Contoh Laporan Keuangan Sederhana, Cara Membuat dan Fungsinya

Sedang mencari informasi mengenai contoh laporan keuangan sederhana untuk bisnis Anda?

Tenang saja, Admin akan mengulas informasi selengkapnya dalam artikel berikut.

Laporan keuangan menjadi hal yang penting dalam bagian operasi perusahaan dalam rangka pengamatan sudahkah perusahaan kita beroperasi dengan semestinya.

Apa itu laporan keuangan? Laporan keuangan merupakan catatan keuangan sebuah perusahaan yang digunakan untuk memberikan gambaran kinerja perusahaan tersebut.

Artikel kali ini akan mengulas mengenai laporan keuangan dan bagaimana contoh laporan keuangan sederhana yang dapat Anda praktikkan dan manfaatkan sebagai contoh laporan keuangan.

Sebelum menuju inti pembahasan, simak terlebih dahulu fungsi dari laporan keuangan dan pastikan Anda membacanya sampai habis.

Baca juga: 4 Contoh Laporan Keuangan 17 Agustus yang Lengkap dan Singkat [DOC]

Fungsi dari Laporan Keuangan

Agar Anda mengetahui seberapa pentingnya membuat laporan keuangan, ketahui terlebih dahulu fungsi dan kegunaan adanya laporan keuangan berikut.

1. Melihat Kinerja Perusahaan Berjalan Untung atau Tidaknya

Kehadiran laporan keuangan akan memberikan peranan yang penting dalam berjalannya sebuah usaha.

Hasil kinerja perusahaan dapat terlihat apakah sedang lancar, terhambat ataukah mengalami kerugian akan tampak dari laporan keuangan.

Yakni dengan melihat apakah kondisi perusahaan sedang laba atau tidak, kemudian bagaimana arus kas dan aset yang telah dimiliki oleh tersebut.

2. Sebagai Evaluasi Perusahaan

Laporan keuangan yang akan menampilkan keberjalanan perusahaan dalam jangka periode tertentu mengabarkan bahwa perusahaan sedang kurang baik, maka menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan.

Dengan adanya laporan tersebut menunjukkan bahwa ada perencanaan yang dapat dijalankan untuk mengatasi terhambatnya arus pemasukan tersebut oleh pihak perusahaan.

3. Sebagai Ajang Peningkatan Performa

Hampir setiap perusahaan memiliki standar tertentu mengenai kesuksesan atau tercapainya sebuah target.

Contoh laporan keuangan sederhana bisa menjadi bahan untuk meningkatkan performa penjualan sehingga tak hanya mengetahui kerugian saja tetapi dengan mengetahui keuntungan pada periode sebelumnya dengan begitu dapat membuat perencanaan untuk mempertahankan atau memperluas pangsa pasar.

4. Pertanggungjawaban Perusahaan

Laporan keuangan dapat menjadi bukti pertanggungjawaban perusahaan atas pengelolaan dana pihak keuangan yang diberikan tanggung jawab sebagai perusahaan.

Apakah kemudian akan ditindaklanjuti atau tidak itu menjadi keputusan bagi perusahaan tersendiri.

Dalam pengelolaan keuangan juga terdapat hukum yang membawahi perusahaan Anda sehingga melakukan laporan keuangan mesti untuk di lakukan perusahaan tersebut.

5. Sebagai Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas perusahaan meriupakan hal yang penting di miliki oleh setiap perusahaan atau bisnis tanpa adanya hal tersebut perusahaan sulit untuk mendapatkan keuntungan dengan menawarkan produk kepada masyarakat.

Image perusahaan akan terbentuk dari berjalannya sistem yang terdapat dalam perusahaan tersebut ataukah berkendala.

Sekarang sudah cukup banyak perusahaan yang memberikan akses kepada khalayak untuk melihat laporan keuangan secara transparan.

Ingin punya usaha yang halal modal minim, lengkap dengan laporan keuangan yang dapat Anda akses dengan mudah?

Bergabung jadi reseller di Evermos sekarang juga dan dapatkan kemudahan berikhtiarnya sekarang juga.

YUK, GABUNG DISINI!

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Meski mungkin bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan merupakan bisnis skala kecil, tetap saja tidak dapat mengabaikan laporan keuangan.

