Yuk, Intip 5 Desain Masjid Modern dan Mewah dari Penjuru Dunia

Desain masjid yang unik dan megah menimbulkan kesan takjub dan kepuasan tersendiri sehingga membuat ibadah semakin khusyuk.

Sama seperti bangunan lainnya, ternyata desain masjid juga bisa dikreasikan sedemikian rupa guna meningkatkan nilai estetikanya. Mulai dari gaya arsitektur klasik, minimalis, hingga futuristik semuanya bisa diterapkan di bangunan masjid.

Penasaran gak sih bagaimana desain masjid di negara lain dengan inovasi arsitektur modernnya? Ingin tahu desain masjid mewah dan modern dari berbagai belahan dunia? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :   Tata Cara Ibadah Haji Lengkap | Mulai dari Rukun hingga wajib Haji

Desain Masjid Mewah dan Modern dari berbagai Belahan Dunia

1. Syeikh Zayed Mosque

desain masjid
sumber : google/bersosial

Masjid ini terletak di Kota Abu Dhabi dan seluruh bangunannya terbangun dari batu pualam putih yang menimbulkan kesan mewah.

Bangunan ini terkenal dengan nama masjid seribu pilar karena memang terdapat 1000 pilar yang menghiasi eksterior bangunan.

Struktur bangunan mengagumkan bisa dilihat dari kedua sisi jembatan yang menghubungkan Abu Dhabi dengan daratan utama. Bangunan ini juga memiliki taman cantik yang menjadi pemandangan khas kota Abu Dhabi.

Uniknya lagi, tempat ini bernama “syekh zayeid mosque”  karena menjadi tempat istirahat Syekh Zayed, presiden pertama Uni Emirat Arab.

desain masjid
sumber : google/bersosial

Istimewanya, masjid ini memiliki 82 kubah, lampu gantung berlapis emas 24 karat, dan karpet buatan tangan terbesar di dunia. Bahkan, kapasitas dari masjid ini mencapai 41.000 jamaah

Bagian dalam dari bangunan ini didominasi oleh warna putih yang dihiasi ukiran emas. Selain itu, pilarnya dilapisi oleh mutiara dan emas. Kubahnya pun memiliki desain bergaya Maroko. Terbayang betapa menakjubkannya, kan?

Baca Juga : Inilah 6 inspirasi Rumah Minimalis Bergaya Eropa yang Kekinian

2. Education city Mosque – Doha

desain masjid
sumber : google/bersosial

Masjid yang satu ini berdesain sangat unik, tidak menyerupai masjid. Bangunan ang satu ini terletak di kota Doha dan menjadi pusat pendidikanvIslam di kota tersebut.

Kapasitasnya mencapai 1.800 jamaah dan juga terbuka untuk publik.  Education City Mosque ini memiliki desain yang unik karena memuat elemen arsitektur yang pada bagian eksterior maupun interior bangunan.

Struktur futuristik ini bisa terlihat dari dua menara masjid yang meruncing ke atas setinggi 90 meter, kemiringannya itu langsung mengarah ke kota Mekah.

desain masjid
sumber : google/bersosial

Selanjutnya pada bagian menara dan kubah bagian dalam dihiasi berbagai ukiran kaligrafi dari ayat-ayat Al-Quran.

Menariknya lagi terdapat kilau berlian memenuhi kubah bagian dalam masjid membuatnya seolah seperti tampilan bintang-bintang yang berpendar di angkasa.

3. Great Mosque of Xi’an

desain masjid
sumber : google/bersosial

Bangunan ini terletak di bekas ibukota China yaitu Xi’an. Istimewanya, bangunan ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia. Bagaimana tidak, masjid ini dibangun pada tahun 742 tepatnya pada masa Dinasti Tang.

Masjid ini kemudian ditambah bangunannya pada masa Dinasti Ming, dan mengalami perluasan pada masa Dinasti Qing ratusan tahun setelah pertama dibuat.

desain masjid
sumber : google/bersosial

Luas bangunan ini sekitar 12.000 m2 dan terbagi menjadi 4 bagian. Selain ruang sholat, ada pula taman dan lorong berarsitektur China. Banyak pula kaligrafi Islam terpahat seperti di gerbang masuk dan ruang sholat.

4. Masjid Kristal, Kuala Terengganu, Malaysia

desain masjid
sumber : google/bersosial

Masjid Kristal ini terletak di pulau buatan Taman Budaya Islam Kuala Terengganu. Bangunan ini berdiri sejak Februari 2008 dan menjadi masjid pintar pertama di Malaysia dengan adanya infrastruktur IT dan koneksi WiFi. Teknologi pintar ini bisa digunakan jamaah untuk mengakses Al Quran digital.

desain masjid
sumber : google/bersosial

Arsitekturnya memakai material besi dan kaca yang membuatnya tampak seperti kristal. Kemudian lewat permainan cahaya lampu di malam hari, masjid ini layak dijuluki sebagai salah satu desain masjid terindah karena kubah dan menaranya bisa berganti-ganti warna.

5. Masjid Jami Ul-Alfar Colombo, Sri Lanka

desain masjid
sumber : google/bersosial

Masjid yang satu ini juga terkenal indah, mewah, dan unik dengan ciri khasnya tersendiri. Sekilas, desainnya sangat mirip dengan kremlin dari Rusia.

Hal yang membuatnya unik adalah motif masjid didominasi dengan corak strip seperti pada permen dan manisan. Tidak heran Masjid Ul-Alfar ini jadi salah satu masjid terindah yang wajib dikunjungi.

Desain unik ini didapat dari susunan batu bata yang dicat dengan warna merah dan putih serta disusun sedemikian rupa. Sehingga bangunan inipun terkenal dengan nama “Masjid Merah”.

Arsitekturnya bergaya Indo-Saracenic dengan kubah berbentuk delima yang unik. Konon, masjid ini menjadi acuan para pelaut ketika merapat di pelabuhan di masa lampau.

Demikianlah kumpulan desain masjid terbaik dan termewah dari berbagai belahan dunia. Bagaimana, unik bukan?

Semoga suatu hari kita bisa mengunjungi dan melaksanakan sholat di beberapa masjid terindah ini.

Untuk menemukan artikel menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

×