Contoh Proposal Usaha Makanan dan Panduannya, Anti Gagal!

Apakah Anda sedang mencari contoh proposal usaha makanan kekinian untuk rancangan bisnis Anda? Anda dapat melihat berbagai contoh proposal usaha makanan pdf docx yang tersedia dalam artikel berikut. Ingin tahu apa saja hal yang harus Anda perhatikan dalam membuatnya? Simak artikel berikut sampai habis agar tidak ketinggalan informasinya.

Dalam upaya membangun bisnis, proposal usaha makanan termasuk dari salah satu langkah perencanaan bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan.

Setiap pebisnis tentunya berharap usaha yang dimilikinya dapat berkembang lebih baik lagi dengan bekerjasama ke partner bisnis maupun investor untuk mendapatkan modal.

Agar proposal bisnis Anda menarik dan membuat mereka tertarik untuk bekerjasama dengan Anda, perlu tips dan triknya yang akan dibagikan dalam artikel berikut.

Apa itu Proposal Usaha Makanan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh proposal usaha makanan, mari mengenal terlebih dahulu pengertian proposal usaha makanan.

Proposal berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. 

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Pada dasarnya, proposal adalah suatu usulan yang dibentuk dalam rancangan rencana kegiatan terstruktur dan digunakan sebagai alat bantu yang disusun dalam bentuk tulisan, dari permintaan seseorang atau usaha untuk meminta bentuk kerjasama dengan pihak tertentu.

Oleh karena itu, proposal usaha makanan adalah suatu usulan dalam bentuk rancangan rencana kegiatan usaha makanan yang terstruktur dalam format tulisan dari permintaan seseorang atau usaha untuk menjalin hubungan kerjasama dengan pihak lain.

Keuntungan dan Manfaat Proposal

Kita sudah mengenal pengertian dari proposal usaha makanan, kini saatnya mengetahui apa keuntungan dan manfaat yang didapatkan dari membuat proposal.

Selain menjadi ulasan rancangan bisnis yang terstruktur, di bawah ini adalah keuntungan dan manfaat dari membuat proposal.

1. Menilai Kelayakan Bisnis

Berbagai macam ide bisnis akan Anda tuangkan ke dalam usaha yang akan Anda jalankan. Misalnya pada saat Anda membangun usaha makanan kekinian, Anda akan melihat bagaimana produk, potensi dan analisis Strength, Weakness, Opportunity dan Threatens (SWOT) dari bisnis berikut.

Dengan membuat proposal bisnis, maka Anda dapat menimbang bagaimana kelayakan bisnis tersebut.

2. Mengetahui Budgeting Bisnis

Setiap bisnis memerlukan yang namanya modal bisnis. Tanpa adanya modal bisnis, tentunya tidak ada yang dapat dijalankan. Isi proposal juga akan meminta total modal dan peruntukkan biaya yang digunakan untuk membangun bisnis. 

Sehingga Anda tidak akan bingung lagi untuk mengetahui berapa total modal yang akan dikeluarkan.

3. Tahu Rencana dengan Jelas dan Terukur

Ada beberapa daftar isi dalam proposal yang akan meminta Anda untuk mengisi rencana dan arah pengembangan bisnis usaha makanan.

Rancangan yang Anda buat pastilah memiliki alasan dan timeline yang jelas, sehingga manfaatnya Anda dapat mengetahui rencana usaha dengan jelas dan terukur.

4. Menarik Investor Bekerjasama

Tujuan dari pembuatan proposal usaha makanan selain dapat menjadi arsip dan dokumen penting dalam bisnis Anda antara lain yaitu menarik investor untuk menanamkan modal dalam bisnis Anda.

Kehadiran investor akan memberikan keuntungan dalam mengembangkan bisnis Anda, maka buatlah proposal usaha makanan semenarik mungkin!

5. Sebagai Syarat Mengajukan Pinjaman Modal

Ada kalanya kita akan membutuhkan pinjaman modal untuk membangun atau mengembangkan bisnis lebih baik lagi. Untuk dapat meminjamkan modal bisnis, para investor akan membutuhkan proposal usaha makanan untuk melihat rancangan dan informasi mengenai bisnis yang dijalankan.