Mayoritas perusahaan kecil masih berpatokan terhadap besar kecilnya omzet yang datang tanpa melihat proses yang sebenarnya.

Membuat laporan keuangan tidak sesulit yang kita bayangkan, Anda dapat mengutip contoh laporan keuangan sederhana dalam artikel berikut sebagai acuannya.

Mau coba usaha sampingan dengan modal minim yang jamin berkah dan halalnya? Hanya dengan menjual berbagai produk kebutuhan muslim, Anda bisa mendapatkan komisi penghasilan hingga 35%!

Tanpa perlu stok barang di rumah, tidak perlu mengemas dan mengirim barang karena hal tersebut sudah jadi urusan Evermos, cukup fokus pada penjualan dan transaksi produk dengan konsumen.

Daftarkan diri Anda sekarang juga dan dapatkan berbagai kemudahan ikhtiar bersama Evermos.

MULAI JUALAN SEKARANG

Inilah cara membuat laporan keuangan sederhana pada perusahaan.

1. Membuat Buku Catatan Pengeluaran

Langkah pertama dalam cara membuat laporan keuangan sederhana adalah dengan menyiapkan buku catatan keuangan secara terpisah untuk khusus pengeluaran dan pemasukan perusahaan.

Ketika membuka usaha mulailah mencatat segala pengeluaran dengan jelas sehingga kita dapat mengetahui modal yang telah kita keluarkan.

2. Membuat Buku Catatan Pemasukan

Hal yang berhubungan dengan pemasukan perusahaan seperti keuntungan, laba, bonus dan sebagainya perlu untuk di catat dalam jelas. 

Dengan membuat buku catatan pemasukan kita akan mudah untuk mengenali kondisi perusahaan yang sedang berjalan sebagai laporan bulanan.

3. Membuat Buku Kas Utama

Kemudian langkah selanjutnya adalah dengan membuat gabungan dari buku catatan pemasukan pengeluaran yang di sebut dengan buku kas utama.

Adanya buku kas utama membuat kita mengetahui detail seberapa besar jumlah kerugian dan keuntungan yang di alami oleh setiap perusahaan.

Kita juga dapat melakukan perencanaan dan evaluasi berdasarkan data yang terdapat dari buku kas utama.

4. Membuat Buku Stok Barang

Dalam hal pencatatan, yang menjadi aset perusahaan seperti fasilitas dan sarana juga dapat diperhitungkan sebagai laporan keuangan.

Buku stok barang dapat di pergunakan untuk memonitor berapa jumlah persediaan barang yang dimiliki perusahaan dalam periode setiap harinya.

Pembukuan juga berfungsi sebagai monitoring dan menghindarkan adanya kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pemasok barang atau pegawai perusahaan tersebut.

5. Buku Inventaris Barang

Mungkin Anda memiliki beberapa barang yang kemudian di pinjamkan oleh pegawai perusahaan sebagai asset atau modal mengerjakan pekerjaan.

Catatlah barang sebagai inventaris tersebut agar aset perusahaan tetap pada kendalinya.

Sama halnya seperti buku stok barang, buku inventaris barang berfungsi untuk melakukan pengawasan barang agar terhindar dari kecurangan yang melibatkan berbagai pihak.

daftar reseller evermos gratis

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Berikut adalah contoh laporan keuangan sederhana yang bisa menjadi patokan bagi Anda yang ingin membuatnya.

contoh laporan keuangan sederhana
Sumber: google.com/bersosial
contoh laporan keuangan sederhana
Sumber: google.com/bersosial

Ingin Jualan Online Tapi Tidak Punya Modal? Tenang, Evermos Punya Solusinya! 

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Baca Juga:  7+ Contoh Usaha Kecil Modal Minim untuk Ibu Rumah Tangga

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Jika ingin bergabung menjadi reseller dan menjual berbagai produk edisi spesial untuk Idul Fitri, silahkan untuk mulai berjualan sekarang juga!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Setelah Anda berjualan, siap-siap untuk mendapatkan komisi atau penghasilan sesuai dengan keinginan.

Demikian artikel mengenai contoh laporan keuangan sederhana, semoga dapat membantu Anda.

Sebarkan juga informasi berikut kepada keluarga, kerabat dan orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi di Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)