Sedang Galau? Bacalah Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab dan Artinya

Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab dan Artinya – Dalam hidup setiap manusia menghadapi ujian dan cobaan, baik perasaan seperti bahagia maupun perasaan sedih dan tidak tenang. Ketika kita ditimpa ujian dan musibah, yang menyebabkan pikiran tidak menjadi jernih dan tenang, kita perlu penenang. Penenang terbaik adalah dengan berupaya memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Ada banyak penyebab hati menjadi gelisah dan tidak tenang, diantaranya saat mengalami peristiwa yang menyedihkan.

Misalnya ketika ditinggalkan oleh orang yang kita pedulikan, kemudian mendapatkan musibah seperti penyakit, kerugian dan sebagainya. 

Namun, tak jarang kegelisahan dan hati yang tidak tenang juga terjadi tanpa sebab yang jelas.

Lalu apa saja penyebab dari hati yang tidak tenang? Merangkum dari fimela.com inilah beberapa penyebab hati yang tidak tenang.

  • Punya rencana yang tidak realistis sehingga membuat diri overthinking,
  • Kualitas tidur yang buruk, menyebabkan emosi tidak stabil,
  • Sedang merasakan terpukul karena kehilangan,
  • Merasakan diri tidak berharga,
  • Perjalanan hidup yang sedang melenceng dari tujuan

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari hati yang tidak tenang dan ikhlas, kita perlu berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT yang Maha Membolak-Balikkan hati berikut.

Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas

doa agar hati tenang dan ikhlas
Sumber: pexels.com

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat.”

Hadits Agar Hati Menjadi Tenang

Sabda Rasulullah SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan, “Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.'”

Doa Agar Kuat Menghadapi Masalah

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Doa Agar Hati dan Pikiran Tenang

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya.”

Doa Agar Hati Tenang dan Tidak Cemas

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: “Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan, Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik (nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).”

Doa Agar Hati Tenang Sabar dan Ikhlas

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ

Allahumma musharrifal qulubi sharrif qulubana ala thaa ‘atika

Artinya: Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu (HR. Muslim)

Sikap ikhlas yaitu suatu sikap untuk merelakan sesuatu yang kita anggap paling baik, dengan mengharapkan adanya ridha Allah SWT. 

Doa Agar Hati Tenang Ikhlas Sabar dan Bahagia

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الصَّبْرُ نِصْفُ الْإِيمَانِ، وَالْيَقِينُ الْإِيمَانُ كُلُّهُ

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Kesabaran adalah separuh dari iman dan yakin adalah keseluruhan iman.” (HR. Baihaqi dalam Syu’ab al-Imân)

Yang dimaksud dengan sabar dalam Islam adalah rela untuk menerima sesuatu yang tidak disenangi dengan rasa ikhlas dan berserah diri kepada Allah SWT.

Cara Menenangkan Hati yang Tidak Tenang Menurut Islam

doa agar hati tenang dan ikhlas
Sumber: pexels.com

Selain berupaya dengan membaca beberapa amalan doa di atas, kita juga dapat mencoba anjuran di bawah berikut untuk mengatasi hati yang tidak tenang menurut Islam.

  • Mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran,
  • Senantiasa bersyukur, jangan selalu melihat di atas tetapi lihatlah orang yang berada di bawah kita,
  • Selalu menjaga tali silaturahmi,
  • Perbanyak dzikir dan mengucapkan kalimat la haula wa la quwwata illa billah,
  • Tetap tegar dan menjadi pribadi yang kuat,
  • Melakukan olahraga kecil,
  • Mencari kesibukan atau aktivitas yang bermanfaat, 
  • Melakukan meditasi,
  • Curhat atau berbicara kepada orang yang profesional,
  • Memperbaiki ibadah dan kedekatan kepada Allah SWT,
  • Kurangi menyalahkan diri sendiri,
  • Perbanyak amalan sunnah lainnya,
  • Membiasakan diri dalam keadaan suci dari najis atau berwudhu
  • Membaca dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula nasir

Demikian penjelasan mengenai doa agar hati tenang dan ikhlas serta cara mengatasi hati yang tidak tenang dan gelisah menurut Islam yang patut Anda coba.

Semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda yang sedang merasakan galau.

Setiap manusia diuji dan mendapatkan cobaan sesuai kadarNya, tetaplah untuk berpikiran positif karena setiap permasalahan memiliki penyelesaiannya.

Sebarkan juga artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Mau cari penghasilan tambahan yang jamin halal dan berkah? Tidak perlu khawatir, Anda bisa bergabung jadi reseller di Evermos tanpa modal atau GRATIS sekarang juga.

Raih komisi penghasilan dari Rp20.000 hingga Rp170.000 setiap produknya!

Yuk, ,klik tombol di bawah ini dan lakukan pendaftaran hanya sampai 1 menit saja. 😎

DAFTAR DISINI SEKARANG

×