4 Contoh Surat Rekomendasi Kerja dari Desa yang Lengkap dan Benar

Anda sedang melamar kerja dan perusahaan membutuhkan lampiran surat rekomendasi kerja dari desa? Simak artikel ini untuk tahu penjelasan lengkap hingga contoh surat rekomendasi kerja dari desa yang baik dan benar!

Dalam melamar pekerjaan, pasti Anda sudah tidak asing dengan berkas-berkas yang harus dipersiapkan dan dikirim kepada perusahaan tempat melamar kerja. Biasanya, berkas yang harus ada dalam lamaran kerja adalah CV atau resume, portofolio, dan surat lamaran kerja

Selain itu, beberapa perusahaan juga membutuhkan berkas pendukung lainnya, salah satunya seperti surat rekomendasi kerja dari desa. Perusahaan biasanya membutuhkan surat ini sebagai data penguat sekaligus pendukung untuk mempertimbangkan menerima pelamar kerja. 

Baca juga: 7 Contoh Surat Rekomendasi Kerja [DOC] dan Cara Memintanya.

Apa itu Surat Rekomendasi Kerja dari Desa?

Surat rekomendasi kerja dari desa adalah dokumen tertulis dari kepala desa atau pihak berwenang di suatu desa untuk memberikan rekomendasi kepada seorang penduduk desa dengan tujuan mencari dan mendapatkan peluang karir di luar desa tersebut. 

Biasanya, surat rekomendasi kerja dari desa ini di keluarkan untuk melamar pekerjaan di instansi pemerintah maupun lembaga yang membutuhkan berkas administrasi yang sangat lengkap.

Adapun inti dari surat ini adalah sebagai bentuk pernyataan bahwa penduduk yang namanya tertulis pada surat memiliki kualifikasi, karakter, dan kompetensi yang bagus. Selain itu, juga sebagai tanda bahwa komunitas desa memberikan dukungan dalam proses mendapatkan pekerjaan baru.  

Surat ini biasanya dikirim melalui email, namun juga ada perusahaan yang mengharuskan pelamar kerja mengirimkan langsung bukti fisik berkas lamaran kerja ke kantor perusahaan. Untuk itu, simak contoh amplop yang harus Anda gunakan disini: 7 Contoh Amplop Lamaran Kerja dengan Penulisan yang Benar

Manfaat Surat Rekomendasi Kerja dari Desa

contoh surat rekomendasi kerja dari desa

1. Dapat Meningkatkan Peluang Diterima Kerja 

Pelamar kerja yang turut melampirkan surat rekomendasi kerja dari desa pada lamaran pekerjaannya, dapat meningkatkan peluang recruiter untuk menerimanya di perusahaan yang ia tuju. Sebab, surat ini dapat menjadi bukti bahwa pelamar merupakan warga desa yang baik. 

2. Pihak Recruiter Mendapatkan Informasi Tambahan tentang Pelamar 

Dengan adanya surat rekomendasi kepala desa untuk melamar pekerjaan, maka dapat menjadi bahan pertimbangan tambahan untuk recruiter dalam melakukan seleksi lowongan pekerjaan. Karena, pihak penerima kerja akan tahu kualifikasi pelamar dan menyesuaikan dengan yang mereka butuhkan. 

3. Meningkatkan Kepercayaan Perekrut

Rekruter dari suatu perusahaan tentu menyukai pelamar kerja yang sesuai dengan kualifikasi mereka. Sehingga, mereka semaksimal mungkin menyaring secara matang para pelamar hingga benar-benar mendapatkan calon karyawan yang berkualitas. 

Nah dengan surat rekomendasi ini, maka tingkat kepercayaan perekrut terhadap pelamar kerja akan semakin tinggi. Sehingga, berpeluang meloloskan pelamar kerja sebagai bagian dari perusahaan mereka. 

Format Surat Rekomendasi Desa untuk Melamar Kerja yang Benar 

Berikut ini adalah format surat rekomendasi desa untuk melamar kerja yang baik dan benar. 

  • Kop surat: Pada bagian ini, tuliskan kop surat yang berisi nama desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.
  • Nomor surat: Tulislah nomor surat rekomendasi secara berurutan.
  • Tanggal: Menuliskan tanggal kapan surat rekomendasi ditulis oleh kepala desa. 
  • Alamat surat: Bagian ini berupa alamat surat perusahaan atau instansi tempat pelamar melamar kerja.
  • Pendahuluan surat: Pada bagian pendahuluan, tuliskan pembukaan surat dan perkenalan kepala desa atau pejabat pemerintah desa lainnya yang berwenang untuk membuat surat rekomendasi.
  • Isi surat: Tuliskan informasi identitas pelamar seperti pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimiliki. Selain itu, kepala desa juga bisa menyertakan pernyataan bahwa pelamar adalah warga desa yang baik.
  • Penutup surat: Akhiri surat dengan kesimpulan dan rekomendasi kepala desa terhadap pelamar. Selain itu, kepala desa juga dapat menyertakan harapannya agar rekruter dapat menerima pelamar bekerja di perusahaan atau instansi tersebut.
  • Tanda tangan dan stempel desa: Pada bagian ini, bubuhkan tanda tangan kepala desa dan stempel resmi apabila ada. 

Contoh Surat Rekomendasi dari Desa yang Lengkap 

1. Surat Rekomendasi Kepala Desa untuk Melamar Pekerjaan ke PT 

Apabila Anda ingin melamar di kerja di Perusahaan Terbuka (PT), maka Anda dapat menggunakan contoh surat rekomendasi kerja dari desa berikut ini. Untuk mengedit dan menyesuaikan dengan konteks lamaran kerja yang Anda ajukan, klik unduh dokumen di bawah ini.

contoh surat rekomendasi kerja dari desa
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD DOC

2. Contoh Surat Rekomendasi Kepala Desa untuk Melamar Kerja ke Perusahaan Swasta 

Selanjutnya, berikut ini adalah contoh surat rekomendasi kerja dari desa untuk melamar ke perusahaan swasta.

contoh surat rekomendasi kerja dari desa
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD DOC

3. Contoh Surat Rekomendasi Kerja dari Kepala Desa untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) 

Jika ingin melamar sebagai Pegawai Negeri Sipil, Anda dapat mengunduh contoh surat rekomendasi kerja dari kepala desa berikut ini.

contoh surat rekomendasi kerja dari desa
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD DOC

4. Contoh Surat Rekomendasi dari Kepala Desa untuk Melamar Kerja di BUMN 

Biasanya melamar kerja di BUMN memang membutuhkan syarat administrasi yang cukup banyak, salah satunya yaitu surat rekomendasi dari kepala desa. Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi kerja dari desa yang dapat Anda gunakan untuk mendaftar di BUMN.

contoh surat rekomendasi kerja dari desa
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD DOC


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Demikianlah ulasan lengkap mengenai surat rekomendasi kerja dari desa. Semoga informasi di artikel ini dapat membantu dan menghantarkan Anda kepada pekerjaan dan perusahaan impian. Jangan lupa untuk baca informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos.

Namun, apabila Anda memerlukan tambahan penghasilan tanpa mencari lowongan di berbagai perusahaan, Anda dapat memanfaatkan platform berbisnis tanpa modal yang satu ini.

Evermos hadir sebagai platform digital yang membantu Anda menjadi reseller dan menemukan berbagai supplier barang berkualitas di aplikasi Evermos. Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan adalah berbisnis tanpa modal yang besar.

Apabila Anda tertarik, silakan langsung daftar gratis dengan klik tombol di bawah ini ya!

YUK, GABUNG DISINI!