4 Doa Agar Dijauhkan Dari Hal Buruk, Insya Allah Terjaga

Takdir seseorang merupakan salah satu ketentuan dari Allah SWT yang tak dapat dihindari, namun berbeda dengan nasib yang masih menjadi misteri yang dapat ditentukan oleh setiap manusia tersendiri. Siapa saja pastinya menginginkan hal yang baik-baik, mari membaca doa agar dijauhkan dari hal buruk berikut.

Setiap muslim memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan nasib yang baik, adapun nasib baik tergantung dari bagaimana dan apa yang diupayakan oleh manusia.

Kita mungkin pernah mendengar pepatah “apa yang engkau tanam itulah apa yang engkau tuai” oleh karena itu kita patut berhati-hati untuk melakukan suatu perbuatan yang kelak akan berdampak.

Doa Agar Dijauhkan Dari Hal Buruk

Doa Agar Dijauhkan Dari Hal Buruk
Sumber: pexels.com

Agar kita dapat menghindari hal yang buruk dalam kehidupan kita, tentunya dapat mencoba membaca doa agar dijauhkan dari hal buruk berikut ini.

Allahumma inni a’uudzu bika  min jahdil balaa-i  wa darokisy syaqoo-i  wa suu-il qodhoo-i  wa syamaatatil a’daa-i.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari cobaan yang berat dan dari kesengsaraan yang hebat, dari takdir yang jelek, dan kegembiraan musuh atas kekalahan.”

Bacalah sewaktu di petang hari atau disaat sepertiga malam dengan mengucapkan segala puji bagi Tuhan Semesta yaitu Allah SWT.

Beberapa hal buruk yang tentunya ingin kita hindari ada banyak, misalnya gangguan yang berasal dari orang jahat, kemudian penyakit dalam tubuh, dan terdapat permasalahan hidup yang rumit.

Doa Agar Dijauhkan dari Orang Jahat

Dalam hidup, kita sadari bahwa diri ini adalah manusia biasa yang penuh dengan celah ketidaksempurnaan. Meski begitu, berbuat jahat bukanlah selalu menjadi alasan terbaik untuk membalas dendam kepada seseorang.

Sebagaimana hal yang tidak dapat menjadi kendali kita yaitu untuk mengatur setiap tindakan, niat dan perbuatan yang orang lain hendak arahkan kepada kita.

Sama halnya ketika kita mendapati seseorang yang ingin berlaku kepada diri, kita tidak dapat mengontrolnya sebab hal tersebut adalah hal yang berada di luar kemampuan atau diluar batas dari diri kita.

Amalkan doa agar dijauhkan dari orang jahat di bawah ini agar terhindar dari orang-orang yang memiliki niat jahat dalam dirinya.

Allohumma ya munazzilal kitab, wa mujriyas sahab, wa hazimal ahzab, ihzimhum wanshurna ‘alaihim

Artinya: “Ya Allah, wahai Dzat yang menurunkan Alquran berangsur-angsur, penggerak awan, pengusir kelompok (jahat), usirlah mereka dan menangkanlah kami atas mereka.”

Orang yang berbuat jahat kepada kita, memiliki penyakit dalam hatinya. Agar kita tidak memiliki penyakit dalam hati, kita perlu membaca doa agar dijauhkan dari penyakit.

Doa Agar Dijauhkan dari Penyakit

Berdoa menjadi salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT, sebab dengan berdoa berarti kita merendahkan diri dihadapan kuasa Allah SWT. 

Dengan membaca doa, dapat menjadi salah satu ikhtiar setiap muslim untuk menghadapi persoalan kehidupan yang menghampiri dan membutuhkan pertolongan dari Allah SWT.

Salah satunya adalah ingin dijauhkan dari penyakit yang berbahaya, misalnya.

Pada zaman Rasulullah SAW, beliau hendak membaca doa agar dijauhkan dari penyakit yang dapat menjadi acuan bagi umat muslim untuk mengamalkannya.

Dalam hadis dari Anas RA tersebut disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan doa: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.” (HR Abu Daud).

Dikutip Nu Online, Abdul Muhsin Al-Abbad dalam Syarah Abu Dawud menafsirkan kata ‘sayyi’il asqam’ atau penyakit-penyakit buruk dalam hadit ini sebagai ragam penyakit yang membuat buruk rupa dan bahaya pada manusia.

Segala permasalahan yang terjadi dalam lingkup kehidupan tentu memiliki penawarnya. Begitu pula dengan hadirnya setiap masalah dalam hidup, yang dapat kita coba atasi dengan membaca doa agar dijauhkan dari masalah .

Doa Agar Dijauhkan Dari Masalah 

Salah satu sahabat Rasulullah SAW pada zamannya meriwayatkan sebuah hadits tentang doa agar dijauhkan dari masalah. 

Ketika menghadapi suatu masalah yang besar selain mencoba untuk mencari solusi yang terbaik kita juga dapat melakukan upaya yang maksimal dengan berdoa.

Bacaan doa agar dijauhkan dari masalah berikut dapat diamalkan siapa saja.

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (HR. Ibnu Hibban dari Anas bin Malik RA)

Semoga beberapa doa agar dijauhkan dari hal buruk berikut dapat menjadi obat yang mujarab, sekaligus dalam rangka ikhtiar setiap muslim untuk menghadapi kehidupannya.

Sebarkan juga artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

×
slot88