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

Doa Saat Hujan Turun dengan Angin Kencang

Doa Ketika Turun Hujan
Sumber: shutterstock.com

Dalam salah satu hadistnya, Imam Muslim meriwayatkan bahwa saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang. Berikut bunyi doanya:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Baca juga: Jangan Sembarang Beli! Ketahui 8 Tips Memilih Jas Hujan yang Awet

Doa Meminta Hujan Berhenti

Apabila hujan yang turun terus menerus berisiko tinggi menimbulkan banjir. Pada zaman Rasulullah SAW dulu kejadian seperti ini juga pernah terjadi selama beberapa hari.

Akibatnya adalah banjir dan menyebabkan banyak akses jalan terputus, stok makanan membusuk, dan aktivitas umat terhambat.

Nabi lalu memanjatkan doa pada Allah SWT untuk menolong umatnya:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.” (HR Bukhari).

Doa merupakan salah satu upaya kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Lewat doa pula, segala apa yang kita inginkan bisa terkabulkan. Seperti saat turun hujan, kita dianjurkan untuk berdoa karena merupakan waktu yang mustajab terkabulnya sebuah doa.

Nah, bagi Anda yang ingin mendalami doa-doa dalam Al-Quran, seperti doa sehari-hari yang bisa kita amalkan, Anda bisa mendapatkan produk yang memiliki manfaat luar biasa yaitu Al-Quran dan speaker Quran.

Yuk, segera dapatkan produk tersebut di Evermos, Anda juga bisa menjadi reseller dan berkesempatan untuk meraih komisi jutaan rupiah. Silahkan klik di bawah ini untuk daftar jadi reseller!

Doa Ketika Turun Hujan

Hadits Tentang Hujan

1. Hujan adalah Rahmat dan Berkah

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata,

“Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.”

2. Berwudhu dengan Air Hujan

Dari Yazid bin Al Hadi, apabila air yang deras mengalir, Nabi SAW mengatakan:

“Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan Allah sebagai alat untuk bersuci,” Kemudian kami bersuci dengan air tersebut dan memuji Allahatas nikmat ini.

3. Meyakini bahwa Hanya Allah yang Dapat Mengatur Turunnya Hujan

Kita harus menyakini adanya Allah yang mampu menurunkan hujan atau memberhentikan hujan, tidak boleh meyakini dzat selain Allah.

Sebab hal itu merupakan bentuk dari sifat kufur. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

“Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ‘Muthirna bi fadhillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza'(Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dia lah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.”

Amalan Ketika Turun Hujan

Doa Ketika Turun Hujan
Sumber: shutterstock.com

Islam mengajarkan banyak sekali amalan untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT dalam setiap sendi kehidupan manusia.

Tak terkecuali saat hujan. Sebab, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk umat Muslim dalam menyikapi hujan, seperti:

  • Takut azab ketika mendung. Ketika mendung datang, Nabi Muhammad SAW begitu khawatir jika mendung tersebut merupakan tanda akan datangnya kemurkaan dan azab Allah SWT.
  • Berdoa ketika turun hujan lebat. Sama seperti ketika turun hujan biasa, jika hujan turun dengan lebat, umat muslim juga dianjurkan untuk membacakan doa agar terhindar dari hujan yang membawa bencana.
  • Membaca doa ketika hujan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ketika turun hujan, umat muslim disunnahkan untuk membaca doa mengharap hujan tersebut mendatangkan kebaikan dan bukan keburukan.
  • Berdoa setelah turun hujan. Ketika hujan telah selesai, umat muslim juga dianjurkan untuk membacakan doa agar hujan tersebut memberikan manfaat.
  • Mengambil berkah dari hujan dan tidak mencelanya. Nabi Muhammad SAW mengingatkan bahwa umat muslim tidak boleh mencela sesuatu atau makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa, misalnya hujan.

Rekomendasi Produk Pelindung Untuk Berkendara yang Tersedia di Evermos 

Doa Ketika Turun Hujan

Saat berkendara, tentu saja kita memerlukan alat/perlengkapan pelindung agar bisa selamat dalam perjalanan.

Baik musim hujan ataupun musim panas, kita memerlukan peralatan seperti helm, jas hujan hingga sarung tangan dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan produk tersebut, bisa Anda dapatkan di Evermos.

Tidak hanya untuk Anda miliki sendiri, Anda juga dapat menjual produk-produk tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Silahkan klik di bawah ini untuk bergabung menjadi reseller Evermos dan langsung bisa mulai berjualan!

Doa Ketika Turun Hujan

Demikianlah artikel tentang doa ketika turun hujan beserta amalan yang bisa kita kerjakan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh bagikan artikel ini pada yang lain agar mendapat kebermanfaatan dan bisa mengamalkan doa ini juga.

Untuk membaca artikel tentang doa lainnya, Anda dapat mengunjungi situs Blog Evermos. 

×