Inilah 6 inspirasi Rumah Minimalis Bergaya Eropa yang Kekinian

Kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal tentu meningkat seiring waktu. Namun, harga lahan yang mahal dan keterbatasan lahan membuat masyarakat perlu mencari alternatif salah satunya rumah minimalis.

Selain hemat biaya, rumah minimalis pun merupakan gaya hunian yang kekinian karena nilai estetikanya yang tinggi.

Gaya rumah minimalis ini sering digunakan oleh para millennials yang membangun tempat tinggal 1 lantai di kota besar.

Sebenarnya, bagaimana bentuk dan dekorasi dari rumah minimalis itu? Untuk lebih memahaminya, mari kita simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : 11 Jenis Bunga Gantung di Teras Rumah Untuk Mempercantik Halaman

Inspirasi Rumah Minimalis bergaya Eropa yang kekinian.

1. Dominasi warna putih

rumah minimalis
sumber : pexels.com

Hunian yang bergaya minimalis adalah bangunan yang menunjukkan kesan clean dan clear. Sehingga untuk pemilihan warna dan interiornya perlu diperhatikan secara khusus. Salah satu ciri khas dari rumah minimalis adalah warnanya yang didominasi oleh putih.

Rumah minimalis mengambil inspirasi dari desain Scandinavian. Desain ini  memiliki warna utama yang menjadi ciri yakni putih dan abu-abu muda.

Anda bisa menerapkan warna putih pada lantai ataupun dinding ruang tamu untuk memberikan kesan ruangan yang clean.

Kemudian anda bisa memilih warna abu-abu muda sebagai warna utama dari ornament di ruang tamu seperti sofa.

Kedua warna ini akan menghasilkan paduan warna yang dinamis apalagi ditambah dengan elemen dekorasi berwarna pastel.

Selain bercat putih, sebagian dinding dan tiang rumah juga bisa diaplikasikan dengan batu alam yang berwarna kalem.

Tidak dipungkiri jika warna putih selalu menjadi palet dasar yang cocok untuk hunian bergaya sederhana. Warna putih ini juga sangat cocok jika dikombinasikan dengan lantai atau furnitur kayu.

Baca Juga : 7 Fakta Bunga Janda Bolong yang Banyak Diincar Para Pecinta Tanaman | Waspada No. 5!

2. Interior yang sederhana

rumah minimalis
sumber : pexels.com

Untuk membangun rumah minimalis bergaya Scandinavian, tdak hanya berhenti di pemilihan warna. Kita juga perlu memikirkan jenis furnitur yang akan digunakan.

Rumah minimalis 1 lantai juga biasanya didekorasi dengan furnitur yang simpel dan luwes. Mulai dari perabot utama hingga dekorasi pelengkap, konsep minimalis tertata dengan sempurna.

Memanfaatkan elemen interior secara tepat akan membuat rumah minimalis terasa chic dan luas.

Dalam gaya interior skandinavian, furnitur yang digunakan adalah furnitur yang dirasa paling dibutuhkan. furniture pun tidak memiliki desain yang rumit. Salah satu bentuk khasnya adalah bentuk geometris yang biasanya nampak pada kaki meja, kursi, atau lemari,

Supaya kamu tidak bosan dengan rumah minimalis maka ada baiknya memilih furnitur yang sederhana namun tetap berkualitas.

Prinsip sederhana tidak hanya memberikan kesan yang nyaman, tetapi juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Pilihlah furnitur yang mudah dibersihkan dan tidak memiliki banyak detail.

3. Rumah Minimalis dengan dekorasi natural

rumah minimalis
sumber : pexels.com

Salah satu kesan yang ditampilkan dari desain interior rumah minimalis adalah natural. Kesan natural dari interior ini bisa berasal dari penggunaan elemen-elemen kayu pada furnitur, dekorasi maupun lantai.

Elemen kayu ini bisa diterapkan pada bagian meja, kaki sofa, atau lantai bermotif kayu. Unsur kayu pada interior ininbisa dikombinasikan dengan material lain.

4. Manfaatkan space kosong

rumah minimalis
sumber : pexels.com

Gaya hunian yang minimalis bukan berarti kita tidak bisa mengkreasikan space kosong dengan tambahan dekorasi. Kita bisa tambahkan dekorasi yang bisa menambah kemeriahan rumah.

Contohnya Pemilihan meja dan kursi yang cukup sederhana namun bsia dibarengi dengan lampu gantung yang meriah.

Bagian dapur dan ruang makan pun bisa dikombinasikan dengan sebuah kitchen set mini sehingga rumah minimalis tetap fungsional dan leluasa untuk ditempati.

Untuk menyiasati laham sempir, anda bisa menggunakan cermin di bagian ruang makan untuk memberikan efek luas yang maksimal.

Jika masih ada bagian sudut ruangan yang kosong, anda bisa menambahkan rak buku atau display. Namun jangan lupa untuk tetap memilih furniture yang berwarna senada.

5. Optimasi Halaman Depan Rumah Minimalis

rumah minimalis
sumber : google.com/bersosial

Meski tidak memiliki halaman belakang, kita bisa mengkreasikan teras bagian depan. Contohnya dengan penggunaan parquet, cocok sekali digunakan sebagai tempat  santai menikmati kopi di sore hari.

Desain halaman depan ini minimalis dan sederhana. Perlu diingat bahwa penggunaan warna monokrom mampu membuat rumah terasa lebih luas.

Warna seperti abu-abu gelap, abu-abu muda, putih, serta aplikasi batu alam bisa mempercantik halaman depan hunian anda.

6. Rumah minimalis bergaya tropikal

rumah minimalis
sumber : pexels.com

Gaya rumah skandinavian tidak akan lengkap tanpa adanya tanaman hias. Elemen dekorasi ini tidak hanya bisa menyegarkan suasana ruang tamu, namun juga melengkapi kebutuhan desain skandinavian.

Desain rumah minimalis memiliki konsep kembali ke alam. Anda bisa mendapatkan ini dengan meletakkan tanaman hias di sudut-sudut ruangan atau di atas rak.

Peletakkan tanaman dengan gaya seperti ini dapat menyiasati ketersediaan lahan sempit. Meletakkan beberapa tanaman di sudut rumah akan menjaga nuansa hijau. Tanaman yang bisa digunakan biasanya seperti sirih gading,  kamboja bali, Serta dollar plant yang merambat pada dinding.

Selain tanaman asli, tema tropikal bisa juga terpenuhi dengan dekorasi serba daun.

Sementara itu di bagian dalam rumah.. anda bisa menerapkan unsur daun pada Mural dinding, Table runner,  Pajangan dinding, dan sarung bantal.

Sekian ulasan mengenai inspirasi hunian yang modern dan kekinian. semoga bisa menjadi inspirasi anda untuk mendekorasi hunian agar lebih nyaman dan sedap dipandang.

Untuk membaca artikel mengenai inspirasi rumah lainnya, anda bisa mengunjungi blog Evermos. Selamat berkreasi!

×