Pihak bank akan mengkonfirmasi usaha Anda dengan menggunakan proposal usaha makanan sebagai syarat pinjaman modal. 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Proposal

Di bawah ini adalah elemen penting yang perlu Anda lampirkan dalam membuat contoh proposal usaha makanan.

1. Nama Usaha Makanan dan Logo

Identitas perusahaan merupakan hal yang paling mendasar dan diperlukan dalam proposal bisnis. Buatlah nama usaha makanan yang unik agar bisnis Anda terlihat menarik. Anda bisa menyimak artikel berikut.

2. Cantumkan Latar Belakang Usaha

Jangan lupa untuk mencantumkan latar belakang dibalik usaha yang Anda bangun. Ceritakan mulai dari potensi usaha yang Anda ingin kembangkan, bagaimana proses perjalanan usaha dan produk yang Anda tawarkan secara singkat.

3. Lampirkan Deskripsi Produk

Berikutnya berikan deskripsi produk dalam isi proposal usaha makanan dengan lengkap dan detail. Tulislah bagaimana keunggulan dari produk yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan tentang proses dari bahan baku hingga distribusi ke tangan pembeli.

4. Peluang Bisnis

Hal yang perlu ditekankan dalam menarik perhatian investor adalah peluang bisnis. Peluang bisnis yang baik akan mendapatkan feedback yang positif dari para investor sehingga mereka memilih untuk berinvestasi dengan usaha Anda. Sampaikan apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh pemilik bisnis, pihak yang akan bekerjasama maupun investor.

5. Analisis SWOT

Poin penting yang akan menjadi pertimbangan bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda adalah analisis SWOT. Strenght, yang berarti menjabarkan kekuatan bisnis Anda, Weakness yaitu kekurangan yang terdapat dalam bisnis sehingga ingin diperbaiki, Opportunity yaitu peluang usaha yang bisa dikembangkan, Threatens yaitu ancaman dalam bisnis yang dapat ditemukan solusinya.

6. RAB atau Modal Biaya

Rancangan Anggaran Biaya (RAB) menjadi patokan dalam setiap usaha makanan yang Anda jalankan. Cantumkan dengan detail bagaimana Anda memperoleh alat-alat dan bahan baku serta biaya yang Anda butuhkan. Dengan begitu, investor akan melihat lebih jelas apa yang diperlukan dalam mengembangkan usaha Anda.

7. Penutup dan Lampiran

Isilah bagian penutup dan lampiran dengan kata kata dan penawaran yang menguntungkan bagi calon investor dan pihak lain yang ingin bekerjasama dengan Anda. Berikan lampiran tersebut agar bisnis yang Anda buat terpercaya bagi calon investor.

8. Dokumentasi

Dalam bagian lampiran, jangan lupa untuk menampilkan gambaran dari bisnis yang Anda lakoni. Kehadiran dokumentasi menjadi bagian yang tak kalah penting dalam memberikan gambaran dan ide bisnis kepada pihak lain.

Contoh proposal usaha makanan

contoh proposal usaha makanancontoh proposal usaha makanan

DOWNLOAD PDFNYA DI BAWAH INI

Contoh Proposal Makanan Ringan Makaroni Jeletot.pdf

Contoh proposal usaha makanan kekinian

contoh proposal usaha makanan

contoh proposal usaha makanan

contoh proposal usaha makanan
DOWNLOAD CONTOH FILENYA DISINI

Contoh Proposal Makanan Kekinian

 

Contoh Proposal usaha makanan tradisional

contoh proposal usaha makanancontoh proposal usaha makanancontoh proposal usaha makananDOWNLOAD CONTOH FILENYA DISINI

PROPOSAL USAHA MAKANAN.pdf

Demikian penjelasan dan contoh proposal usaha makanan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi usaha makanan.

Sebarkan juga artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda. 

Mau punya penghasilan sampingan tanpa perlu stok barang di rumah? Evermos bisa jadi solusi bagi Anda.

Raih komisi penghasilan hingga 35% per produk dengan mendaftar GRATIS menjadi reseller Evermos sekarang juga!

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88