Doa Agar Dijauhkan dari Masalah, Insya Allah Penuh Kelancaran

Ingin agar bisa terhindar dari masalah yang besar yang datang dari urusan sehari-hari seperti masalah pekerjaan atau kuliah? Kamu wajib untuk tahu bacaan doa agar dijauhkan dari masalah berikut!

Saat menjalani kehidupan setiap manusia akan mendapatkan ujian dan beragam cobaan hidup.

Berbagai masalah kehidupan datang silih berganti, dari masalah diri, keluarga, urusan dan pekerjaan.

Allah SWT memberikan solusi kepada setiap hamba-Nya dalam mengatasi masalah yaitu dengan memanjatkan doa agar dijauhkan dari segala masalah.

Banyak orang yang penasaran adakah doa agar dijauhkan dari segala masalah, doa agar dijauhkan dari masalah besar yang mungkin kita ragu bisa menghadapinya atau tidak?

Jawabannya tentu ada, nah saat ini Kamu bisa mengetahui bacaan doanya yang benar.

Baca Juga : Sedang Galau? Bacalah Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab dan Artinya

Doa Agar Dijauhkan dari Masalah

doa agar dijauhkan dari masalah
Sumber: pexels.com

Setelah memahami bahwa Allah SWT memberikan ujian sesuai dengan kadar kesanggupan seseorang, kita bisa meyakini bahwa takdir itu adalah yang terbaik bagi kita.

Sebagai salah satu upaya agar mendapatkan ampunan di dunia dan di akhirat, serta semoga Allah menghindari dari ujian yang beart kita bisa mencoba amalkan doa agar dijauhkan dari masalah berat berikut.

Inilah beberapa doa agar dijauhkan dari masalah:

1. Doa Memohon Keselamatan

“Allaahummaftah ‘alainaa abwaabal khairi wa abwaabal barakati wa abwaaban ni’mati wa abwaabal quwwati wa abwaabashshihhati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannati. Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyi’ lanaa min amrinaa rasyadaa. bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

2. Doa Agar Dijauhkan dari Masalah Besar

“Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fid Dun-Yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-Ya Wa Ahlii Wa Maalii. Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-’Aatii. Allahummah-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfii Wa ‘An Yamiinii Wa ‘An Syimaalii Wa Min Fauqii. Wa A-’Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii)” 

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku.”

3. Doa Agar Dijauhkan dari Segala Masalah

doa agar dijauhkan dari masalah
Sumber: pexels.com

Rabbanā ‘alaika tawakkalnā wa ilaika anabnā wa ilaikal-maṣīr.

Artinya: “Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.”

Baca Juga : Doa Agar Dijauhkan Dari Hal Buruk, Insya Allah Terjaga

4. Doa Agar Dijauhkan dari Masalah Pekerjaan

“Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan.

aAllahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka.

Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.”

Artinya: ”Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan Engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkan kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

5. Doa Agar Dijauhkan dari Masalah dan Meminta Ampunan

doa agar dijauhkan dari masalah
Sumber: pexels.com

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazhzhalimin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.” (Dikutip dari buku berjudul Setiap Saat Bersama Allah (2006) oleh Islah Gusmian)

Penjelasan Ujian Hidup di Surat Al Baqarah Ayat 285

Kita biasa menamai ujian hidup dengan cobaan, rintangan, masalah, hingga beban hidup.

Mulai dari yang sifatnya ringan bahkan hingga sifatnya yang terasa berat dan mustahil sekalipun.

Padahal, dalam Al-Quran Allah SWT sudah menjelaskan bahwasanya segala beban atau masalah hidup sudah diberikan kepada setiap manusia sesuai dengan kesanggupannya.

Allah SWT tidak bermaksud untuk mendzalimi siapapun dalam hal memberikan beban.

Di bawah ini adalah firman Allah SWT tentang ujian dan cobaan hidup:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (Surat Al Baqarah ayat 265)

Menurut Tafsir Al-Mukhtashar menjelaskan ayat berikut bahwa tidak ada ujian yang mustahil dapat terlewati oleh hamba-Nya karena segalanya Allah bangun atas kemudahan. 

Kemudian jika berbuat baik akan mendapatkan ganjaran dan tidak dikurangi sedikitpun, begitu juga dengan berbuat buruk akan memikul dosanya sendiri.

Kalimat selanjutnya diakhiri dengan doa agar Allah SWT mudah-mudahan tidak memberikan beban yang memberatkan bagi hamba, serta doa ampunan dan harapan mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

Demikian ulasan artikel doa agar dijauhkan dari masalah serta hikmah yang bisa kita ambil dari makna surat Al-Baqarah ayat 286.

Semoga penjelasan berikut memberikan manfaat bagi Kamu, sebarkan link artikel ini kepada orang-orang terdekat Kamu juga.

Punya masalah finansial karena tidak ada usaha sampingan? Tidak perlu khawatir, Kamu bisa menjalankan jualan online tanpa modal yang halal dan terpercaya di aplikasi Evermos.

Raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya dan lakukan pendaftaran secara GRATIS lewat tombol di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG