3 Contoh Proposal Usaha Makanan PDF yang Lengkap dan Singkat, Begini Cara Membuatnya!

Apakah Anda berencana untuk memulai usaha makanan? Jika iya, mulailah dengan merancang dan menyusun sebuah proposal usaha. Artikel ini akan memberikan Anda contoh proposal usaha makanan yang lengkap dan singkat. Simak sampai selesai, ya!

Dalam upaya membangun bisnis, proposal usaha makanan termasuk dari salah satu langkah perencanaan bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan.

Setiap pebisnis tentunya berharap usaha yang dimilikinya dapat berkembang lebih baik lagi dengan bekerjasama ke partner bisnis maupun investor untuk mendapatkan modal.

Agar proposal bisnis Anda menarik dan membuat mereka tertarik untuk bekerjasama dengan Anda, perlu tips dan triknya yang akan dibagikan dalam artikel berikut.

Baca juga: 5 Contoh Proposal Penawaran Produk Makanan dan Struktur Proposal yang Menjual.

Apa itu Proposal Usaha Makanan?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh proposal usaha makanan, mari mengenal terlebih dahulu pengertian proposal usaha makanan.

Proposal berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan.  Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Pada dasarnya, proposal adalah suatu usulan yang dibentuk dalam rancangan rencana kegiatan terstruktur dan digunakan sebagai alat bantu yang disusun dalam bentuk tulisan, dari permintaan seseorang atau usaha untuk meminta bentuk kerjasama dengan pihak tertentu.

Oleh karena itu, proposal usaha makanan adalah suatu usulan dalam bentuk rancangan rencana kegiatan usaha makanan yang terstruktur dalam format tulisan dari permintaan seseorang atau usaha untuk menjalin hubungan kerjasama dengan pihak lain.

Selain proposal usaha makanan, ada banyak aspek penting lainnya dalam memulai bisnis makanan. Salah satunya yaitu memahami cara menghitung keuntungan usaha. Jika Anda ingin tahu cara mudahnya, baca disini: Cara Menghitung Keuntungan Usaha Makanan dan Contohnya agar Untung.

Manfaat Proposal Usaha Makanan 

contoh proposal usaha makanan
Sumber: canva.com

Dari penjelasan di atas, Anda sudah mengenal definisi dari proposal usaha makanan. Kini saatnya mengetahui apa keuntungan dan manfaat yang didapatkan dari membuat proposal dalam memulai usaha makanan. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Menilai Kelayakan Bisnis Makanan 

Dalam proposal usaha makanan, Anda akan menuangkan berbagai macam ide bisnis atau rencana usaha yang akan Anda jalankan nantinya. Sehingga, dengan membuat proposal bisnis ini, Anda dapat menimbang kelayakan dari bisnis tersebut sebelum menjalankannya. 

Mengetahui kelayakan bisnis makanan melalui proposal ini bisa Anda ukur dengan mendeskripsikan produk, potensi, serta analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threatens) dari bisnis makanan berikut.

2. Mengetahui Budgeting Bisnis Makanan

Tak ada bisnis yang berjalan tanpa modal. Maka dari itu, ketika memulai usaha makanan, tentu Anda memerlukan perkiraan modal yang Anda perlukan dalam membangun bisnis tersebut dari nol. Jika tidak ada rancangan anggaran, maka bisnis Anda tidak dapat dijalankan dengan baik.

Melalui proposal usaha makanan, Anda dapat mencantumkan rincian alat dan barang yang dAnda butuhkan, perkiraan biaya perbarangnya, total modal, serta peruntukkan biaya lainnya. Sehingga, Anda tidak akan bingung lagi untuk mengetahui berapa total modal yang akan Anda keluarkan.

Baca juga: Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut Apa? Simak di Sini!

3. Tahu Rencana Usaha Makanan dengan Jelas dan Terukur

Pada proposal usaha makanan, ada beberapa bagian yang berfokus pada rencana dan arah pengembangan bisnis usaha makanan Anda. Dengan menyusun proposal tersebut, Anda akan berpikir panjang dan lebih bijaksana untuk menetapkan rencana usaha. 

Selain itu, rancangan yang Anda buat pastilah memiliki alasan dan timeline yang jelas. Sehingga, Anda dapat merasakan manfaatnya yaitu dengan mengetahui rencana usaha dengan jelas dan terukur. 

4. Menarik Investor Bekerjasama atau untuk Mengajukan Pinjaman Modal

Selain dapat menjadi arsip dan dokumen penting dalam bisnis Anda, tujuan lainnya dari proposal usaha makanan yaitu untuk menarik investor agar tertarik menanamkan modal mereka ke dalam usaha makanan yang akan Anda jalankan.

Kehadiran investor akan memberikan keuntungan dalam mengembangkan bisnis Anda, maka buatlah proposal usaha makanan semenarik mungkin. 

Selain kepada investor, proposal ini juga akan memudahkan Anda dalam proses pengajuan pinjaman modal apabila Anda membutuhkannya.

Poin Penting dan Struktur Proposal Usaha Makanan

Di bawah ini adalah elemen penting yang perlu Anda lampirkan dalam membuat contoh proposal usaha makanan.

1. Nama Usaha Makanan dan Logo

Identitas perusahaan merupakan hal yang paling mendasar dan diperlukan dalam proposal bisnis. Buatlah nama usaha makanan yang unik agar bisnis Anda terlihat menarik. Anda bisa menyimak artikel berikut.

2. Cantumkan Latar Belakang Usaha

Jangan lupa untuk mencantumkan latar belakang dibalik usaha yang Anda bangun. Ceritakan mulai dari potensi usaha yang Anda ingin kembangkan, bagaimana proses perjalanan usaha dan produk yang Anda tawarkan secara singkat.

3. Lampirkan Deskripsi Produk

Berikutnya berikan deskripsi produk dalam isi proposal usaha makanan dengan lengkap dan detail. Tulislah bagaimana keunggulan dari produk yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan tentang proses dari bahan baku hingga distribusi ke tangan pembeli.

4. Peluang Bisnis Usaha Makanan

Hal yang perlu Anda tekankan dalam menarik perhatian investor adalah peluang bisnis. Peluang bisnis yang baik akan mendapatkan feedback yang positif dari para investor sehingga mereka memilih untuk berinvestasi dengan usaha Anda.

Anda dapat sampaikan apa saja keuntungan yang akan pemilik bisnis peroleh hingga keuntungan yang akan investor peroleh jika bekerja sama menanamkan modal di bisnis udaha makanan tersebut. 

5. Analisis SWOT

Poin penting yang akan menjadi pertimbangan bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda adalah analisis SWOT. Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Strenght, yang berarti menjabarkan kekuatan bisnis Anda.
  • Weakness, yaitu kekurangan yang terdapat dalam bisnis sehingga ingin diperbaiki.
  • Opportunity, yaitu peluang usaha yang dapat membuat usaha berkembang.
  • Threatens, yaitu ancaman dalam bisnis yang dapat ditemukan solusinya.

6. Rancangan Anggaran Biaya Usaha Makanan (RAB)

Rancangan Anggaran Biaya (RAB) menjadi patokan dalam setiap usaha makanan yang akan Anda jalankan. Melalui RAB ini, Anda akan tahu estimasi modal yang Anda butuhkan untuk memulai hingga menjalankan usaha makanan tersebut. 

Cantumkan dengan detail bagaimana Anda memperoleh alat-alat dan bahan baku serta biaya yang Anda butuhkan. Dengan begitu, investor akan melihat lebih jelas apa yang diperlukan dalam mengembangkan usaha Anda.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana, Cara Membuat dan Fungsinya.

7. Penutup dan Lampiran

Isilah bagian penutup dan lampiran dengan kata kata dan penawaran yang menguntungkan bagi calon investor dan pihak lain yang ingin bekerjasama dengan Anda. Berikan lampiran tersebut agar bisnis yang Anda buat terpercaya bagi calon investor.

8. Dokumentasi

Terakhir, dalam bagian lampiran, jangan lupa untuk menampilkan gambaran dari bisnis yang Anda lakoni. Kehadiran dokumentasi menjadi bagian yang tak kalah penting dalam memberikan gambaran dan ide bisnis kepada pihak lain.

Contoh Proposal Usaha Makanan PDF

1. Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan PDF

contoh proposal usaha makanan
Sumber: blog.evermos.com

👇DOWNLOAD PDF👇

Contoh Proposal Makanan Ringan Makaroni Jeletot.pdf

2. Contoh Proposal Usaha Makanan Kekinian Word

contoh proposal usaha makanan
Sumber: blog.evermos.com


👇DOWNLOAD CONTOH FILENYA DISINI👇

Contoh Proposal Makanan Kekinian

3. Contoh Proposal Usaha Makanan Tradisional PDF

contoh proposal usaha makanan
Sumber: blog.evermos.com

👇DOWNLOAD CONTOH FILENYA DISINI👇

PROPOSAL USAHA MAKANAN.pdf

Demikian penjelasan dan contoh proposal usaha makanan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi usaha makanan. Sebarkan juga artikel blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda. 

Selain itu, apakah Anda juga mau punya penghasilan sampingan tanpa perlu stok barang di rumah? Evermos bisa jadi solusi bagi Anda. Raih komisi penghasilan hingga 35% per produk dengan mendaftar GRATIS!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)